Cara Memperbaiki Android Saat Mulai Melambat

Android Slow

Saat pertama kali membeli ponsel baru, kita pasti senang karena ponsel baru tersebut dapat memberikan performa yang baik dan melakukan navigasi dengan cepat. Dengan kecanggihan yang ditawarkan, Anda bisa memainkan berbagai game keren dan melakukan berbagai kemudahan dalam hidup, seperti mengontrol kamera atau komputer.

Sayangnya, semua barang elektronik pasti mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu dan pemakaian. Ponsel akan terasa lebih lambat dan performa pun tidak secepat saat kita baru pertama kali membelinya. Jika ditemukan indikasi bahwa komponen keras ponsel mengalami penurunan performa karena termakan usia, satu-satunya jalan adalah melakukan perbaikan atau mengganti ponsel jika kerusakan sudah parah. Tetapi, sebelum Anda berasumsi bahwa komponen keras ponsel yang bermasalah, cobalah lakukan 5 cara berikut ini untuk mengembalikan kecepatan kinerja ponsel.

Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Saat ini banyak sekali aplikasi menarik untuk Android. Karena banyaknya aplikasi menarik dan teman yang menggunakan, kita tertarik juga untuk ikut memasang. Seiring berjalannya waktu, tanpa disadari aplikasi-aplikasi akan menumpuk dan tidak semuanya terpakai. Aplikasi yang terpasang tidak hanya menempati memori, tetapi juga menggunakan CPU dan jaringan ponsel sehingga mengakibatkan sumber daya ponsel berkurang.

Sekarang, saatnya membersihkan aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai untuk memberikan sumber daya tambahan pada ponsel. Cukup masuk ke “Setelan” ponsel, klik “Kelola aplikasi”, pilih aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai, kemudian klik “Copot pemasangan” untuk menghapus.

Screenshot_2016-09-10-15-58-02

Bersihkan Ruang Penyimpanan Ponsel

Ponsel dibekali dengan ruang penyimpanan internal yang cukup besar sehingga dapat menampung berbagai media dan data dengan lebih leluasa. Tetapi, seringkali kita terlena karenanya. Bagi penggemar selfie atau fotografi, Anda pasti suka mengambil banyak foto karena tidak mau melewatkan momen sedikit pun. Selain itu, bagi yang suka mengunduh media atau data dari internet, Anda pasti juga menumpuk banyak berkas di dalam ruang memori. Semua aktivitas tadi dapat membuat ruang penyimpanan ponsel penuh, dan akibatnya kinerja ponsel akan menjadi lambat saat ponsel membutuhkan tempat untuk menyimpan data tambahan.

Anda dapat menghapus atau memindahkan berkas media atau data yang sudah tidak dibutuhkan lagi dari ruang penyimpanan ponsel. Segera masuk ke menu “Galeri” di ponsel dan bersihkan foto yang sekiranya tidak diperlukan dan masuk ke menu “Video” untuk membersihkan video lama yang diinginkan. Untuk mengelola berkas unduhan, masuk ke menu “Unduhan”, kemudian cari unduhan yang sekiranya sudah tidak diperlukan untuk kemudian dibersihkan. Pastikan Anda memeriksa berkas terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menghapusnya.

Bersihkan Data Cache

Data cache berfungsi untuk mempercepat pemuatan laman internet dan aplikasi. Data cache akan diunduh setiap kali kita memasuki laman baru, dan akan langsung ditampilkan kembali tanpa harus mengunduh saat kita mengunjungi laman yang sama. Dari banyaknya aplikasi dan seringnya kita berselancar di internet, data cache pun akan menumpuk di ponsel dan memakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Oleh karena itu, kita perlu untuk menghapusnya secara reguler untuk meringankan ponsel. Proses ini tidak berbahaya karena data cache tersebut akan diunduh kembali secara otomatis saat mengunjungi laman yang baru. Untuk menghapusnya, Anda cukup masuk ke “Setelan” di ponsel, pilih “Penyimpanan”, geser layar ke bawah untuk mencari cache, kemudian klik untuk menghapus semua data cache.

Periksa Kartu Memori

Kartu memori dapat membuat Android Anda lambat, terutama jika kartu memori tersebut merupakan kelas yang tidak tinggi dan ditemukan adanya kesalahan. Anda dapat melakukan format ulang kartu memori untuk mengoptimalkannya kembali. Berikut ini adalah caranya, sebagai catatan, pastikan Anda telah mencadangkan data aplikasi dan berkas penting sebelum melakukan cara ini.

1. Matikan Android dan keluarkan kartu memori.
2. Masukkan kartu memori ke adaptor dan sambungkan ke komputer atau laptop.
3. Buat folder di komputer dan salin semua konten kartu memori ke dalam folder tersebut.
4. Lepaskan kartu memori dan masukkan kembali ke ponsel, lalu nyalakan ponsel.
5. Masuk ke “Setelan”, pilih “Penyimpanan”, kemudian pilih untuk menghapus penyimpanan USB.
6. Hubungkan kembali kartu memori ke komputer atau laptop.
7. Pilih dan salin berkas yang diperlukan dari folder cadangan di komputer ke dalam kartu memori.
8. Masukkan kartu memori ke dalam ponsel dan nyalakan ponsel.

Jika menemukan beberapa aplikasi yang hilang atau tidak dapat digunakan, Anda dapat melakukan pemasangan ulang.

Kembalian Pengaturan Pabrik

Jika semua cara telah dilakukan, namun kinerja ponsel tetap dirasa masih lambat, Anda dapat mencoba untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Sebelum melangkah lebih lanjut, pastikan semua aplikasi dan berkas telah diikat serta dicadangkan dengan baik.

Untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik, cukup matikan ponsel, setelah itu tahan tombol daya dan volume turun secara bersamaan (proses berbeda pada tiap perangkat), lakukan navigasi pada pilihan mengembalikan ke pengaturan pabrik, kemudian klik OK. Ponsel akan diformat dan semua pengaturan akan di-reset.

Itulah 5 cara yang dapat dilakukan jika ponsel Anda menjadi lambat. Apa langkah favorit Anda? Bagikan dengan kami pada kolom komentar di bawah ini.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…