Cara Mengunci Aplikasi Individual di Android

image of Cara Mengunci Aplikasi Individual di Android

Anda perlu mengunci aplikasi smartphone untuk menjaga privasi ketika smartphone sedang dibawa oleh orang lain. Aplikasi individual seperti galeri foto, pesan, dan sosial media dapat dikunci untuk menjaga keamanan data Anda.

Ada aplikasi yang memang Anda ingin kunci, dan ada juga aplikasi yang tidak ingin Anda kunci agar bisa diakses lebih cepat. Apa saja cara-cara untuk mengunci aplikasi individual di smartphone? Berikut pembahasannya.

Aplikasi Kunci Layar

Menggunakan app lock atau aplikasi pengunci adalah metode yang paling umum digunakan. Aplikasi antivirus biasanya menyertakan app lock. Selain itu ada juga aplikasi khusus app lock yang dapat ditemukan di Google Play Store. Beberapa smartphone juga memiliki built-in app lock yang dapat dimanfaatkan.

Memanfaatkan Alat yang Ada

Bagi pengguna Samsung tipe tertentu, tersedia fitur Secure Folder yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan file, foto, dan aplikasi dalam folder terpisah yang dapat dikunci dengan kode yang berbeda dari akun utama.

Pengguna Huawei dan Honor dapat memanfaatkan PrivateSpace, di mana user interface EMUI memungkinkan foto, data, dan aplikasi untuk dikunci dengan membuat akun pengguna  kedua yang dikunci dengan jari yang berbeda.

Fitur Android untuk Mengunci Aplikasi

Beberapa fitur Android yang diperkenalkan bersama Android 5.0 Lollipop berikut ini bisa digunakan untuk mengamankan aplikasi Anda:

Membuat akun Google kedua

Membuat akun Google kedua untuk orang lain di smartphone Anda akan memberi mereka akses untuk menggunakan smartphone Anda tanpa bisa mengakses aplikasi dan data yang terhubung dengan akun Google Anda.

Menyematkan aplikasi

Menyematkan aplikasi dapat dilakukan dengan mengaktifkan screen pinning di pengaturan keamanan. Saat membuka aplikasi yang disematkan, pengguna hanya bisa menggunakan aplikasi tersebut dan tak bisa meninggalkannya.

Itulah cara-cara untuk mengunci aplikasi individual di smartphone Anda. Memanfaatkan sistem pengaman smartphone Android akan memberi Anda perlindungan dalam level sistem. Aplikasi pihak ketiga untuk mengunci aplikasi juga dapat dengan mudah ditemukan di Google Play Store.

  1. AppLock

    AppLock

    Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang memerlukan privasi lebih. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengunci aplikasi dengan kode. Tampilan kunci aplikasi pun dapat dipercantik dengan berbagai tema. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis, tetapi untuk menggunakan fungsinya secara penuh, Anda harus rela melihat iklan.

  2. CM Security AppLock Antivirus

    CM Security AppLock Antivirus

    Ini adalah antivirus untuk membantu Anda menjaga ponsel agar bersih dari virus, Trojan, dan spyware, serta menghindari masalah keamanan lainnya. Secara berkala menganalisis seluruh sistem dengan kecepatan tinggi, serta memindai semua aplikasi, file, halaman web dan update baru untuk memberikan keamanan yang lebih besar.

  3. App Lock (Smart App Protector)

    App Lock (Smart App Protector)

    Lindungi privasi pengguna dengan memblokir aplikasi dengan kata sandi. Mengunci aplikasi dengan isyarat atau kata sandi numerik, memulihkan kata sandi, mengatur waktu untuk mengaktifkan dan menonaktifkan, membuat daftar jaringan Wi-Fi aman, menggunakan perlindungan data 3G, dll.

Cara Mematikan Riwayat Tautan di Instagram
Cara Mematikan Riwayat Tautan di Instagram

Instagram menyimpan riwayat tautan yang Anda buka melalui Instagram, misalnya tautan iklan. Jika Anda tidak ingin riwayat ini tercatat, Anda bisa mematikannya. Berikut adalah cara mematikan riwayat tautan di Instagram. Cara Mematikan Riwayat Tautan di Instagram Buka Instagram…

Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok
Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok

TikTok memiliki fitur postingan ulang yang memungkinkan pengguna membagikan video TikTok akun lain ke pengikutnya. Anda pernah memposting ulang sebuah video namun berubah pikiran? Ikutilah cara menghapus postingan ulang di TikTok berikut ini. Cara Menghapus Postingan Ulang di…

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp via Email
Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp via Email

Verifikasi dua langkah itu seperti membuat pagar tambahan untuk rumah Anda. Jadi, begitu Anda berhasil mendaftar di WhatsApp, langkah selanjutnya adalah memasang pagar itu untuk keamanan lebih, salah satunya dengan email. Berikut adalah cara mendapatkan kode verifikasi WhatsA…

Cara Menambahkan Kata Ganti di Instagram
Cara Menambahkan Kata Ganti di Instagram

Meskipun tidak digunakan dalam bahasa Indonesia, kata ganti seperti she/her, he/him, they, dll merupakan salah satu bagian dari identitas dalam beberapa bahasa asing. Jika Anda ingin menegaskan identitas Anda di Instagram, simaklah cara menambahkan kata ganti di Instagram ber…

Cara Menyalakan Enkripsi End-to-End di Instagram
Cara Menyalakan Enkripsi End-to-End di Instagram

Instagram, seperti banyak alat komunikasi lainnya, menerapkan enkripsi end-to-end untuk melindungi data pengguna dari ancaman privasi dan keamanan. Anda ingin pesan Instagram Anda lebih aman? Ikutilah cara menyalakan enkripsi end-to-end di Instagram berikut ini. Cara Menyalak…