Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

Image 2 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

Apakah Anda bosan mendengar suara pemberitahuan yang sama terus-menerus? Jika Anda ingin mengubah suara pemberitahuan di Android, ikuti saja langkah-langkah mudah di bawah ini. Berikut adalah tutorial cara mengubah suara pemberitahuan di Android.

Cara Mengubah suara Pemberitahuan Bawaan di Android

Secara bawaan, semua perangkat Android menggunakan suara pemberitahuan yang sama, kecuali untuk aplikasi yang memiliki suara pemberitahuan sendiri. Jika Anda ingin mengubah suara pemberitahuan bawaan ini:

  • Buka Setelan.
  • Ketuk Suara.

Image 3 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

  • Ketuk Nada dering pemberitahuan default.

Image 4 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

  • Pilih nada yang diinginkan, lalu ketuk Oke.

Image 5 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

Langkah-langkah ini mungkin berbeda di berbagai smartphone. Misalnya, untuk Android 9.0 (Pie), Anda perlu membuka Setelan> Suara> Lanjutan untuk memilih nada pemberitahuan. Pastikan saja untuk mengecek menu-menu di Setelan Suara smartphone Anda hingga Anda menemukan opsi Nada dering pemberitahuan default.

Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di WhatsApp

Aplikasi seperti WhatsApp biasanya memiliki suara pemberitahuan sendiri, tetapi Anda bisa menggantinya jika Anda ingin. Berikut adalah cara mengubah suara pemberitahuan di WhatsApp:

  • Buka WhatsApp.
  • Ketuk ikon menu berupa tiga titik vertikal.

Image 6 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

  • Buka Setelan.

Image 7 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

  • Ketuk Notifikasi.

Image 8 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

  • Ketuk Nada notifikasi.

Image 9 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

  • Pilih nada dering yang diinginkan, kemudian ketuk Oke.

Image 10 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Facebook Messenger

FacebookMessenger memiliki suara pemberitahuan standar yang dapat membingungkan. Untuk mengubahnya:

  • Buka Facebook Messenger.
  • Ketuk profil Anda.

Image 11 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

  • Ketuk Notifikasi & Suara.

Image 12 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

  • Ketuk Suara Pemberitahuan.

Image 13 Cara Mengubah Suara Pemberitahuan di Android

  • Pilih nada dering yang diinginkan, lalu ketuk OK.

Screenshot_2019-05-01-09-56-42

Cara Membuat Suara Pemberitahuan Android Anda Sendiri

Tidak puas dengan pilihan suara pemberitahuan yang disediakan di Android? Tenang saja, Anda bisa membuat sendiri suara pemberitahuan yang Anda inginkan. Caranya:

  • Siapkan berkas nada dering yang Anda inginkan. Berkas bisa berupa potongan musik favorit, bunyi favorit, atau audio lainnya yang Anda sukai.
  • Hubungkan smartphone dengan komputer.
  • Pindahkan berkas nada dering yang telah Anda siapkan ke folder nada dering smartphone. Biasanya foldernya bernama “Notifikasi”. Jika Anda tidak menemukan folder tersebut, buatlah folder baru dan beri nama “Notifikasi”.

Begitulah cara mengubah suara pemberitahuan di Android. Jika Anda ingin suara pemberitahuan baru namun tidak tahu harus menggunakan apa, cobalah aplikasi-aplikasi nada dering rekomendasi kami di bawah ini.

  1. ZEDGE™ Ringtones & Wallpapers

    ZEDGE™ Ringtones & Wallpapers

    Aplikasi ini menyediakan jutaan wallpaper dan nada dering untuk smartphone Android Anda. Tersedia nada dering berkualitas tinggi yang dapat Anda unduh dan gunakan untuk nada panggilan, suara pemberitahuan, alarm, dll. Nada dering yang disediakan beraneka ragam, mulai dari musik rock, country, hingga efek suara unik.

  2. Nada Dering Unik

    Nada Dering Unik


    Dapatkan nada dering unik untuk suara panggilan, pesan, pemberitahuan, hingga alarm. Terdapat berbagai kategori bunyi-bunyian, di antaranya Alam, Musik Klasik, Vintage, Rock, Hip Hop, dan masih banyak lagi. Tersedia lebih dari 300 nada dering yang dapat Anda pilih dan gunakan secara gratis.

  3. Ringtone Maker

    Ringtone Maker

    Potong bagian terbaik dari musik favorit Anda untuk dijadikan nada dering. Aplikasi ini mendukung berbagai format audio. Selain memotong, terdapat opsi untuk menambahkan fade in/fade out, mengatur volume, merekam audio, dan masih banyak fitur lainnya.

  4. Nada Dering Paling Populer

    Nada Dering Paling Populer

    Ingin menggunakan nada dering yang unik untuk panggilan, pemberitahuan, atau alarm di smartphone Anda? Aplikasi ini menyediakan nada dering gratis yang dapat Anda unduh dan gunakan. Memuat berbagai musik populer yang dapat Anda gunakan untuk mengganti nada dering bawaan.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…