Hari Televisi Sedunia: Menghubungkan Smartphone Android Anda ke TV

Image 1 Hari Televisi Sedunia: Menghubungkan Smartphone Android Anda ke TV

Hari televisi sedunia jatuh pada hari ini, tanggal 21 November 2018. Sejak penemuannya, televisi telah berperan besar dalam memberikan hiburan bagi masyarakat, dan kini televisi semakin berkembang dengan fitur-fitur baru yang bermanfaat. Salah satunya yakni kemampuan untuk dihubungkan ke smartphone. Berikut adalah cara menghubungkan smartphone Android ke TV.

Hubungkan Smartphone ke Smart TV Melalui Wi-Fi

Beberapa merk TV seperti Samsung, Sony, Philips, dll menyediakan fitur untuk langsung menghubungkan smartphone dengan TV dalam satu jaringan Wi-Fi untuk streaming. Merk seperti Samsung dan Sony juga memungkinkan Anda untuk menampilkan layar smartphone Anda di TV melalui jaringan nirkabel. Aplikasi YouTube juga memberikan opsi untuk menghubungkan smartphone ke TV dengan jaringan Wi-Fi yang sama.

Gunakan Aplikasi Android

Aplikasi Android seperti iMediaShare memungkinkan Anda untuk mengirim foto, video, dan musik dari smartphone  ke smart TV. Anda bisa memilih tipe berkas yang ingin dikirimkan, dan bisa juga memilih video untuk diputar berturut-turut.

Gunakan Google Chromecast

Dengan Google Chromecast, Anda bisa menghubungkan smartphone ke smart TV. Untuk melakukannya, Anda harus memilki Google Chromecast yang dapat dibeli di toko online. Kemudian Anda harus mengunduh aplikasi Google Home dan menjalankannya. Lalu colokkan Google Chromecast ke TV. Di Google Home, ketuk Cast Layar/Audio, ketuk tombol biru, kemudian pilih TV/ perangkat yang ingin dihubungkan.

Menggunakan Koneksi Kabel

Terkadang dalam menghubungkan smartphone ke TV melalui jaringan nirkabel, Anda bisa mengalami masalah seperti koneksi yang tidak lancar, macet, dsb. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan koneksi kabel. Kabel yang bisa digunakan adalah kabel MHL (Mobile High-Definition Link) yang bisa Anda temukan di toko aksesoris handphone. Kabel MHL 3.0 bahkan memungkinkan transmisi konten resolusi 4K dari smartphone ke TV ultra-HD.

Alternatif MHL

Sayangnya, Google dan produsen smartphone lainnya tidak mendukung penggunaan MHL. Namun smartphone keluaran lama umumnya masih mendukung SlimPort, yaitu alternatif MHL yang bisa menghubungkan smartphone ke TV. Perangkat yang mendukung SlimPort sudah semakin sedikit, meski produsen seperti LG dan HTC masih mendukungnya. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda mengecek kompatibilitas smartphone Anda sebelum menggunakan kabel MHL atau SlimPort.

Alternatif Lainnya

Cara termudah untuk menghubungkan smartphone ke TV adalah dengan kabel USB. Dengan begitu, Anda bisa melihat foto, video, dan musik yang tersimpan di memori smartphone melalui TV, tanpa perlu menggunakan koneksi nirkabel maupun kabel MHL. Namun Anda hanya bisa mengakses berkas yang memang sudah tersimpan di smartphone Anda.

  1. iMediaShare – Photos & Music

    iMediaShare – Photos & Music

    Lihat dan putar foto, musik, serta video di smartphone Anda melalui TV. Anda juga bisa mengakses Facebook melalui TV dengan aplikasi ini. Anda tidak perlu lagi menunjukkan foto atau video ke orang-orang satu persatu. Cukup hubungkan smartphone Anda dengan TV melalui aplikasi ini. Mendukung TV Samsung, Apple, Sony, Panasonic, LG, Philips, dan bahkan XBox.

  2. Cast to TV - cast videos to tv

    Cast to TV – cast videos to tv

    Nikmati konten seperti foto, audio, dan video dari smartphone Anda di layar TV yang luas. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mentransmisikan konten dari smartphone ke TV. Terdapat pilihan shuffle, loop, pause, dan fast forward untuk pemutaran media video. Aplikasi ini mendukung Smart TV, Chromecast, XBox, dan perangkat DLNA lainnya.

  3. Google Home

    Google Home

    Kelola dan kontrol berbagai perangkat pintar di rumah Anda melalui smartphone dengan aplikasi Google Home. Aplikasi ini bekerja seperti remote untuk perangkat seperti lampu, kamera, TV, dan 5000 perangkat pintar lainnya dari 400 merk populer, termasuk Chromecast. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mengontrol perangkat di rumah hanya dengan satu aplikasi.

Cara Menambahkan Bot Telegram di Android
Cara Menambahkan Bot Telegram di Android

Bot Telegram adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat menjalankan fungsi tertentu, mengikuti perintah, atau berinteraksi dengan pengguna di Telegram. Ingin tahu cara menggunakannya? Berikut adalah cara menambahkan bot Telegram di Android. Cara Menambahkan Bot Telegram di Andro…

Cara Menghentikan Orang Menyebut Anda di Instagram
Cara Menghentikan Orang Menyebut Anda di Instagram

Pernahkah Anda membuka Instagram dan menemukan bahwa seseorang yang tidak Anda kenal menyebut Anda dalam sebuah komentar? Terkadang hal ini merupakan kesalahan, namun sering juga merupakan hal yang disengaja oleh akun spam. Jika Anda merasa risih dan ingin menghentikannya, An…

Cara Memperbaiki Error “Menunggu Pesan Ini” di WhatsApp
Cara Memperbaiki Error “Menunggu Pesan Ini” di WhatsApp

Pernahkah Anda mendapatkan pesan “Menunggu pesan ini. Ini mungkin membutuhkan waktu beberapa saat.” di WhatsApp? Kesalahan ini membuat Anda tidak bisa segera melihat pesan yang dikirimkan oleh kontak Anda. Ingin tahu cara mengatasinya? Simak cara memperbaiki error…

Cara Mengubah Usia Anda di TikTok Tanpa Menghapus Akun
Cara Mengubah Usia Anda di TikTok Tanpa Menghapus Akun

Anda memasukkan tanggal lahir yang salah saat mendaftar di TikTok dan sekarang Anda ingin menggantinya? Ikuti saja cara mengubah usia Anda di TikTok tanpa menghapus akun berikut ini. Apakah Bisa Mengubah Usia di TikTok? Sebelumnya, pengguna bisa mengubah usia mereka di TikTok…

Cara Mengetahui Apakah Seseorang Memblokir Anda di Telegram
Cara Mengetahui Apakah Seseorang Memblokir Anda di Telegram

Anda curiga bahwa salah satu kontak Anda telah memblokir Anda di Telegram? Ingin mendapatkan kejelasan apakah benar orang tersebut memblokir Anda? Kalau begitu, ikuti saja cara mengetahui apakah seseorang memblokir Anda di Telegram berikut ini. Tidak ada status “terakhir dili…