Baterai Ponsel Tidak Mengisi dengan Baik? Ikuti Beberapa Cara Ini!

charge-android

Baterai pada ponsel sifatnya seperti jantung pada tubuh manusia. Jika tidak ada baterai yang berfungsi, ponsel tidak akan dapat digunakan. Baterai menggunakan sumber daya yang disimpan dari tenaga listrik, dan harus diisi secara berkala. Sayangnya, pada saat mengisi baterai, kadang terdapat berbagai kendala, misalnya tidak dapat melakukan pengisian atau pengisian yang sangat lambat.

Jangan langsung mengasumsikan bahwa baterai atau charger Anda rusak saat mengalami masalah tersebut, karena biasanya hanya merupakan masalah ringan yang dapat Anda selesaikan sendiri secara langsung. Silakan membaca dan mencoba langkah-langkah yang kami sajikan terlebih dahulu di bawah ini.

1. Periksa porta USB ponsel

Pada port USB ponsel, terdapat lempeng logam yang harus dihubungkan dengan kabel charger. Kemungkinan kedua bagian tersebut tidak terhubung dengan baik sehingga baterai tidak dapat terisi. Silakan matikan ponsel dan keluarkan baterai terlebih dahulu jika bisa, kemudian gunakan tusuk gigi atau peniti untuk mengatur posisi lempeng logam hingga sesuai. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan agar tidak merusak lempengannya. Setelah selesai, pasang baterai, nyalakan ponsel, dan coba lakukan pengisian baterai kembali.

2. Bersihkan serat kain, sisa makanan, dan debu

Saat kita menyimpan ponsel dalam saku atau tas, kadang-kadang jika saku atau tas kita tidak benar-benar bersih, serat kain atau sisa makanan, seperti remah-remah kue atau coklat cair dapat mengotori dan menyumbat porta USB ponsel. Debu juga bisa menjadi salah satu faktor tersebut jika kita banyak menggunakan ponsel pada daerah berdebu. Pastikan Anda selalu memeriksa kebersihan lempeng metal pada porta USB ponsel, dan jika terdapat kotoran yang menempel, gunakan kompresor angin atau tisu kecil untuk membersihkannya.

3. Isi daya dari sumber yang tepat

Anda bisa mengisi daya baterai dari charger yang terhubung ke listrik atau melalui kabel USB yang terhubung ke PC/laptop. Gunakan colokan listrik untuk mengisi daya baterai Anda karena daya yang dihasilkan dari listrik secara langsung lebih besar daripada menggunakan PC/laptop. Jadi, jika Anda mengisi daya baterai ponsel menggunakan PC/laptop dan pengisian terasa lama, itulah penyebabnya, dan Anda harus beralih menggunakan sumber listrik.

Juga, pastikan Anda menggunakan charger yang tepat untuk ponsel. Charger untuk headset atau alat elektronik lainnya biasanya tidak akan dapat menyalurkan daya dengan optimal karena memang tidak ditujukan untuk ponsel.

4. Perhatikan temperatur ponsel

Saat melakukan pengisian baterai, disarankan Anda tidak menggunakannya secara berlebihan, seperti memainkan game berat. Dengan memainkan game atau menjalankan aplikasi yang menggunakan banyak kapasitas ponsel, maka otomatis ponsel akan menghasilkan panas, dan jika dilakukan bersamaan dengan pengisian daya, pengisian akan berjalan sangat lambat dan bahkan tidak mengisi sama sekali. Hal tersebut juga dapat memperpendek masa pakai baterai dan kapasitas penyimpanan pun bisa menjadi tidak optimal.

5. Lakukan update atau kembalikan versi lama

Perangkat lunak dalam tiap ponsel akan memerlukan update secara berkala. Jika ada update yang tersedia untuk ponsel Anda, lakukan update segera karena biasanya akan terdapat pengoptimalan layanan dan kinerja yang dapat meningkatkan efisiensi penggunaan baterai. Begitu pula sebaliknya, jika saat ini dirasa penggunaan baterai Anda terlalu boros, dan ponsel Anda adalah model yang cukup lama, silakan mencoba untuk menggunakan versi update yang lebih lama. Anda dapat menyesuaikan sendiri versi mana yang sesuai untuk digunakan nantinya.

6. Ganti baterai

Baterai juga memiliki masa pakai. Seiring berjalannya waktu dan banyaknya pengisian yang dilakukan, kapasitas baterai akan terus menurun. Jika Anda sudah menggunakan ponsel selama lebih dari dua tahun, dan daya baterai Anda seperti mengalami penurunan drastis, sudah saatnya Anda melakukan penggantian ke baterai yang baru.

Ganti Baterai Android

Jika Anda sudah mencoba melakukan berbagai cara di atas, dan pengisian masih tidak dapat berjalan normal, Anda harus menghubungi produsen ponsel untuk melakukan pemeriksaan secara mendalam. Anda pernah mengalami kendala pengisian baterai? Bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…