Cara Mendapatkan Sinyal GPS yang Lebih Baik di Android

Android GPSSetiap ponsel Android dilengkapi dengan GPS, dan Anda mungkin penasaran dengan fitur GPS tersebut. GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System yang awal mulanya dikembangkan oleh tentara Amerika pada tahun 1973. GPS pada ponsel Anda menggunakan antena yang terhubung dengan driver dan perangkat lunak untuk berkomunikasi dengan satelit GPS yang mengorbit bumi.

GPS banyak digunakan pada aplikasi navigasi, seperti Google Maps dan game berbasis lokasi, seperti Pokémon GO. Aplikasi dan game tersebut sangat membutuhkan sinyal GPS yang baik untuk menentukan keakuratan lokasi. GPS pun tidak selalu memiliki kualitas sinyal yang baik karena dipengaruhi beberapa faktor seperti kondisi cuaca dan perangkat keras maupun lunak yang terpasang. Tetapi, terdapat beberapa cara untuk meningkatkan sinyal GPS sehingga Anda tetap dapat mendapatkan lokasi yang akurat. Segera simak cara kami di bawah ini.

Menyalakan Mode “Akurasi Tinggi”

Anda dapat menyalakan mode “Akurasi Tinggi” di Android untuk mendapatkan sinyal GPS yang lebih baik sehingga lokasi GPS akan menjadi lebih akurat. Mengaktifkan mode ini akan menggunakan baterai lebih banyak dari biasanya, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat kembali ke mode standar yang lebih hemat baterai nantinya.

Untuk menyalakan fiturnya, Anda cukup masuk ke “Setelan” pada perangkat, klik “Lokasi”, pastikan fitur GPS sudah aktif, pilih “Mode”, kemudian pilih “Akurasi Tinggi” untuk menyalakannya.

Memastikan Sinyal GPS Selalu Aktif

Saat kita berganti dari aplikasi yang membutuhkan sinyal GPS ke aplikasi lainnya, misalnya dari Google Maps kemudian membuka BBM, sinyal GPS tersebut dapat mati karena untuk menghemat baterai. Kemudian, saat kita kembali membuka Google Maps, sinyal GPS baru akan menyala dan membutuhkan sambungan ulang. Untuk memastikan sinyal GPS selalu aktif, Anda cukup memasang aplikasi GPS Locker.

Mencari Tahu Letak Masalah GPS

Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda mengetahui masalah tersebut adalah GPS Essentials. Anda cukup masuk ke aplikasi, kemudian klik “Sattelites” untuk melihat koneksi satelit GPS. Jika tidak ada satelit yang muncul, kemungkinan karena adanya gangguan logam kuat di sekitar Anda. Jika satelit muncul tetapi tidak terlihat adanya koneksi, kemungkinan masalah ada pada perangkat lunak. Jika diketahui bahwa perangkat lunaklah yang bermasalah, Anda dapat mencoba cara lain dalam artikel ini.

Screenshot_2016-09-17-14-29-19

Menyegarkan Data GPS

Perangkat kita kadang-kadang akan “tersangkut” pada satelit GPS tertentu walaupun kita sudah tidak berada dalam jangkauannya. Hal tersebut dapat membuat sinyal GPS kacau dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Untuk membenahinya, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti GPS Status & Toolbox. Cukup jalankan aplikasi, ketuk layar, pilih ikon menu, pilih “Manage A-GPS state”, klik “Reset”, setelah selesai kembali ke “Manage A-GPS state”, kemudian pilih “Download”. Data GPS Anda telah disegarkan, jika masalah muncul kembali, cukup ulangi cara tersebut.

Menggunakan Alat Penerima GPS Eksternal

Jika sinyal GPS ponsel masih kurang stabil, Anda dapat mencoba untuk menggunakan alat penerima GPS eksternal, seperti Garmin GLO GPS. Alat tersebut berfungsi untuk meningkatkan dan menstabilkan sinyal GPS.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan sinyal GPS ponsel Anda. Apakah Anda memiliki cara rekomendasi lainnya? Bagikan dengan kami pada kolom komentar di bawah ini.

  1. GPS Locker

    GPS Locker

    Jangan pernah kehilangan sinyal GPS Anda lagi saat menjalankan aplikasi atau game berbasis lokasi. GPS Locker akan mengunci sinyal GPS Anda dan menampilkan posisi dengan lebih akurat.

  2. GPS Essentials

    GPS Essentials

    GPS Essentials adalah alat lengkap untuk segala kebutuhan GPS Anda. Mulai dari kompas hingga satelit GPS aktif dapat Anda dapatkan di sini.

  3. GPS Status & Toolbox

    GPS Status & Toolbox

    Jika sinyal GPS tidak stabil atau bahkan tidak tersambung, Anda dapat mengeceknya dengan aplikasi ini. Anda akan mendapatkan semua tampilan GPS dan sensor data lengkap untuk menganalisis kemungkinan masalah.

Cara Menghindari Penipuan di Instagram
Cara Menghindari Penipuan di Instagram

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia, dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya. Sayangnya, popularitas ini juga menarik perhatian para penipu yang berusaha memanfaatkan pengguna yang kurang waspada. Mulai dari penipuan jual …

Cara Membuat dan Mengelola Event di WhatsApp
Cara Membuat dan Mengelola Event di WhatsApp

WhatsApp kini memiliki fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola event langsung di dalam aplikasi. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk menggunakan fitur event di WhatsApp. Cara Membuat Event di WhatsApp Buka WhatsApp. Pastikan aplikas…

Cara Menyembunyikan Akun TikTok di Android
Cara Menyembunyikan Akun TikTok di Android

Di era digital yang semakin maju, aplikasi media sosial seperti TikTok menjadi platform populer bagi banyak orang untuk berbagi kreativitas dan hiburan. Namun, ada kalanya kita merasa perlu untuk menjaga privasi lebih ketat dan ingin menyembunyikan akun dari pandangan publik …

Cara Menjadi Verified di TikTok
Cara Menjadi Verified di TikTok

TikTok telah menjadi platform media sosial yang sangat populer di seluruh dunia, dan mendapatkan tanda centang biru atau verifikasi di TikTok menjadi cara penting untuk membangun kredibilitas dan mendapatkan pengakuan. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah ten…

Cara Mengunci dan Menyembunyikan Chat Individu di WhatsApp
Cara Mengunci dan Menyembunyikan Chat Individu di WhatsApp

Anda tidak ingin chat WhatsApp Anda dilihat orang lain? Salah satu cara mencegah hal ini adalah dengan fitur kunci chat baru dari WhatsApp. Berikut adalah cara mengunci dan menyembunyikan chat individu di WhatsApp. Cara Mengunci dan Menyembunyikan Chat Individu di WhatsApp Bu…