Cara Memasang Berkas APK di Ponsel Android

Gambar1-600x400-dari-pixabay&modif

Sebagai pemilik peranti Android, Anda mungkin pernah membaca seputar berkas APK (Application Package File). Apakah sebenarnya APK itu? Memahaminya sangat penting jika Anda ingin mengunduh aplikasi Android yang belum tersedia secara resmi di Play Store.

Apa Itu Berkas APK?

Seperti layaknya sistem Windows PC yang menggunakan berkas .exe untuk mengunduh perangkat lunak, Android juga melakukan hal yang sama. Berkas APK merupakan format yang digunakan Android untuk mengunduh perangkat lunak (biasanya game atau aplikasi) pada sistem operasi Android.

Haruskah Berkas APK Digunakan?

Dengan mengunduh berkas APK, Anda bisa mengakses aplikasi yang belum muncul secara resmi di Google Play Store. Anda berkesempatan untuk mengakses aplikasi dan fitur terbaru lebih dulu daripada pengguna lainnya.

Keuntungan lainnya, jika perangkat Android Anda tidak dapat mengakses Google Play Store, berkas APK bisa jadi satu-satunya pilihan bagi Anda untuk mengunduh aplikasi.

Waspada Mengunduh Berkas APK

Banyak sumber berkas APK tersebar luas di internet. Sebelumnya, pastikan situs yang Anda jadikan referensi adalah situs yang tepercaya. Beberapa berkas APK bisa saja terjangkit virus dan dapat membahayakan keamanan ponsel Anda.

Pertama, temukan dulu berkas APK yang Anda inginkan. Sebelum memasangnya di ponsel, pastikan aplikasi third-party bisa diunduh. Caranya: silakan ke Menu > Settings > Security >  dan klik ‘Unknown Sources’ untuk memastikan ponsel Anda dapat menerima aplikasi selain dari Google Play Store.

Kedua, saat Anda sudah mengunduh berkas APK di komputer, segara hubungkan peranti Anda. Pilih ‘media device’ agar ponsel Anda bisa terkoneksi dengan komputer. Setelah itu, cari folder ponsel Anda di komputer dan gandakan berkas APK ke dalam folder pilihan di ponsel Anda. Terakhir, pasanglah berkas APK tersebut.

Mengunduh Berkas APK via Ponsel

Anda juga bisa mengunduh berkas APK langsung dari ponsel Android. Cari berkas APK yang ingin Anda unduh melalui ikon yang sesuai. Lalu cari berkasnya di folder unduhan dan pilih “.apk file” dan klik “yes” atau “OK”.

  1. APK Installer

    APK Installer

    Pasanglah berkas APK dari ponsel Android Anda dengan mudah.

Cara Melihat Cerita Lama di Instagram
Cara Melihat Cerita Lama di Instagram

Instagram Stories telah menjadi fitur yang sangat populer di antara pengguna Instagram untuk berbagi momen yang singkat dan menarik. Namun, terkadang Anda mungkin melewatkan cerita yang ingin Anda lihat kembali setelah 24 jam berlalu. Untungnya, ada beberapa cara untuk meliha…

Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air
Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air

Dalam era media sosial yang kaya akan konten video pendek, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer. Namun, jika mengunduh video dari TikTok, Anda pasti menemukan tanda air yang mengganggu. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air, ya…

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…