Perbaiki Masalah-Masalah Wi-Fi yang Paling Umum di Android: Begini Caranya

 Image 8 Perbaiki Masalah-Masalah Wi-Fi yang Paling Umum di Android: Begini Caranya

Wi-Fi smartphone Anda bermasalah? Masalah Wi-Fi adalah salah satu masalah umum yang dihadapi para pengguna Android. Untuk membantu Anda, AndroidOut menghadirkan cara-cara memperbaiki masalah-masalah Wi-Fi yang paling umum di Android.

Mode Pesawat dan Mulai Ulang Sistem

Solusi yang paling sederhana adalah mematikan Wi-Fi lalu menyalakannya kembali, atau memulai ulang smartphone Anda. Caranya:

  • Geser bagian atas layar ke bawah untuk membuka menu Setelan singkat
  • Ketuk ikon Wi-Fi untuk mematikannya
  • Tunggu sekitar 2 menit.
  • Hidupkan kembali Wi-Fi dengan cara yang sama.
  • Lakukan hal yang sama di router Wi-Fi Anda: matikan, tunggu sejenak, lalu hidupkan kembali.

Selain mengetuk ikon Wi-Fi, Anda bisa mengetuk ikon pesawat untuk menyalakan mode pesawat dan mematikan Wi-Fi di smartphone Anda.

Jika Wi-Fi tetap bermasalah, cobalah memulai ulang smartphone.

  • Tekan dan tahan tombol daya.
  • Di menu yang muncul, ketuk dan tahan opsi Matikan daya.
  • Ketuk OK ketika ditanyai apakah Anda ingin memulai ulang smartphone dalam mode aman.
  • Ketika sudah di mode aman, mulai ulang smartphone Anda seperti biasa.

Baca lebih lanjut bila kedua solusi tersebut tidak bekerja.

Wi-Fi Terputus dengan Sendirinya

Masalah ini terjadi karena Anda tidak mengaktifkan opsi Biarkan Wi-Fi nyala saat mode tidur. Jika opsi ini tidak diaktifkan, smartphone akan menghemat baterai dengan mematikan Wi-Fi dalam mode tidur. Cara mengaktifkannya: Buka Setelan> Wi-Fi> Lanjutan> Biarkan Wi-Fi nyala saat mode tidurPilih Selalu.Image 9 Perbaiki Masalah-Masalah Wi-Fi yang Paling Umum di Android: Begini Caranya Image 5 Perbaiki Masalah-Masalah Wi-Fi yang Paling Umum di Android: Begini Caranya Image 6 Perbaiki Masalah-Masalah Wi-Fi yang Paling Umum di Android: Begini Caranya Image 7 Perbaiki Masalah-Masalah Wi-Fi yang Paling Umum di Android: Begini Caranya

Cara Mengakses Jaringan Ad-hoc atau Tersembunyi

Ponsel Android umumnya tidak dapat terhubung ke jaringan ad hoc. Jika Anda sangat memerlukannya, Anda bisa menggunakan patch dari XDA Developer. Perlu diingat bahwa cara ini ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut, dan kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan pada perangkat Anda jika Anda mencobanya.
Selain itu, ada juga jaringan tersembunyi. Untuk jaringan tersembunyi, Anda bisa menambahkannya secara manual. Caranya: Buka Setelan> WiFi> Tambahkan Jaringan. Kemudian masukkan SSID dan kata sandi jaringan Wi-Fi tersebut.

Image 9 Perbaiki Masalah-Masalah Wi-Fi yang Paling Umum di Android: Begini Caranya Image 1 Perbaiki Masalah-Masalah Wi-Fi yang Paling Umum di Android: Begini Caranya Image 2 Perbaiki Masalah-Masalah Wi-Fi yang Paling Umum di Android: Begini Caranya

Masalah Saat Memperoleh Alamat IP

Apakah Anda tertahan di proses memperoleh alamat IP saat menghubungkan ke Wi-Fi? Cobalah matikan dan hidupkan kembali router Wi-Fi. Jika tetap bermasalah, jalankan reset pabrik. Reset pabrik merupakan solusi yang ekstrim untuk masalah ini. Jika Anda tidak ingin melakukannya, gunakan aplikasi fix wifi. Aplikasi ini akan membantu perangkat Anda saat mencoba memperoleh alamat IP.

Wi-Fi Sangat Lambat

Anda akhirnya bisa terhubung ke Wi-Fi, tetapi koneksinya sangat lambat hingga Anda tidak bisa membuka situs? Jika Anda menggunakan Wi-Fi publik, hal ini lumrah terjadi karena Wi-Fi digunakan oleh banyak orang sekaligus.
Apabila Anda yakin bahwa sinyal Wi-Fi cukup kuat, router bekerja dengan baik, dan tidak ada pengguna lain yang menggunakan Wi-Fi selain Anda, cobalah uji kecepatan Wi-Fi melalui aplikasi Speedtest. Mengetahui kecepatan Wi-Fi akan membantu Anda mengidentifikasi masalah Wi-Fi dan menemukan cara mempercepatnya.

Wi-Fi Publik Terkadang Membutuhkan Sign In

Pernahkah Anda menghubungkan smartphone dengan Wi-Fi  publik yang terbuka untuk umum, tetapi malah tidak dapat terhubung ke internet? Hal ini dikarenakan penyedia Wi-Fi mengharuskan Anda untuk sign in terlebih dahulu. Umumnya setelah terhubung ke jaringan Wi-Fi, Anda akan diberi pemberitahuan untuk sign in. Jika tidak, bukalah peramban Anda dan coba buka situs apapun. Anda akan diarahkan ke laman untuk sign in, dan setelah sign in Wi-Fi akan bisa digunakan.

Atur Ulang Setelan Jaringan

Anda bisa mengatur ulang setelan jaringan secara manual. Melakukan ini akan menghapus semua setelan jaringan Anda, mulai dari setelan bluetooth, data seluler, hingga Wi-Fi. Namun cara ini mungkin dapat menyelesaikan masalah Wi-Fi Anda. Caranya:

  • Buka Setelan.
  • Buka Pengaturan Sistem Lain.Image 4 Perbaiki Masalah-Masalah Wi-Fi yang Paling Umum di Android: Begini Caranya
  • Ketuk Kembalikan ke setelan pabrik. Beberapa ponsel memungkinkan Anda untuk mengembalikan hanya setelan jaringan saja, tetapi ada juga ponsel yang hanya memungkinkan Anda mengembalikan semua setelan.

Image 4 Perbaiki Masalah-Masalah Wi-Fi yang Paling Umum di Android: Begini Caranya

  • Jika Anda sudah yakin ingin mengembalikan ke setelan pabrik, ketuk Setel ulang telepon.

Begitulah beberapa solusi untuk permasalahan Wi-Fi yang paling umum di Android.

  1. fix wifi

    fix wifi

    Perbaiki masalah Wi-Fi di smartphone Android Anda dengan aplikasi ini. Fix wifi merupakan salah satu solusi yang bisa Anda coba untuk masalah Wi-Fi sebelum memutuskan untuk melakukan reset pabrik. Aplikasi ini tidak berjalan di latar belakang, tidak memberatkan CPU, serta tidak menghabiskan baterai.

  2. Speedtest.net

    Speedtest.net

    Uji kecepatan koneksi internet Anda, baik koneksi Wi-Fi maupun data seluler. Aplikasi peralatan tes kecepatan ini menampilkan kecepatan unduhanunggahan, dan ping. Anda juga bisa melihat cakupan jaringan operator Anda yang didapatkan dari hasil tes kecepatan para pengguna.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…