Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp

Image 14 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang ramai digunakan karena fiturnya yang lengkap. Secara standar, WhatsApp membagikan berbagai informasi aktivitas Anda dengan kontak atau lawan bicara di chat, seperti status online Anda, waktu Anda terakhir online, dan sebagainya. Jika Anda merasa terganggu dengan diperlihatkannya informasi-informasi tersebut, Anda bisa melakukan beberapa trik berikut ini agar keamanan dan privasi Anda di WhatsApp lebih terjamin.

Mematikan Terakhir Dilihat

Untuk menghilangkan Terakhir Dilihat, yang menampilkan waktu Anda terakhir online di WhatsApp, silakan menuju Setelan> Akun> Privasi> Terakhir Dilihat, lalu ketuk Tidak ada.

image of Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp image of Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp image of Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

Menonaktifkan Laporan Dibaca

Nonaktifkan laporan bahwa Anda telah membaca pesan orang lain dengan menuju Setelan> Akun> Privasi> Geser ke bawah, lalu ketuk tanda centang di samping Laporan dibaca.

image of Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp

Untuk menyembunyikan foto profil Anda agar tidak bisa dilihat orang lain, buka Setelan> Akun> Privasi> Foto profil, lalu ketuk Tidak ada.

Image 1 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp Image 2 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp

Menyembunyikan Status dari Kontak

Secara standar, status yang Anda buat dapat dilihat oleh semua kontak Anda. Anda bisa mengatur agar status WhatsApp Anda hanya bisa dilihat oleh kontak tertentu, atau disembunyikan dari kontak tertentu. Caranya, buka Setelan> Akun> Privasi> Status.

Image 3 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp

Kemudian, jika Anda ingin menyembunyikan status dari kontak tertentu, ketuk Kontak saya kecuali… dan pilih kontak. Jika Anda ingin menampilkan status hanya pada kontak tertentu saja, ketuk Hanya bagikan dengan… lalu pilih kontak.

Image 4 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp

Menyembunyikan Info

Info berisi teks singkat yang ditampilkan bersama profil Anda. Jika Anda ingin menyembunyikannya, buka Setelan> Akun> Privasi> Info. Kemudian, pilih Tidak ada.

Image 5 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsAppImage 6 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp

Mengecek Apakah Anda Membagikan Lokasi Anda

WhatsApp juga bisa digunakan untuk membagikan lokasi terkini Anda. Jika Anda pernah membagikan lokasi terkini dan Anda ingin memastikan bahwa lokasi Anda tidak terlacak lagi, buka Setelan> Akun> Privasi> Lokasi terkini.

Image 7 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp

Anda akan melihat info apakah lokasi terkini Anda sedang dibagikan atau tidak.

Image 8 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp

Menggunakan Mode Pesawat dengan WhatsApp

Selain untuk digunakan di dalam pesawat, mode pesawat juga dapat dimanfaatkan untuk hal lain seperti menghindari iklan di game, serta membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui pengirim. Caranya, geser bagian atas layar smartphone ke bawah untuk menampilkan Setelan Cepat. Ketuk Mode pesawat untuk mengaktifkannya.

Image 9 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp

Setelah itu, jika Anda membaca pesan WhatsApp, laporan dibaca tidak akan muncul karena dibaca ketika Anda sedang offline. Tentunya Anda juga tidak akan bisa menerima pesan baru dalam keadaan offline.

Memanfaatkan Notifikasi Popup

Notifikasi popup juga dapat dimanfaatkan untuk membaca pesan yang masuk tanpa memicu laporan dibaca. Masing-masing pesan akan muncul dalam jendela kecil, dan Anda bisa menggeser untuk membaca pesan berikutnya. Membaca pesan melalui notifikasi popup tidak akan memicu laporan dibaca. Cara mengaktifkannya: buka Setelan> Notifikasi> Notifikasi popup. Lalu ketuk Selalu tampilkan popup.

Image 10 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp Image 11 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp Image 12 Meningkatkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan keamanan dan privasi Anda di WhatsApp.

  1. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting,melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional tanpa biaya tambahan. Anda juga bisa melakukan panggilan video maupun audio gratis.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…