Melakukan Rooting Android: Bagaimana Caranya?

Android menawarkan berbagai kelebihan dan pilihan kustomisasi bagi pengguna. Tetapi tahukah Anda kalau sebenarnya smartphone atau tablet Android yang Anda gunakan masih belum berpotensi maksimal? Dan untuk mengaktifkan semua potensi yang dimiliki Android, Anda harus melakukan root. Terdengar menarik, bukan? Ikuti ulasan lengkap kami di bawah ini untuk lebih memahami tentang rooting Android.

Root Android

Apa itu Rooting Android?

Melihat pengertian “root” sendiri yang berarti akar atau inti, maka sederhananya, rooting Android berarti memasuki daerah inti Android. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan hak penuh kepada pengguna untuk mengakses semua sistem. Fitur ini “disembunyikan” untuk memberikan perlindungan agar tidak terjadi kesalahan menghilangkan file sistem sehingga menyebabkan sistem Android error.

Apa Kelebihan Melakukan Root Android?

Karena kita mendapatkan hak penuh atas semua sistem, maka banyak hal dapat kita lakukan, di antaranya:

– Memasang aplikasi yang membutuhkan akses root
Aplikasi tersebut dapat melakukan hal yang tidak dapat dilakukan ponsel yang belum rooted, salah satu contohnya adalah memindahkan berkas aplikasi yang terpasang secara penuh ke kartu memori.

– Memasang kustom ROM
Kustom ROM dapat memberikan lebih banyak fitur dan meningkatkan performa perangkat.

– Menghapus aplikasi bawaan pabrik
Kadang-kadang aplikasi bawaan pabrik banyak yang tidak kita gunakan dan hanya memenuhi memori telepon. Sekarang, dengan akses root Anda dapat menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. Namun, berhati-hatilah agar tidak menghapus aplikasi sistem inti.

Apa yang Harus Anda Perhatikan?

Root Android - 2Sebelum melakukan root, ada risiko yang harus Anda perhatikan:

– Membatalkan garansi perangkat
Garansi ponsel yang tersisa bisa batal karena Anda dianggap telah melakukan modifikasi. Tetapi, Anda dapat melakukan unroot untuk mengembalikan perangkat seperti sebelum dilakukan root.

– Risiko keamanan
Karena sistem inti Android terbuka untuk “umum”, maka sistem akan lebih mudah dimasuki oleh virus atau masalah privasi lainnya.

Bagaimana Melakukan Root Android?

Proses melakukan root sebenarnya cukup mudah karena sudah tersedia berbagai aplikasi untuk melakukannya, salah satunya adalah Kingo Android Root. Pastikan Anda memeriksa daftar kompatibilitas ponsel pada website Kingo sebelum melanjutkan. Berikut adalah langkah-langkah melakukan root:

– Unduh dan pasang Kingo Android Root di komputer atau laptop

– Aktifkan mode “Debugging USB”
Caranya: untuk Android 4.0 dan 4.1, masuk ke “Pengaturan”, pilih “Opsi Pengembang”, dan centang “Debugging USB”. Untuk Android versi 4.2, masuk ke “Pengaturan”, tekan “Tentang Ponsel”, pilih “Opsi Pengembang”, dan centang “Debugging USB”.
Sedangkan untuk Android versi 4.3, masuk ke “Pengaturan”, pilih “Tentang Ponsel”, cari “Nomor Bentukan” dan ketuk opsi tersebut tujuh kali hingga muncul tulisan “Anda sudah masuk ke mode pengembang”, setelah itu kembali ke “Pengaturan”, pilih “Opsi Pengembang”, dan centang “Debugging USB.”

Screenshot_2015-11-27-21-33-28

– Jalankan aplikasi Kingo Root dan hubungkan ponsel Anda melalui USB
Setelah terhubung, pilih OK untuk “Mengizinkan Debugging USB?”

– Klik “Root” di aplikasi dan tunggu hingga proses selesai
Ponsel Anda akan restart setelah selesai dan selamat Anda telah berhasil melakukan root ponsel! Jika Anda ingin menghapus root pada ponsel, Anda cukup menghubungkan kembali ponsel di komputer atau laptop, jalankan aplikasi Kingo Root dan pilih “Remove Root.”

Sekarang segera coba gunakan ponsel root Anda dan jangan lupa untuk membagikan pendapat Anda kepada kami pada kolom komentar di bawah.

Cara Menggunakan Panggilan WiFi di Android
Cara Menggunakan Panggilan WiFi di Android

Anda tetap bisa membuat panggilan dan menerima pesan di ponsel Android Anda walaupun tidak mendapat sinyal, jika Anda memiliki panggilan WiFi. Alih-alih menggunakan jaringan seluler operator Anda, pesan dan panggilan WiFi disalurkan melalui jaringan WiFi apapun di mana perang…

WhatsApp Plus: Apa Itu dan Perbedaannya dengan WhatsApp
WhatsApp Plus: Apa Itu dan Perbedaannya dengan WhatsApp

Mungkin Anda pernah mendengar mengenai WhatsApp Plus. WhatsApp Plus adalah aplikasi mod WhatsApp yang memiliki berbagai fitur tambahan yang tidak ada di versi resmi WhatsApp. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan mengenai apa itu WhatsApp Plus dan perbedaannya dengan Whats…

Cara Melihat Siapa yang Melihat Profil Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Profil Instagram Anda

Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia saat ini, dan mungkin Anda salah satu dari sekian juta pengguna Instagram. Anda pasti pernah merasa penasaran apakah ada yang mengunjungi profil Instagram Anda diam-diam, dan s…

Cara Mendapatkan Akses Internet di Android tanpa Data dan WiFi
Cara Mendapatkan Akses Internet di Android tanpa Data dan WiFi

Ingin berselancar di internet, tetapi kehabisan data dan tidak ada WiFi publik yang bisa diakses? Tahukah Anda, bahwa Anda bisa memanfaatkan VPN dalam keadaan seperti itu? Jika Anda penasaran, simak tutorial cara mendapatkan akses internet di Android tanpa data dan WiFi berik…

Cara Mematikan Fitur SMS di Facebook Messenger
Cara Mematikan Fitur SMS di Facebook Messenger

Dengan perbaruan teranyar, Facebook Messenger mengeluarkan fitur baru, yang memungkinkan pengguna menggunakan SMS di dalam Facebook Messenger. Akibatnya, Facebook Messenger menjadi aplikasi default untuk SMS. Namun mungkin ada pengguna yang merasa terganggu dengan fitur ini. …