Safe Mode: Arti dan Cara Menggunakannya
Perangkat Android Anda akan masuk ke Safe Mode jika sistem operasinya korup, atau jika ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan perangkat tidak berfungsi. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menonaktifkan Safe Mode di ponsel Android.
Pahami, Mengapa Safe Mode Diaktifkan
Safe Mode biasanya diaktifkan karena adanya galat serius pada sebuah aplikasi, atau karena fungsi sistem di perangkat mengalami crash. Misalnya saat memasang aplikasi medikal dari pihak ke-3, tiba-tiba perangkat Anda hang.
Memulai Ulang (restart) Perangkat
Di Safe Mode, Anda tidak dapat menjalankan aplikasi apa pun yang tidak dipasang sebagai program bawaan di perangkat. Jika perangkat Anda berada dalam Safe Mode, memulai ulang biasanya sudah cukup untuk memperbaiki masalah dengan cepat.
Periksa Panel Notifications
Beberapa versi Android memiliki notifikasi Safe Mode yang dapat langsung dijalankan. Hal tersebut secara otomatis akan menyebabkan proses booting dan keluar dari Safe Mode. Ini adalah cara tercepat untuk keluar dari Safe Mode jika perangkat Anda memiliki fiturnya.
Tekan dan Tahan Tombol Power
Ketika menu ‘Power‘ muncul, pilih ‘Restart‘ atau ‘Power Off‘. Biarkan ponsel Anda melakukan booting ulang, atau nyalakan kembali setelah ponsel dimatikan. Perangkat Anda akan melakukan booting dengan normal. Jika tidak, biarkan terus berproses.
Nyalakan perangkat dengan tombol ‘Power‘ dan tombol ‘Volume Turun’. Jika perangkat Anda masih melakukan booting ke ‘Safe Mode’, kombinasi tombol ini mungkin dapat membantu. Matikan lagi perangkat Anda, kemudian tekan dan tahan tombol ‘Power‘ dan ‘Volume Turun’ secara bersamaan.
Keluarkan Baterai dari Ponsel
Matikan perangkat Anda, baru kemudian keluarkan baterainya. Tunggu setidaknya satu menit agar kapasitor di ponsel benar-benar terhenti aliran dayanya. Masukkan lagi baterai Anda, kemudian cobalah menyalakan kembali perangkat Anda.
Menghapus Beberapa Aplikasi
Aplikasi yang buruk adalah alasan paling umum yang membuat perangkat masuk ke Safe Mode. Menghapus aplikasi terbaru mungkin dapat memperbaiki perangkat Anda dan memungkinkan Anda untuk melakukan booting dengan normal.
Buka aplikasi ‘Settings‘. Ketuk ‘Apps‘ atau ‘Applications‘. Sebuah daftar berisi aplikasi yang terpasang akan muncul. Alihkan ke tab ‘Downloaded‘ jika tab ini belum dipilih. Hapus aplikasi yang baru Anda pasang.
Menyetel Ulang (reset)
Setel ulang perangkat Android Anda dari menu ‘Settings‘. Jika Anda dapat mengakses menu ‘Settings‘ di Safe Mode, Anda dapat melakukan penyetelan ulang sesuai pabrik (factory reset) dari sini. Jika Anda tidak dapat menggunakan menu ‘Settings’, atau cara ini tidak berhasil, lihat langkah berikutnya.
Perhatikan bahwa langkah-langkah berikut ini bisa sedikit berbeda, tergantung pada versi Android dan produsen ponsel Anda:
- Buka aplikasi ‘Settings‘ dan pilih ‘Backup & reset‘.
- Pilih ‘Factory Data Reset‘ dan konfirmasikan bahwa Anda memang ingin menyetel ulang perangkat Anda.
- Tunggu penyetelan ulang selesai. Ini bisa memakan waktu hingga dua puluh menit atau lebih.
Selesai. Semoga sukses.