Cara Mengubah Jenis Huruf di Android

Beberapa orang senang mengutak-atik pengaturan ponsel Android, mulai dari sekadar mengubah tampilan hingga menetapkan pengaturan yang lebih teknis. Hal tersebut memang menyenangkan untuk dilakukan karena dapat memberikan kesan eksklusif pada ponsel.

Salah satu penyesuaian yang dapat Anda lakukan di Android adalah mengubah jenis huruf atau font. Mungkin Anda merasa kurang puas dengan jenis huruf bawaan Android atau menginginkan jenis huruf yang berbeda. Apa pun alasannya, Anda dapat mengubah jenis huruf di Android dengan sangat mudah. Terdapat dua cara mengubah jenis huruf yaitu mengubah secara langsung melalui pengaturan ponsel dan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Simak langkah-langkah lengkapnya di bawah ini.

Mengubah pengaturan ponsel

Beberapa merek ponsel memungkinkan Anda mengubah jenis huruf tanpa memasang aplikasi tambahan. Anda cukup masuk ke “Pengaturan” pada ponsel, klik “Tampilan”, pilih “Gaya huruf”, dan pilih jenis huruf yang Anda inginkan. Pada beberapa ponsel lain, Anda mungkin hanya menemukan pilihan untuk mengubah ukuran huruf saja. Untuk dapat menyesuaikan dan mendapatkan jenis huruf yang lebih banyak, Anda dapat menggunakan cara berikutnya.

Screenshot_2016-11-13-21-37-16

Memasang launcher

Beberapa launcher tidak hanya memberikan opsi kustomisasi pada wallpaper dan ikon, melainkan juga jenis huruf. Salah satu launcher yang menawarkan opsi tersebut adalah Action Launcher 3. Launcher ini akan memberikan beberapa tambahan baru untuk jenis huruf Roboto.

Memasang aplikasi pengubah jenis huruf

Jalan terbaik untuk mendapatkan jenis huruf yang lengkap adalah langsung memasang aplikasi pengubah jenis huruf. Terdapat banyak sekali aplikasi semacam ini yang dapat Anda cari di Play Store. Untuk jenis ponsel tertentu, aplikasi mungkin hanya bekerja pada ponsel yang telah di-root. Anda dapat mencoba dua aplikasi pilihan kami dan mengetahui aplikasi mana yang bekerja dengan baik sesuai dengan ponsel yang Anda miliki. Dua aplikasi tersebut adalah iFont dan HiFont.

iFont

Aplikasi ini menawarkan jenis huruf dari beberapa negara, seperti Prancis, Spanyol, dan Arab. Saat masuk dalam aplikasi, Anda akan melihat daftar jenis huruf yang tersedia dan besarnya berkas untuk diunduh. Cukup klik jenis huruf yang diinginkan, pilih “Unduh”, dan klik “Atur” untuk memasang jenis huruf tersebut.

Screenshot_2016-11-13-21-55-12

Hifont

HiFont adalah salah satu alternatif terbaik untuk mengubah jenis huruf di Android. Dengan antarmuka sederhana dan pengelompokan jenis huruf, Anda dapat mengunduh dan memasang jenis huruf dengan mudah. Saat masuk dalam aplikasi, Anda cukup pilih bagian “Baru” untuk melihat jenis huruf yang baru atau bagian “Kategori” untuk melihat jenis huruf berdasarkan kategori, setelah itu pilih jenis huruf yang diinginkan, klik “Download”, dan pilih “Gunakan” untuk memasangnya.

Screenshot_2016-11-13-21-58-30

Itulah beberapa cara untuk mengubah jenis huruf di Android Anda. Cara manakah yang menjadi favorit Anda?

  1. Action Launcher 3

    Action Launcher 3

    Sesuaikan menu dan dapatkan tampilan unik untuk Android. Anda juga dapat menambahkan pintasan untuk menjalankan aplikasi dengan lebih cepat.

  2. iFont (Font Untuk Android)

    iFont (Font Untuk Android)

    Dengan berbagai pilihan jenis huruf dari beberapa negara, Anda akan memiliki kebebasan memilih jenis huruf yang paling cocok. Sesuaikan jenis huruf dengan perasaan Anda saat ini!

  3. Hifont - Font gaya bebas

    Hifont – Font gaya bebas

    Anda dapat memilih jenis huruf berdasarkan kelompok yang telah disesuaikan dalam aplikasi. Anda juga bisa menambahkan jenis huruf berwarna yang pasti akan memberikan kesenangan tersendiri.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…