Melakukan Rooting Android: Bagaimana Caranya?

Android menawarkan berbagai kelebihan dan pilihan kustomisasi bagi pengguna. Tetapi tahukah Anda kalau sebenarnya smartphone atau tablet Android yang Anda gunakan masih belum berpotensi maksimal? Dan untuk mengaktifkan semua potensi yang dimiliki Android, Anda harus melakukan root. Terdengar menarik, bukan? Ikuti ulasan lengkap kami di bawah ini untuk lebih memahami tentang rooting Android.

Root Android

Apa itu Rooting Android?

Melihat pengertian “root” sendiri yang berarti akar atau inti, maka sederhananya, rooting Android berarti memasuki daerah inti Android. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan hak penuh kepada pengguna untuk mengakses semua sistem. Fitur ini “disembunyikan” untuk memberikan perlindungan agar tidak terjadi kesalahan menghilangkan file sistem sehingga menyebabkan sistem Android error.

Apa Kelebihan Melakukan Root Android?

Karena kita mendapatkan hak penuh atas semua sistem, maka banyak hal dapat kita lakukan, di antaranya:

– Memasang aplikasi yang membutuhkan akses root
Aplikasi tersebut dapat melakukan hal yang tidak dapat dilakukan ponsel yang belum rooted, salah satu contohnya adalah memindahkan berkas aplikasi yang terpasang secara penuh ke kartu memori.

– Memasang kustom ROM
Kustom ROM dapat memberikan lebih banyak fitur dan meningkatkan performa perangkat.

– Menghapus aplikasi bawaan pabrik
Kadang-kadang aplikasi bawaan pabrik banyak yang tidak kita gunakan dan hanya memenuhi memori telepon. Sekarang, dengan akses root Anda dapat menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. Namun, berhati-hatilah agar tidak menghapus aplikasi sistem inti.

Apa yang Harus Anda Perhatikan?

Root Android - 2Sebelum melakukan root, ada risiko yang harus Anda perhatikan:

– Membatalkan garansi perangkat
Garansi ponsel yang tersisa bisa batal karena Anda dianggap telah melakukan modifikasi. Tetapi, Anda dapat melakukan unroot untuk mengembalikan perangkat seperti sebelum dilakukan root.

– Risiko keamanan
Karena sistem inti Android terbuka untuk “umum”, maka sistem akan lebih mudah dimasuki oleh virus atau masalah privasi lainnya.

Bagaimana Melakukan Root Android?

Proses melakukan root sebenarnya cukup mudah karena sudah tersedia berbagai aplikasi untuk melakukannya, salah satunya adalah Kingo Android Root. Pastikan Anda memeriksa daftar kompatibilitas ponsel pada website Kingo sebelum melanjutkan. Berikut adalah langkah-langkah melakukan root:

– Unduh dan pasang Kingo Android Root di komputer atau laptop

– Aktifkan mode “Debugging USB”
Caranya: untuk Android 4.0 dan 4.1, masuk ke “Pengaturan”, pilih “Opsi Pengembang”, dan centang “Debugging USB”. Untuk Android versi 4.2, masuk ke “Pengaturan”, tekan “Tentang Ponsel”, pilih “Opsi Pengembang”, dan centang “Debugging USB”.
Sedangkan untuk Android versi 4.3, masuk ke “Pengaturan”, pilih “Tentang Ponsel”, cari “Nomor Bentukan” dan ketuk opsi tersebut tujuh kali hingga muncul tulisan “Anda sudah masuk ke mode pengembang”, setelah itu kembali ke “Pengaturan”, pilih “Opsi Pengembang”, dan centang “Debugging USB.”

Screenshot_2015-11-27-21-33-28

– Jalankan aplikasi Kingo Root dan hubungkan ponsel Anda melalui USB
Setelah terhubung, pilih OK untuk “Mengizinkan Debugging USB?”

– Klik “Root” di aplikasi dan tunggu hingga proses selesai
Ponsel Anda akan restart setelah selesai dan selamat Anda telah berhasil melakukan root ponsel! Jika Anda ingin menghapus root pada ponsel, Anda cukup menghubungkan kembali ponsel di komputer atau laptop, jalankan aplikasi Kingo Root dan pilih “Remove Root.”

Sekarang segera coba gunakan ponsel root Anda dan jangan lupa untuk membagikan pendapat Anda kepada kami pada kolom komentar di bawah.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…