Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Hospot WiFi

Image 2 Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Hospot WiFi

Ada baiknya Anda mempelajari cara untuk menggunakan smartphone Anda sebagai hotspot Wi-Fi. Walaupun saat ini sudah banyak tempat publik yang menyediakan Wi-Fi gratis, namun tidak jarang koneksi Wi-Fi lambat karena digunakan bersama-sama oleh banyak orang. Oleh karena itu, menggunakan smartphone sebagai hotspot Wi-Fi akan memudahkan Anda ketika bekerja di luar.

Selain itu, dengan menggunakan smartphone sebagai hotspot Wi-Fi, Anda juga bisa berbagi koneksi internet dengan teman yang membutuhkan. Hal ini bermanfaat terutama ketika bepergian ke luar negeri, di mana Anda bisa memanfaatkan hotspot ponsel Anda bersama-sama sehingga Anda hanya perlu membayar tarif roaming untuk satu ponsel. Untuk mempelajarinya, silakan simak penjelasan cara menggunakan ponsel Android sebagai hotspot Wi-Fi berikut ini.

  • Buka Setelan, lalu ketuk Pengaturan nirkabel lainnya.

Image 3 Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Hospot WiFi

  • Pilih Menambatkan & hotspot portabel.

Image 4 Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Hospot WiFi

  • Aktifkan hotspot dengan mengetuk toggle di bagian Hotspot Wi-Fi portabel.

Image 5 Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Hospot WiFi

  • Untuk penggunaan pertama kalinya, Anda perlu menyiapkan hotspot Wi-Fi Anda terlebih dahulu. Silakan atur nama jaringan dan kata sandi sesuai keinginan Anda.

Image 6 Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Hospot WiFi

  • Tergantung perangkat yang Anda gunakan, Anda mungkin bisa mengatur agar hotspot Wi-Fi dimatikan otomatis setelah tidak digunakan selama beberapa saat. Selain itu, beberapa perangkat memungkinkan Anda untuk memblokir akses oleh pengguna atau perangkat tertentu.
  • Untuk menggunakan hotspot Wi-Fi tersebut, Anda cukup menyalakan Wi-Fi di perangkat penerima, menghubungkan dengan hotspot, lalu memasukkan kata sandi apabila diminta.

Begitulah cara untuk menggunakan ponsel Android sebagai hotspot Wi-Fi. Perlu diingat bahwa menggunakan smartphone Anda sebagai hotspot Wi-Fi dapat menguras baterai lebih cepat. Selain itu, karena digunakan bersama-sama, data seluler Anda juga akan lebih banyak digunakan.

  1. Portable Wi-Fi hotspot

    Portable Wi-Fi hotspot

    Aktifkan hotspot Wi-Fi portabel di smartphone Anda, dan bagikan akses internet dengan perangkat lainnya ke manapun Anda pergi. Anda bisa mengubah nama hotspot dan amankan jaringan hotspot Wi-Fi Anda.

  2. WiFi Tethering /WiFi HotSpot

    WiFi Tethering /WiFi HotSpot

    Tetap terhubung saat bepergian dengan mengatifkan hotspot Wi-Fi portabel atau penambatan Wi-Fi. Selain itu, gunakan aplikasi ini untuk mengaktifkan Bluetooth dengan cepat.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…