Cara Mengganti Keyboard pada Ponsel Android

Cara Mengganti Keyboard pada Ponsel Android 1

Ponsel Android memang unggul dalam hal fitur personalisasi yang lengkap. Mulai dari tampilan, nada dering hingga keyboard, semua dapat kita ganti sesuka hati.

Banyak pengembang membuat keyboard untuk Android dan tersedia di Google Play Store. Tentunya, aplikasi-aplikasi ini menawarkan fitur yang lebih lengkap dari keyboard bawaan ponsel. Inilah cara mengganti keyboard pada ponsel Android.

Mengunduh Keyboard Baru

Anda dapat mencari keyboard di Google Play Store atau di AndroidOut dengan mengetikkan kata kunci keyboard atau kata kunci seperti keyboard terbaik Android”. Beberapa keyboard yang cukup terkenal antara lain Gboard, SwiftKey, Fleksy, dan lainnya. Pilih keyboard yang Anda suka kemudian pasang ke ponsel.

Mengganti Keyboard Android

Cara Mengganti Keyboard pada Ponsel Android 2

Setelah Anda mengunduh keyboard baru, ada beberapa pengaturan yang harus diubah. Keyboard yang baru diunduh tidak secara otomatis menggantikan keyboard lama. Untuk menggantinya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke menu “Pengaturan” atau “Setelan”.
  • Temukan pilihan “Bahasa dan masukan”.
  • Setelah masuk ke “Bahasa dan Masukan”, pilih “Keyboard Saat Ini”.
  • Pilih keyboard yang Anda inginkan, kemudian tekan “Pilih keyboard”.
  • Akan muncul peringatan ketika mengganti keyboard. Jadi, baca baik-baik pesan di dalamnya. Kalau Anda setuju, pilih “OK”.
  • Keyboard Anda sudah berhasil diaktifkan. Anda dapat mencoba menulis pesan untuk memastikan keyboard bekerja dengan baik.

Berhati-hatilah ketika memasang keyboard yang Anda unduh dan perhatikan perjanjian dan ketentuan yang diberikan aplikasi keyboard itu. Jangan sampai Anda menggunakan keyboard yang mengumpulkan teks yang ditulis termasuk data personal seperti kata sandi atau nomor kartu kredit.

Selamat mencoba!

  1. Gboard - Keyboard dari Google

    Gboard – Keyboard dari Google

    Google Keyboard membantu pengguna agar cepat memasukkan teks dan menggunakan emoticon sebagai sarana ekspresi. Keyboard elegan ini juga menyediakan fitur pendiktean, kamus dalam lebih dari 25 bahasa, saran, koreksi, dan prediksi kata.

  2. Keyboard SwiftKey

    Keyboard SwiftKey

    Keyboard untuk Android yang meningkatkan pengalaman mengetik Anda dengan berbagai pilihan kustomisasi. Fitur-fitur yang tersedia adalah auto-correct, tema, pengaturan ukuran keyboard, dan lainnya.

  3. Fleksy + GIF Keyboard

    Fleksy + GIF Keyboard

    Pilihan lain untuk mengganti keyboard Android bawaan dengan keyboard bertombol besar, mesin prediksi kata yang intuitif, shortcut dan pengenalan berbagai gerakan isyarat dengan hanya menggeser. Fleksy memiliki lebih dari 30 tema dan fungsi tambahan seperti auto-correct.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…