Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Berjalan di Latar Belakang

image of Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Berjalan di Latar Belakang

Baterai smartphone yang cepat habis sangatlah mengganggu bagi siapapun. Kinerja smartphone yang lambat, serta kuota internet yang berkurang dengan cepat juga sering membuat pengguna frustasi. Penyebab masalah-masalah tersebut salah satunya adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang, yaitu aplikasi yang tetap berjalan dan menggunakan sumber daya walaupun tidak sedang Anda jalankan.

Aplikasi seperti itu kerap menguras baterai, memori dan kuota internet. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini? Berikut ini kami rangkum cara-cara menghentikan aplikasi Android yang berjalan di latar belakang.

Perbarui Perangkat Anda

Jika memungkinkan, perbarui sistem operasi Android Anda ke sistem operasi Android 8.0 Oreo, yang memiliki fitur baru Batas Eksekusi Latar, yakni fitur yang mencegah layanan latar belakang untuk berjalan secara bebas. Hal ini akan membantu Anda menghemat sumber daya. Untuk merasakan manfaat fitur ini, perbarui perangkat Anda ke Android 8.0 atau 8.1 Oreo, kemudian perbarui aplikasi-aplikasi Anda.

Cari Sumber Masalahnya

Baterai

Untuk mencari tahu penguras baterai, pergilah ke Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai. Anda akan melihat daftar dan rincian aplikasi yang mengurangi baterai smartphone. Periksalah aplikasi yang menggunakan banyak persentase baterai. Tetapi jangan khawatir tentang aplikasi atau layanan Google yang hanya merupakan bagian wajar dari penggunaan Google dan sistem operasi Android.

RAM

IMG_20180613_060650.jpg

Anda bisa memeriksa penggunaan RAM dengan Opsi Pengembang. Caranya, bukalah Pengaturan > Sistem > Tentang Ponsel. Kemudian temukan Nomor Bentukan dan ketuk 7 kali untuk mengaktifkan Opsi Pengembang. Lalu pergilah ke Pengaturan > Sistem > Opsi Pengembang > Proses/Layanan yang Sedang Berjalan. Di sini Anda bisa melihat layanan yang sedang berjalan dan RAM yang digunakan. Beberapa layanan ini diperlukan untuk menjalankan ponsel Anda, jadi Anda cukup mencari aplikasi yang Anda unduh sendiri.

Hentikan atau Copot Aplikasinya

Setelah Anda menemukan aplikasi yang menguras sumber daya, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Hentikan Aplikasi di Opsi Pengembang

IMG_20180613_060638.jpg

Pergilah ke Opsi Pengembang > Layanan yang Sedang Berjalan. Ketuk aplikasi yang ingin dihentikan, lalu ketuk Berhenti. Ingatlah untuk hanya menghentikan aplikasi yang Anda unduh sendiri. Menghentikan layanan esensial akan mengakibatkan smartphone Anda hang.

Paksa Berhenti atau Copot Pemasangan

Untuk memaksa berhenti atau mencopot aplikasi, pergilah ke Manajer Aplikasi, lalu ketuk aplikasi tersebut, dan pilih Paksa Berhenti atau Copot Pemasangan.

Batasi Aplikasi Bermasalah

Apabila Anda tetap ingin menggunakan aplikasi yang menguras sumber daya, Anda bisa membatasi penggunaannya. Beberapa smartphone memberikan fitur penghemat daya. Apabila smartphone Anda tidak menyediakan fitur tersebut, Anda bisa memasang aplikasi dengan fungsi serupa. Salah satunya adalah Greenify, yang bisa mengontrol aplikasi dan memungkinkan aplikasi untuk berhibernasi. Namun perlu dicatat aplikasi penghemat daya terkadang juga dapat menguras sumber daya.

Sekian cara-cara menghentikan aplikasi Android yang berjalan di latar belakang dari AndroidOut. Seiring perkembangan, Android terus diperbarui dengan sistem dan fitur baru untuk membatasi penggunaan sumber daya. Selagi menunggu inovasi yang membuat smartphone Anda lebih efisien, ada baiknya Anda memeriksa dan mengontrol penggunaan aplikasi dan layanan di smartphone Anda.

  1. Greenify

    Greenify

    Gunakan Greenify untuk menghibernasikan aplikasi agar tidak menguras baterai dan memori perangkat Anda. Membuat perangkat Anda lebih cepat dan efisien dengan mengontrol aplikasi dan megkonfigurasi pemberitahuan. Aplikasi ini bekerja dengan baik bahkan di perangkat tanpa root.

Cara Menambahkan Bot Telegram di Android
Cara Menambahkan Bot Telegram di Android

Bot Telegram adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat menjalankan fungsi tertentu, mengikuti perintah, atau berinteraksi dengan pengguna di Telegram. Ingin tahu cara menggunakannya? Berikut adalah cara menambahkan bot Telegram di Android. Cara Menambahkan Bot Telegram di Andro…

Cara Menghentikan Orang Menyebut Anda di Instagram
Cara Menghentikan Orang Menyebut Anda di Instagram

Pernahkah Anda membuka Instagram dan menemukan bahwa seseorang yang tidak Anda kenal menyebut Anda dalam sebuah komentar? Terkadang hal ini merupakan kesalahan, namun sering juga merupakan hal yang disengaja oleh akun spam. Jika Anda merasa risih dan ingin menghentikannya, An…

Cara Memperbaiki Error “Menunggu Pesan Ini” di WhatsApp
Cara Memperbaiki Error “Menunggu Pesan Ini” di WhatsApp

Pernahkah Anda mendapatkan pesan “Menunggu pesan ini. Ini mungkin membutuhkan waktu beberapa saat.” di WhatsApp? Kesalahan ini membuat Anda tidak bisa segera melihat pesan yang dikirimkan oleh kontak Anda. Ingin tahu cara mengatasinya? Simak cara memperbaiki error…

Cara Mengubah Usia Anda di TikTok Tanpa Menghapus Akun
Cara Mengubah Usia Anda di TikTok Tanpa Menghapus Akun

Anda memasukkan tanggal lahir yang salah saat mendaftar di TikTok dan sekarang Anda ingin menggantinya? Ikuti saja cara mengubah usia Anda di TikTok tanpa menghapus akun berikut ini. Apakah Bisa Mengubah Usia di TikTok? Sebelumnya, pengguna bisa mengubah usia mereka di TikTok…

Cara Mengetahui Apakah Seseorang Memblokir Anda di Telegram
Cara Mengetahui Apakah Seseorang Memblokir Anda di Telegram

Anda curiga bahwa salah satu kontak Anda telah memblokir Anda di Telegram? Ingin mendapatkan kejelasan apakah benar orang tersebut memblokir Anda? Kalau begitu, ikuti saja cara mengetahui apakah seseorang memblokir Anda di Telegram berikut ini. Tidak ada status “terakhir dili…