Cara Meningkatkan Koneksi 3G Perangkat Seluler

Koneksi 4G pada ponsel tengah ramai di Indonesia dan semakin mengalami peningkatan pengguna setiap harinya. Kelebihan dari koneksi 4G tersebut adalah kecepatan transfer data yang tinggi. Jika Anda sering menonton video dan memainkan game online, koneksi 4G merupakan pilihan yang tepat.

Android Phone

Walaupun pengguna 4G cukup tinggi, banyak pengguna ponsel yang masih menggunakan koneksi 3G. Hal ini disebabkan oleh eksistensi koneksi 3G yang telah ada sejak lama sehingga masih menyisakan pengguna dalam jumlah besar. Jika Anda merupakan salah satu pengguna ponsel dengan koneksi 3G, Anda mungkin mengalami permasalahan koneksi seperti transfer data yang lambat atau kuota yang boros. Pada tulisan kali ini, kami akan membahas cara meningkatkan kecepatan 3G sehingga Anda dapat menikmati pengalaman menggunakan internet dengan lebih baik. Segera simak tutorial di bawah ini.

Menggunakan Opera Max

Opera Max adalah aplikasi penghemat pemakaian data ponsel dan WiFi. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menghemat penggunaan data pada saat menggunakan aplikasi yang boros data. Anda juga bisa memilih aplikasi tertentu saja untuk dihemat. Berdasarkan klaim dari pihak Opera, aplikasi ini dapat menghemat penggunaan data hingga 23%.

Menggunakan Facebook Lite

Jika merupakan pengguna aktif Facebook, orang kebanyakan akan menggunakan aplikasi resminya. Tetapi, banyak pengguna mengeluhkan bahwa aplikasi Facebook lambat untuk dimuat dan menggunakan banyak data. Jangan khawatir karena pada Play Store terdapat aplikasi versi mini dari Facebook, yaitu Facebook Lite. Versi ini akan mengompres tampilan dalam aplikasi sehingga Anda dapat menjelajahi Facebook lebih cepat dan lancar.

Menggunakan Peramban Lain

Google Chrome merupakan aplikasi peramban bawaan Android. Walaupun peramban ini baik karena memiliki berbagai fitur sinkronisasi dan add-on, Chrome masih memiliki masalah penggunaan memori yang berlebihan. Pada ponsel yang memiliki memori kecil dan masih menggunakan jaringan 3G, hal tersebut dapat mengakibatkan proses menjelajahi internet menjadi lebih lambat. Jika tidak mengalami masalah signifikan saat menggunakan Chrome, Anda masih tetap dapat menggunakannya, tetapi jika koneksi terasa lambat saat menggunakan Chrome, Anda dapat coba menggunakan alternatif peramban lainnya. Terdapat banyak alternatif peramban lain yang dapat Anda unduh, salah satunya adalah Opera Mini.

Membersihkan Cache

Setiap aplikasi yang terpasang di Android memiliki berkas cache. Berkas ini dihasilkan karena kita menggunakan aplikasi tersebut. Saat cache tersebut menumpuk memori ponsel juga akan berkurang, dan ketika memori terus berkurang, ponsel dapat menjadi lambat dan memperlama koneksi data. Solusinya adalah menghapus cache pada aplikasi-aplikasi yang terpasang. Untuk menghapus cache, Anda dapat memasuki “Pengaturan” dalam ponsel, mengeklik “Aplikasi”, mencari aplikasi tertentu, dan memilih “Hapus Cache”. Jika tidak mau repot menghapus cache satu per satu, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti App Cache Cleaner.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Seringkali aplikasi yang telah kita pasang tidak lagi digunakan. Aplikasi yang terpasangbro di Android akan memakan memori dan dapat mengakibatkan ponsel menjadi lambat terutama saat kapasitas memori hampir penuh. Anda dapat melihat apa saja aplikasi yang terpasang dan menghapus aplikasi yang tidak terpakai untuk membebaskan memori dan mempercepat kinerja ponsel.

  1. Opera Max - Data management

    Opera Max – Data management

    Opera Max memungkinkan Anda untuk menghemat penggunaan data pada saat menjalankan berbagai aplikasi di Android. Aplikasi ini tidak hanya bekerja pada koneksi data ponsel melainkan juga WiFi.

  2. Facebook Lite

    Facebook Lite

    Untuk yang ingin menjelajahi Facebook tetapi dengan penggunaan data yang ringan, Facebook Lite adalah jawabannya. Walaupun aplikasi ini mengompresi tampilan, Anda masih tetap dapat menikmati Facebook seutuhnya.

  3. Browser web Opera Mini beta

    Browser web Opera Mini

    Anda dapat menjelajahi internet tanpa takut menggunakan banyak koneksi data dengan aplikasi Opera Mini ini. Selain itu, Anda juga dapat memblokir iklan dan melakukan navigasi dengan mudah.

  4. App Cache Cleaner - 1Tap Clean

    App Cache Cleaner – 1Tap Clean

    Cukup satu klik untuk membersihkan semua cache aplikasi! Anda juga dapat mengaktifkan fitur pembersihan cache otomatis saat menggunakan aplikasi atau pada selang waktu tertentu.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…