Cara Menonaktifkan dan Menghapus Akun Instagram

Menjelajahi media sosial sudah menjadi aktivitas yang biasa kita lakukan. Kita bisa membagikan momen berharga dan dapat berinteraksi dengan teman dari seluruh dunia. Beberapa orang bahkan telah menjadi sukses dan terkenal hanya dengan bantuan media sosial saja.

Salah satu media sosial raksasa yang banyak digunakan di Indonesia adalah Instagram. Segala kemudahan untuk membagikan foto dan video dengan teman dapat Anda rasakan di sini. Tidak lupa juga fitur Boomerang yang memungkinkan Anda membagikan video pendek berulang dalam saluran Instagram Stories.

Instagram

Walaupun Instagram memiliki banyak keunggulan, sebagian orang kurang menyukai media sosial ini. Alasan orang kurang menyukai Instagram biasanya karena masalah antarmuka yang kurang sesuai atau masalah privasi. Jika Anda telah menggunakan Instagram dan karena alasan tertentu tidak ingin menggunakannya lagi, Anda dapat menonaktifkan atau menghapus akun Instagram secara permanen. Perlu diketahui bahwa kedua cara tersebut hanya dapat dilakukan pada situs web Instagram. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

Simpan Foto dan Video

Sebelum melangkah lebih lanjut, Anda mungkin ingin menyimpan foto atau video yang telah diunggah. Jika telah mengaktifkan fitur “Simpan Foto Asli” dan “Simpan Video Setelah Mengirim” pada pengaturan profil aplikasi Instagram, foto dan video yang telah diunggah pada Instagram akan otomatis tersimpan pada galeri ponsel. Jika fitur tersebut belum diaktifkan, Anda dapat menggunakan aplikasi, seperti InstaSave untuk menyimpan foto dan video dari Instagram. Setelah melakukannya, Anda dapat mengikuti cara selanjutnya untuk menonaktifkan dan menghapus akun Instagram.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram

Pertama-tama, kunjungi situs web Instagram, masuk, dan klik ikon profil di sudut kanan atas.

Untuk pengguna situs Instagram berbahasa Inggris:
– Klik “Edit Profile”.
– Gulirkan layar ke bawah dan klik “Temporarily disable my account”.
– Pilih alasan menonaktifkan akun pada bagian “Why are you disabling your account?”
– Masukkan kata sandi dan klik “Temporarily disable account”.

Untuk pengguna situs Instagram berbahasa Indonesia:
– Pilih “Sunting Profil”.
– Geser layar ke bawah dan klik “Menonaktifkan sementara akun saya”.
– Pilih alasan menonaktifkan akun pada bagian “Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda?”
– Tikkan kata sandi dan klik “Akun dinonaktifkan sementara”.

Setelah menonaktifkan akun, profil dan semua aktivitas Instagram akan disembunyikan sampai Anda mengaktifkan akun kembali dengan cara log masuk di Instagram.

Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen

Kunjungi terlebih dahulu halaman web Penghapusan Akun Instagram dan masuklah.

Untuk pengguna situs Instagram berbahasa Inggris:
– Pilih alasan menghapus akun pada bagian “Why are you deleting your account?”.
– Masukkan kata sandi dan klik “Permanently delete my account”.

Untuk pengguna situs Instagram berbahasa Indonesia:
– Pada bagian “Mengapa Anda menghapus akun Anda?”, pilih alasan penghapusan akun.
– Tikkan kata sandi dan klik “Hapus akun saya secara permanen”.

Setelah menghapus akun, profil dan semua aktivitas Instagram akan dihapus secara permanen. Anda tidak bisa mengembalikan akun kembali setelah melakukan langkah ini dan tidak dapat menggunakan username yang telah dihapus untuk mendaftar baru.

  1. Instagram

    Instagram

    Bagikan foto dan video Anda dengan teman. Jangan lewatkan setiap momen berharga dalam hidup Anda dan abadikan selalu dalam Instagram.

  2. InstaSave - Instagram Save

    InstaSave

    Cari foto serta video favorit, dan unduh semuanya dengan mudah ke dalam ponsel Anda. Cukup salin URL foto atau video dan simpan media dengan cepat dalam aplikasi InstaSave.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…