Tip dan Trik untuk Memaksimalkan Android KitKat!

Android KitKat

Sistem operasi Android selalu mengalami perkembangan. Saat ini, Android tengah menggarap operasi sistem terbarunya yang bernama N. Tetapi sebelum kita dapat mencoba kecanggihan sistem operasi terbaru tersebut, mau tidak mau saat ini kita harus puas dengan versi terdahulunya, contohnya Android versi 4.4 atau KitKat yang mempunyai pengguna aktif cukup banyak.

Para pengguna perangkat Android dengan sistem operasi KitKat tidak perlu berkecil hati, karena walaupun sistem operasi Anda sudah cukup lama tetapi masih banyak tip dan trik tersembunyi yang sebenarnya layak untuk dicoba. Anda penasaran? Simak tip dan trik keren dari kami berikut ini!

1. Membuka Kunci Ponsel dengan Wajah.

Fitur ini dapat dikatakan cukup unik karena Anda dapat menggunakan wajah Anda sebagai alternatif untuk membuka kunci ponsel. Untuk mengaktifkannya, Anda cukup masuk ke “Pengaturan” dalam ponsel, pilih “Keamanan”, pilih “Layar Kunci”, kemudian pilih aktifkan “Pengenal Wajah”.

2. Menghapus Data Ponsel yang Dicuri dari Jauh.

Sangat disayangkan jika ponsel Anda dicuri orang, terutama jika ponsel Anda berisi data sensitif. Jangan khawatir karena Anda dapat menghapus data ponsel dari jarak jauh. Tetapi, sebelum dapat menggunakan fitur ini, Anda harus mengaktifkan fiturnya saat ponsel masih dapat Anda gunakan. Cukup masuk ke “Pengaturan Google”, pilih “Manajer Perangkat Android”, kemudian centang kedua pilihan. Anda kemudian dapat mengunjungi halaman Manajer Perangkat Android untuk mengaktifkan dering ponsel atau menghapus data dari jarah jauh.

stolen smartphone

3. Menggunakan ART untuk Meningkatkan Performa Aplikasi.

Application runtime adalah bagian kecil dalam Android yang bertugas menjalankan aplikasi. Versi Android KitKat memiliki Davlink dan ART runtime, tetapi pada versi ini Davlink runtime diaktifkan secara otomatis. Pada versi Android yang lebih baru, Davlink runtime sudah tidak digunakan karena memiliki performa yang lebih rendah dibandingkan ART runtime. Oleh karena itu pada versi KitKat, Anda dapat memilih mengaktifkan ART runtime agar dapat meningkatkan performa aplikasi. Caranya, cukup masuk ke “Pengaturan”, pilih “Opsi Pengembang”, dan pada “Pilihan runtime” pilih ART runtime. Setelah memilih, Anda harus me-restart ponsel dan menunggu selama beberapa saat.

4. Mengenkripsi Ponsel untuk Keamanan Tingkat Tinggi.

Walaupun Android menawarkan kunci layar, fitur ini belum cukup untuk mencegah para peretas untuk mencuri data sensitif yang ada di ponsel. Kunci layar hanya akan mencegah teman atau orang lain menggunakan ponsel, tetapi jika mereka menghubungkan ponsel dengan USB maka data akan tetap dapat dicuri. Dengan fitur enkripsi, semua data dan informasi sensitif dalam ponsel akan dilindungi. Anda harus memasukkan kata sandi ketika hendak menggunakan data yang ada dalam ponsel. Untuk mengaktifkannya, cukup masuk ke “Pengaturan”, masuk ke “Keamanan”, dan pilih pilihan untuk mengenkripsi ponsel. Setelah sukses, Anda harus menunggu proses enkripsi kurang lebih satu jam. Pastikan Anda selalu mengingat kata sandi tersebut karena jika lupa maka data dalam ponsel akan tidak dapat diakses.

5. Menampilkan Layar Ponsel pada Televisi Menggunakan Chromecast.

Chromecast adalah perangkat yang dapat dihubungkan ke port HDMI TV untuk menikmati konten ponsel Anda pada TV. Dengan fitur bawaan Android KitKat, Anda akan dapat menikmati menonton video pada layar yang lebih besar! Untuk memastikan ponsel Anda mendukung fitur ini, silakan periksa “Pengaturan”, pilih “Tampilan” dan lihat pilihan untuk Casting. Selain menonton video, terdapat berbagai aplikasi untuk Chromecast yang dapat dipasang di Android untuk menikmati berbagai konten lain, seperti bermain game atau menggambar!

Itulah 5 tip dan trik keren yang dapat Anda lakukan pada sistem operasi KitKat. Apakah Anda memiliki tip dan trik favorit lain? Bagikan dengan kami pada kolom komentar di bawah ini!

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…