Tip dan Trik Memaksimalkan Google Maps

Gambar1-600x400-dari-pixabay&modif

Google Maps sebagai layanan peta digital sudah menjadi sahabat masyarakat modern. Di mana Anda tanpa Google Maps? Sudah berada di suatu tempat? Tetapi mungkin Anda telah menghabiskan waktu lebih lama untuk sampai ke sana.

Tahukah Anda, bahwa beberapa layanan pemetaan buatan Google telah mengubah cara orang melakukan perjalanan? Ketika Anda merencanakan wisata atau kunjungan kerja dengan bantuan aplikasi travel ini, jangan lupa membaca beberapa tip dan trik favorit di bawah.

Temukan Berbagai Tempat Populer

Perhatikan lokasi di Google Maps yang berwarna oranye. Itulah tanda daerah populer di sebuah wilayah. Dalam kebanyakan kasus di lokasi tertentu, itulah tempat adanya cafe, bar, restoran, dan toko-toko. Google Maps menawarkan daftar rekomendasi untuk “makan murah” atau “cafe terbaik”. Juga daftar tempat seperti ATM dan SPBU di sekitar lokasi Anda.

Jadilah Pemandu Lokal

Google Maps memberitahu Anda jam buka, ulasan, dan foto dari banyak toko dan resto. Tulisannya bukan hanya dari para pemiliknya, tetapi juga masukan pengunjung. Google mengandalkan bantuan dari para relawan penulis untuk memberi ulasan dan pengalaman kunjungan mereka.

Membuat dan Berbagi Daftar Lokasi Menarik

Anda punya teman yang mencari beberapa kiat berwisata? Anda dapat dengan mudah membuat daftarnya di Google Maps dan membagikannya secara langsung pada mereka.

Misalnya ada beberapa depot rawon yang disukai, buat daftarnya dengan nama “rawon terlezat di Surabaya” atau nama lain yang diinginkan. Caranya, tekan ikon tiga garis, lalu pilih “Your Place”.

Geser ke kanan untuk masuk ke opsi “Saved”, lantas pilih ikon tambah (+) di sisi kanan bawah. Tuliskan nama “rawon terlezat di Surabaya” beserta komentar ringkas. Simpan daftar itu lalu letakkan (drop) pin pada beberapa lokasi restoran rawon yang dianggap enak.

Setelah selesai, tautannya dapat dikirim ke teman-teman Anda dengan memilih menu “Sharing Options”.

Menghindari Gangguan

Pada layar yang sama, menekan ikon ‘Options’ memungkinkan Anda untuk menetapkan kriteria tambahan seperti menghindari jalan tol, memilih jenis transportasi umum, dan apakah Anda merasa oke dengan banyaknya transit jika memakai bus dan kereta api.

Simpan Data Hanya Saat Modus Wi-Fi

Kini setelah Anda dapat mengunduh peta untuk penggunaan offline, agaknya fitur baru ini sangat berguna bagi mereka yang sering bepergian atau mulai kehabisan pulsa ponsel sebelum waktunya. Caranya? Tekan ikon menu ‘hamburger‘, buka ‘Settings‘ dan opsi ke-2 akan berarti  ‘Wi-Fi only‘.

Sentuh tombol peralihan untuk memastikan bahwa Google Maps hanya berfungsi saat Anda menggunakan Wifi.

Hapus Jejak Lokasi Anda

Jika Anda menghendaki privasi, Anda dapat menghapus riwayat lokasi Anda. Caranya? Di ponsel atau tablet Anda, masuk ke ‘Settings > Location > Google Location History‘ dan pakai toggle untuk memutuskan apakah Anda menginginkannya aktif atau tidak aktif.

Atau Anda lihat ke bagian bawah layar, tekan ‘Delete location history‘ jika Anda ingin menghapus semua informasi masa lalu Anda yang direkam Google.

Informasi Real Time Soal Kemacetan

Hampir setiap orang membenci kemacetan. Ada banyak kesempatan pada waktu kerumunan manusia menyebabkan macet. Google bisa memberikan informasi real-time mengenai tempat-tempat dengan kerumunan besar sehingga Anda dapat menghindari wilayah itu.

Khusus untuk Pengguna Android

Sebagai pengguna Android, Google Maps dapat memberi Anda info sehari-hari langsung dari ponsel. Cukup geser layar ke atas, akan terlihat tiga tab untuk menemukan toko atau resto terdekat, melihat rekomendasi lalin, atau transit dengan sarana transportasi yang paling efisien.

Anda tahu lebih banyak tip dan trik bagus lainnya? Beri tahu kami dan tinggalkan komentar di bagian bawah. Terima kasih.

  1. Maps

    Maps

    Mau bepergian? Gunakan Maps, aplikasi resmi yang dapat diandalkan untuk navigasi GPS, lalu lintas, transportasi umum, serta detail tentang jutaan tempat, seperti ulasan dan waktu sibuk dalam waktu nyata. Dilengkapi peta yang komprehensif dan akurat di 220 negara. Ada pula peta transportasi umum untuk lebih dari  15.000 kota dan informasi bisnis yang terperinci untuk minimal 100 juta lokasi.

Aplikasi Anti Tilang Terbaik di Android
Aplikasi Anti Tilang Terbaik di Android

Teknologi tilang elektronik (ETLE) yang diberlakukan baru-baru ini membuat siapapun harus berhati-hati dalam berkendara dan memastikan untuk mengikuti aturan lalu lintas. Untuk itu, berikut adalah daftar aplikasi anti tilang terbaik di Android. Google Maps Dapatkan navigasi d…

Aplikasi-Aplikasi Booking Taksi Terbaik di Indonesia
Aplikasi-Aplikasi Booking Taksi Terbaik di Indonesia

Anda ingin bepergian tetapi tidak memiliki kendaraan? Was-was mengendarai kendaraan umum di kala pandemi? Gunakanlah salah satu dari aplikasi booking taksi dan kendaraan terbaik di Indonesia ini, untuk membooking atau memanggil taksi/ojek kapan saja. GrabTaxi: Taxi Booking Ap…

Tip dan Trik Memaksimalkan Google Maps
Tip dan Trik Memaksimalkan Google Maps

Google Maps sebagai layanan peta digital sudah menjadi sahabat masyarakat modern. Di mana Anda tanpa Google Maps? Sudah berada di suatu tempat? Tetapi mungkin Anda telah menghabiskan waktu lebih lama untuk sampai ke sana. Tahukah Anda, bahwa beberapa layanan pemetaan buatan G…

Google Maps Mutakhir Dapat Temukan Lokasi Parkir Mobil Anda
Google Maps Mutakhir Dapat Temukan Lokasi Parkir Mobil Anda

Jika Anda mengendarai mobil dan bepergian di sebuah kota asing, hampir dapat dipastikan Anda tidak serta-merta memahami situasi di bagian wilayah kota tertentu. Bisa saja Anda bingung mencari mobil Anda di area parkir luas. Kemungkinan besar Anda bakal kesulitan menemukan mob…