5 Aplikasi Chatting yang Lebih Aman dari WhatsApp

5 Aplikasi Chatting yang Lebih Aman dari WhatsApp

Kini, sebagian besar pengguna smartphone menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line, atau Facebook Messenger untuk berkomunikasi. Sering kali, kita hanya mementingkan fungsinya sebagai media komunikasi. Kita melupakan bagian penting dalam komunikasi digital, yaitu keamanan dan privasi.

Berbicara tentang keamanan, mungkin saja ada orang lain yang bisa membaca pesan-pesan yang sudah dikirimkan tanpa kita sadari. Yuk, simak 5 aplikasi chatting yang lebih aman dari WhatsApp ini.

  1. Telegram

    Telegram

    Kalau Anda sudah terbiasa menggunakan aplikasi WhatsApp tetapi menginginkan aplikasi chatting yang lebih aman, cobalah Telegram. Antarmuka Telegram sangat mirip dengan WhatsApp. Soal keamanan, tidak perlu ditanya lagi. Telegram menggunakan kombinasi enksripsi AES simetrik 256-bit, RSA 2048-bit, dan Diffie-Hellman sebagai pengaman pertukaran kunci enkripsi. Tidak hanya pesan teks yang dienkripsi, melainkan semua berkas yang diunggah ke Telegram akan dienkripsi untuk menjaga privasi pengguna.

  2. Viber

    Viber

    Berbeda dengan Telegram yang terkesan lebih formal, Viber memiliki antarmuka yang lebih santai. Anda bisa membagikan beragam stiker dan emoji saat mengobrol bersama teman, keluarga, atau siapa pun. Viber juga menggunakan enkripsi end-to-end untuk mengamankan pesan Anda.

  3. Signal Private Messenger

    Signal Private Messenger

    Inilah satu-satunya aplikasi yang menggunakan protokol kriptografi open source peer-review. Protokol ini menjaga agar pesan Anda tetap aman. Anda pun dapat memverifikasi keamanan chat dengan mengaudit kode. Tidak perlu takut lupa kata sandi atau kode pin karena Signal tidak memerlukan pembuatan akun. Aplikasi ini menggunakan nomor ponsel dan kontak yang tersimpan sebagai identitas.

  4. SMSSecure

    SMSSecure

    Sama seperti Signal dan aplikasi chatting aman lainnya, Silence (awalnya SMS Secure) menggunakan enkripsi end-to-end untuk mengamankan pesan Anda. Bedanya, harus memasukkan kata sandi untuk menggunakan aplikasi ini. Jadi, percakapan Anda dengan semua orang akan tetap aman meskipun ponsel dicuri atau hilang.

  5. Threema

    Threema

    Tahukah Anda bahwa huruf “EEMA” dalam Threema berasal dari “End-to-End Encrypted Messaging Application”? Aplikasi chatting yang satu ini super aman. Semua data yang dikirimkan melalui aplikasi ini dienskripsi, mulai dari pesan, chat grup, berkas, bahkan status. Threema bahkan segera menghapus pesan dari server mereka setelah pesan terkirim. Jadi, hanya penerima pesan yang dapat membacanya.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Game Mahjong Terbaik untuk Android yang Harus Anda Mainkan
Game Mahjong Terbaik untuk Android yang Harus Anda Mainkan

Anda gemar bermain mahjong? Game ini memang menarik untuk menghabiskan waktu, dan kini Anda bisa memainkannya sendiri di ponsel Anda. Berikut adalah daftar game mahjong terbaik untuk Android yang harus Anda mainkan. Mahjong Master Game Mahjong Android ini adalah pilihan sempu…