Cara Mengatasi Masalah Konektivitas WiFi di Android

WiFiTidak seperti dulu, sekarang hampir semua ponsel telah dilengkapi dengan WiFi. Saat ini, WiFi sudah seperti kebutuhan utama pengguna ponsel. Saat bepergian atau memasuki daerah sulit sinyal ponsel, Anda pasti cenderung mencari koneksi WiFi. Dengan menggunakan WiFi, Anda bisa menghemat penggunaan paket data operator sekaligus cenderung mendapatkan peningkatan kecepatan internet yang signifikan.

WiFi memang baik, tetapi apalah artinya jika ponsel kita tidak bisa terhubung dengan jaringan WiFi? Setiap ponsel pasti memiliki masalahnya sendiri, tidak terlepas masalah konektivitas WiFi, seperti koneksi gagal atau terhenti.

Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas beberapa langkah jitu untuk mengatasi masalah konektivitas WiFi. Waktunya melakukan beberapa aksi!

1. Restart Koneksi WiFi

Jangan pernah menyepelekan metode paling sederhana. Anda bisa mencoba untuk mematikan koneksi WiFi dan mencoba menyalakannya kembali. Jika Anda menggunakan router WiFi pribadi, Anda dapat mencoba untuk merestart routernya juga.

2. Gunakan Mode Pesawat Terbang

Anda bisa mencoba menyalakan mode pesawat terbang selama beberapa saat dan mematikannya lagi. Ikon pintas mode pesawat terbang dapat Anda temukan dengan cara menggeser atas layar untuk menurunkan menu tambahan.

3. Restart dalam Mode Aman

Anda bisa mencoba merestart ponsel dalam “Mode Aman”. Cukup tahan tombol power ponsel, tahan ikon “Matikan Daya” selama beberapa saat, dan pilih OK untuk masuk dalam “Mode Aman”. Setelah masuk dalam mode aman, restart kembali ponsel untuk kembali ke tampilan normal.

4. Biarkan WiFi Selalu Menyala

Jika kita tidak menyalakan opsi untuk selalu membuat WiFi menyala saat ponsel dalam mode tidur, maka koneksi akan terputus dan harus secara manual dinyalakan kembali. Untuk membuatnya selalu terhubung, cukup masuk ke “Pengaturan” dalam ponsel, pilih “WiFi”, pilih “Lanjutan”, dan klik opsi untuk selalu menyalakan WiFi.

Screenshot_2016-05-07-13-55-46

5. Akses WiFi secara Manual

Ada beberapa jaringan WiFi yang tersembunyi dari publik dan satu-satunya cara untuk mengaksesnya adalah secara manual. Pertama-tama, Anda harus menanyakan SSID dan kata sandi untuk mengakses jaringan tersebut, setelah itu Anda dapat masuk ke “Pengaturan” di ponsel, pilih “WiFi”, pilih “Tambah Jaringan”, masukkan SSID dan kata sandi.

6. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda masih mengalami masalah untuk terhubung dengan jaringan WiFi, mak tidak ada salahnya mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang dapat Anda coba adalah WiFi Fixer. Aplikasi ini memulihkan file sistem dan beberapa fungsi ponsel untuk memastikan jaringan bekerja dengan baik. Penggunaannya pun mudah dan secara umum akan bekerja dengan otomatis.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi masalah konektivitas WiFi. Jika Anda memiliki saran lain, kami akan senang mendengarnya. Tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…