Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Image 14 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Keamanan data di internet menjadi salah satu isu yang banyak menarik perhatian belakangan ini. Jika Anda ingin mengamankan akun Anda dari peretas dan kejahatan siber lainnya, Anda perlu tahu mengenai Autentikasi Dua Faktor atau yang dikenal juga dengan Verifikasi Dua Langkah. Apa itu, dan bagaimana cara menggunakannya? AndroidOut akan membahasnya kali ini.

Apa Itu Autentikasi Dua Faktor

Menurut analis keamanan Neil J. Rubenking, “terdapat tiga faktor autentikasi yang umum dikenal: sesuatu yang Anda tahu (contohnya kata sandi), sesuatu yang Anda miliki (contohnya ponsel dan token perangkat keras), dan sesuatu yang ada di Anda (contohnya sidik jari). Autentikasi Dua Faktor berarti sebuah sistem yang menggunakan dua dari faktor-faktor tersebut.

Dalam kebanyakan kasus, Autentikasi Dua Faktor yang digunakan adalah kata sandi dan kode unik yang dikirimkan ke ponsel Anda. Autentikasi Dua Faktor cukup penting dalam menjaga keamanan akun Anda, karena teknologi peretasan sudah semakin canggih dan Anda tidak bisa percaya sepenuhnya terhadap kata sandi untuk melindungi akun dari peretas.

Namun perlu diingat, dalam kasus tertentu, mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor di suatu situs atau aplikasi dapat menghalangi akses di dalam layanan. Misalnya, apabila Anda mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor untuk akun Microsoft dan kemudian ingin menggunakan XBox Live, di mana tidak ada pilihan untuk menerima kode kedua.

Cara menggunakan Autentikasi Dua Faktor di beberapa aplikasi adalah sebagai berikut:

Google

Verifikasi Dua Langkah Google dapat diaktifkan dengan menuju Setelan> Google> Akun Google> Keamanan> Verifikasi Dua Langkah.

Image 24 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Anda akan diarahkan ke halaman untuk menyiapkan Verifikasi Dua Langkah. Ketuk Mulai.

Image 25 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Ikuti langkah-langkah yang diperintahkan, dan konfirmasi bahwa memang Anda yang sedang mencoba untuk masuk. Setelah memasukkan semua informasi yang diminta, ketuk Aktifkan.

Image 1 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya
Setelah Verifikasi Dua Langkah Google diaktifkan, ketika Anda masuk ke akun Google dengan kata sandi, terdapat berbagai metode untuk melakukan verifikasi kedua. Pertama adalah Google Prompt, di mana akan muncul jendela di ponsel Anda yang menanyakan apakah benar Anda yang masuk, dan Anda hanya perlu mengetuk Ya.

Image 27 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Jika Google Prompt tidak bekerja, Anda harus memasukkan kode yang dikirimkan melalui SMS, telepon, atau aplikasi autentikator.

Aplikasi Google Authenticator memungkinkan Anda untuk menerima kode walau tanpa koneksi internet. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa Anda sudah mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah.
  • Di bawah Verifikasi Dua Langkah, terdapat pilihan alternatif. Ketuk Siapkan di bawah Aplikasi Authenticator.

Image 2 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

  • Ikuti langkah selanjutnya. Anda bisa memilih menggunakan kode batang (QR) atau menggunakan kata sandi apabila tidak bisa memindai kode batang.
  • Unduh dan pasang Google Authenticator.
  • Buka aplikasi dan ketuk Mulai.

Image 20 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

  • Tambahkan akun. Anda bisa menambahkannya dengan memindai kode batang yang muncul di langkah 3 atau memasukkan alamat email Anda beserta kata sandi yang diberikan di langkah 3.

Image 21 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

  • Google Authenticator akan membuat kode unik yang berubah setiap saat dan tidak perlu Anda ingat. Anda bisa menggunakan kode ini untuk Verifikasi Dua Langkah walaupun sedang offline.

Image 22 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Facebook

Aktifkan Autentikasi Dua Faktor dengan menuju Pengaturan> Keamanan dan Login> Autentikasi Dua Faktor> Mulai> Pilih metode yang diinginkan, lalu ikuti langkah yang diperintahkan selanjutnya. Terdapat pilihan untuk menggunakan nomor telepon atau aplikasi autentikator.

Image 4 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara MenggunakannyaImage 5 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara MenggunakannyaImage 6 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara MenggunakannyaImage 7 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Instagram

Sama dengan Facebook, Instagram juga menyediakan pilihan SMS atau aplikasi autentikator untuk Autentikasi Dua Faktor. Untuk menyiapkannya, silakan menuju Pengaturan> Autentikasi Dua-Faktor> Mulai> Ketuk toggle di pilihan Anda> Ikuti langkah selanjutnya. Jika Anda memilih aplikasi autentikator, Anda harus mengunduh salah satu aplikasi autentikator.

Image 8 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara MenggunakannyaImage 9 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara MenggunakannyaImage 10 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

WhatsApp

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp dengan menuju Setelan> Akun> Verifikasi Dua Langkah> Aktifkan> Buat PIN dan konfirmasi> Masukkan alamat email dan konfirmasi> Selesai. Alamat email diperlukan agar Anda bisa mengubah PIN apabila Anda lupa.

Image 12 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara MenggunakannyaImage 13 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Twitter

Untuk mengaktifkan Verifikasi Login di Twitter, silakan menuju Pengaturan dan privasi> Akun> Keamanan> Verifikasi Login> Ketuk tanda kotak> Mulai> Ikuti langkah selanjutnya. Anda akan dimintai verifikasi kata sandi dan nomor telepon. Setelah itu, Verifikasi Login akan diaktifkan dan Anda akan menerima SMS kode setiap kali Anda login. Anda juga bisa memilih untuk menampilkan kode cadangan, yang bisa digunakan sebagai pengganti apabila Anda tidak bisa mengakses SMS.

Image 15 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara MenggunakannyaImage 16 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara MenggunakannyaImage 17 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara MenggunakannyaImage 18 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara MenggunakannyaImage 19 Autentikasi Dua Faktor: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Sekian mengenai apa itu Autentikasi Dua Faktor dan cara untuk mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor di berbagai situs dan aplikasi.

Beberapa bagian dari artikel ini dikutip dari PCMag.

  1. Google Authenticator

    Google Authenticator

    Dapatkan kode Verifikasi Dua langkah untuk mengamankan akun Google Anda. Aplikasi ini dapat menampilkan kode tanpa koneksi internet, dan kode berubah setiap beberapa saat sehingga Anda tidak perlu mengingatnya. Bisa disiapkan dengan mudah dengan kode QR.

  2. Authy 2-Factor Authentication

    Authy 2-Factor Authentication

    Aplikasi generator token untuk Autentikasi Dua Faktor. Membantu mengamankan akun Anda dengan Autentikasi Dua Faktor ketika masuk ke akun di internet. Authy tetap dapat digunakan dalam keadaan offline, dan mendukung berbagai aplikasi seperti Facebook, Gmail, dan lain-lain.

Cara Menyembunyikan Akun TikTok di Android
Cara Menyembunyikan Akun TikTok di Android

Di era digital yang semakin maju, aplikasi media sosial seperti TikTok menjadi platform populer bagi banyak orang untuk berbagi kreativitas dan hiburan. Namun, ada kalanya kita merasa perlu untuk menjaga privasi lebih ketat dan ingin menyembunyikan akun dari pandangan publik …

Cara Menjadi Verified di TikTok
Cara Menjadi Verified di TikTok

TikTok telah menjadi platform media sosial yang sangat populer di seluruh dunia, dan mendapatkan tanda centang biru atau verifikasi di TikTok menjadi cara penting untuk membangun kredibilitas dan mendapatkan pengakuan. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah ten…

Cara Mengunci dan Menyembunyikan Chat Individu di WhatsApp
Cara Mengunci dan Menyembunyikan Chat Individu di WhatsApp

Anda tidak ingin chat WhatsApp Anda dilihat orang lain? Salah satu cara mencegah hal ini adalah dengan fitur kunci chat baru dari WhatsApp. Berikut adalah cara mengunci dan menyembunyikan chat individu di WhatsApp. Cara Mengunci dan Menyembunyikan Chat Individu di WhatsApp Bu…

Cara Mengembalikan Riwayat Panggilan WhatsApp yang Terhapus
Cara Mengembalikan Riwayat Panggilan WhatsApp yang Terhapus

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan orang setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan kolega. Namun, ada kalanya pengguna secara tidak sengaja menghapus riwayat panggilan mereka, yang dapat menim…

Cara Batal Senyapkan Postingan dan Cerita di Instagram
Cara Batal Senyapkan Postingan dan Cerita di Instagram

Menghadapi banyaknya konten di Instagram bisa membuat kita merasa kewalahan, terutama jika ada postingan atau cerita dari pengguna tertentu yang tidak ingin kita lihat sementara waktu. Namun, ada kalanya kita ingin kembali melihat pembaruan dari mereka. Artikel ini akan menje…