Cara Membebaskan dan Menghemat Memori pada Android

Tidak dapat dihindari, di mana suatu saat nanti semua aplikasi, foto dan video keren Anda akan memenuhi kapasitas memori Android sehingga Anda tidak dapat lagi menambahnya. Tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara cerdas yang dapat Anda coba untuk membebaskan berkas-berkas yang menumpuk di Android.

memory full

Pada tutorial singkat ini, kami akan membagikan beberapa cara cepat dan cerdas untuk membebaskan ruang memori di Android Anda:

Tambahkan kartu mikro SD di Android

Mungkin cara termudah dan paling umum untuk meningkatkan kapasitas memori adalah dengan memasang memori eksternal kartu SD. Sekarang ini banyak perangkat Android yang telah dilengkapi dengan selot kartu memori eksternal, di mana memungkinkan Anda menyimpan lebih banyak foto, video dan musik. Kartu mikro SD dapat dibeli dengan harga terjangkau, tetapi pastikan Anda menggunakan kartu memori eksternal yang sesuai dengan jenis yang didukung ponsel. Perangkat Android pada umumnya bisa menggunakan memori SD hingga 32 GB tetapi perangkat yang lebih mahal biasanya mendukung hingga 128 GB.

Hapus aplikasi yang tidak terpakai dan bersihkan cache aplikasi

Kadang kala kita tidak membutuhkan lebih banyak ruang memori tambahan, karena yang perlu kita lakukan adalah sedikit pembersihan memori. Silakan mengecek Android Anda dan lihat apakah ada aplikasi dan game yang sudah lama tidak Anda gunakan, karena sekaranglah waktu untuk menghapusnya. Jika nanti Anda berubah pikiran, Anda cukup memasang aplikasi dan game tersebut kembali.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan cache aplikasi. Aplikasi-aplikasi di Android selalu meninggalkan cache dan data yang menggunakan memori ponsel. Menghapus cache tidak akan menghapus aplikasi tetapi dapat memberikan sedikit kelegaan pada memori Android. Untuk menghapus cache, Anda cukup masuk ke “Pengaturan” di ponsel, masuk ke “Aplikasi”, cari aplikasi yang diinginkan dan pilih “Hapus Cache.”

Gunakan alat penyimpanan bawaan Android Anda

Anda ingin melakukan pembersihan memori dan ingin mengetahui jenis berkas apa yang harus dihapus? Cukup gunakan alat penyimpanan bawaan Android dan Anda akan mengetahui berapa banyak memori yang digunakan oleh aplikasi, foto atau video dan dapat menentukan yang mana harus dibersihkan terlebih dahulu. Anda bisa masuk ke “Pengaturan” dan pilih “Penyimpanan” untuk melihat status penyimpanan atau menggunakan aplikasi seperti DiskUsage untuk membantu Anda mengetahui berapa banyak memori yang digunakan oleh berkas-berkas di Android.

Pindahkan aplikasi ke kartu memori Anda

Aplikasi yang terpasang di ponsel secara otomatis menggunakan memori internal, tetapi ada beberapa jenis ponsel yang memungkinkan Anda memindahkan aplikasi yang terpasang ke memori eksternal. Dengan melakukan hal tersebut Anda akan dapat menghemat memori internal dan dapat memasang lebih banyak aplikasi. Untuk melakukannya Anda cukup masuk ke “Pengaturan”, pilih “Aplikasi”, cari aplikasi yang diinginkan dan lihat apakah ada pilihan “Pindahkan ke kartu SD”, apabila tidak ada maka Anda dapat menggunakan aplikasi seperti AppMgr III.

Biasakan diri Anda dengan penyimpanan awan

Terakhir tetapi bukan yang akhir, penyimpanan awan menawarkan pilihan penyimpanan untuk membebaskan memori perangkat dengan cepat. Aplikasi penyimpanan awan seperti Dropbox, Copy atau Google Drive akan secara otomatis menyimpan video, foto dan berkas Anda secara online. Setelah berkas-berkas Anda sukses dipindahkan ke penyimpanan awan, Anda dapat menghapus berkas tersebut di perangkat untuk membebaskan memori. Kekurangan dari penyimpanan awan adalah Anda harus online untuk mengakses berkas yang disimpan dan membutuhkan paket data lebih besar apabila banyak data yang dipindahkan.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…