Google Play Store Tidak Berfungsi? Inilah Cara Mengatasinya!
Google Play Store selalu menjadi tempat utama kita untuk mengunduh berbagai aplikasi dan game Android. Tetapi, kadang aplikasi Play Store pun dapat mengalami kendala, seperti kesulitan mengunduh aplikasi di dalamnya atau bahkan ketiadaan akses sama sekali. Anda tentu bisa merasa kesal karenanya. Memang, jika ingin memasang aplikasi, Anda dapat mencari dan memasang berkas APK sebagai alternatifnya, tetapi memiliki aplikasi Play Store yang berfungsi tetaplah penting karena Anda juga bisa melakukan hal lain seperti melakukan update aplikasi dan melihat ulasan pengguna lain.
Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, karena pada artikel kali ini, kami akan mencoba mengulas berbagai solusi yang dapat dicoba untuk mengatasi Play Store yang bermasalah.
Memeriksa Pengaturan Tanggal dan Waktu
Play Store memeriksa tanggal dan waktu pada ponsel sebelum Anda bisa mengakses aplikasinya. Jika Anda memiliki tanggal dan hari yang kacau, maka server perlu waktu lama untuk menyelaraskan, dan bahkan dapat membuat akses Anda ditolak.
Untuk membenahinya, Anda cukup masuk ke “Setelan” dalam perangkat, pilih “Tanggal & Waktu”, jika pengaturan waktu di sini adalah manual, maka Anda dapat memilih pengaturan otomatis untuk menyelaraskan waktu dengan operator seluler, jika pengaturan sudah otomatis, maka Anda dapat menggantinya menjadi manual dan mengatur sendiri waktu yang paling akurat.
Menghapus Cache atau Data Play Store
Anda juga bisa mencoba menghapus cache atau data Play Store agar data yang disimpan dapat disegarkan kembali. Cukup masuk ke “Setelan” dalam perangkat, pilih “Aplikasi”, cari “Play Store”, kemudian pilih “Hapus Cache“. Setelah menghapus cache, Anda bisa mencoba masuk kembali ke Play Store untuk melihat apakah aplikasi dapat berjalan lancar atau tidak. Jika masih belum bisa, Anda dapat mengulangi cara di atas, tetapi pilih “Hapus Data”, dan masuk kembali ke aplikasi Play Store. Pastikan Anda memiliki identitas login untuk akun Google dan aplikasi lainnya, karena dengan melakukan hapus data, semua pengaturan akan diulang ke awal.
Menghapus Cache atau Data Layanan Google Play
Layanan Google Play adalah penghubung semua proses dan aplikasi yang ada di ponsel Anda. Silakan coba menghapus cache terlebih dahulu, caranya cukup masuk ke “Setelan” dalam ponsel, pilih “Aplikasi”, cari “Layanan Google Play”, kemudian pilih “Hapus Cache”. Setelah sukses, Anda bisa mencoba masuk kembali ke Play Store dan melihat apakah aplikasi berfungsi dengan baik. Jika belum, silakan ulangi cara di atas, tetapi sekarang pilih “Hapus Data”.
Memasang Layanan Google Play dan Google Play Store Terbaru
Versi lama dari aplikasi tersebut dapat menyebabkan terjadinya masalah teknis. Anda mungkin menonaktifkan fitur untuk melakukan update aplikasi secara otomatis, sehingga saat ini aplikasi Layanan Google Play dan Play Store masih belum yang terbaru. Segera aktifkan update otomatis, cukup masuk ke “Play Store”, klik ikon tiga garis di pojok kiri atas, gulirkan layar, pilih “Setelan”, klik “Perbarui aplikasi secara otomatis”, kemudian pilih “Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui WiFi“. Setelah itu, segera hubungkan perangkat dengan WiFi dan biarkan Play Store melakukan berbagai update secara otomatis.
Menonaktifkan VPN
Anda mungkin menggunakan VPN untuk mengakses konten yang dibatasi di Indonesia. Walaupun bermanfaat, VPN kadang dapat mengakibatkan Play Store bermasalah. Anda bisa mencoba menonaktifkan VPN di Android, cukup masuk ke “Setelan” dalam ponsel, pilih setelan jaringan lainnya, klik VPN, dan nonaktifkan fitur tersebut.
Itulah beberapa langkah untuk mengatasi Play Store yang bermasalah. Bagaimana pengalaman Anda menggunakan solusi kami di atas? Bagikan dengan kami dalam kolom komentar di bawah!