Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Terhapus di Android

Image 7 Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Terhapus di Android

Anda tanpa sengaja menghapus pesan penting di WhatsApp? Jangan khawatir, karena masih ada cara untuk memulihkannya. Artikel ini akan membahas mengenai cara memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus di Android. Selain itu, kami juga akan memberikan tips pencadangan WhatsApp agar pesan Anda tidak terhapus.

Cara Kerja Pencadangan Chat WhatsApp

Pesan WhatsApp dapat dicadangkan otomatis dengan frekuensi: harian, mingguan, bulanan, atau tidak sama sekali. Penting untuk diingat bahwa WhatsApp hanya akan menyimpan beberapa berkas cadangan terbaru di ponsel Android. Dengan mengaktifkan pencadangan otomatis harian, Anda bisa dengan mudah memulihkan pesan apabila terhapus. Begitu juga halnya dengan pencadangan otomatis mingguan, Anda bisa memulihkan pesan dari minggu sebelumnya walaupun Anda bisa kehilangan pesan-pesan terbaru.

Memulihkan Pesan WhatsApp

Memulihkan Pesan yang Diarsipkan
Jika pesan Anda diarsipkan sebelumnya, Anda bisa memulihkannya dari arsip. Caranya:

  • Ketuk Arsip chat di bawah semua chat.

Image 1 Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Terhapus di Android

  • Ketuk dan tahan pesan yang ingin dipulihkan.
  • Ketuk ikon Keluarkan dari arsip.

Image 2 Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Terhapus di Android

Memulihkan Pesan yang Terhapus

Uninstal dan instal ulang WhatsApp. Anda akan ditanyai apakah ingin memulihkan pesan dari berkas cadangan. Ketuk Pulihkan, dan pesan-pesan dari pencadangan sebelumnya akan dipulihkan.

Memulihkan Pesan Lama yang Terhapus

Untuk pesan yang lebih lama, memulihkan pesan dari cadangan perlu usaha ekstra. Caranya:

  • Buka penjelajah berkas di smartphone Anda.
  • Di penyimpanan internal, buka WhatsApp > Databases.
  • Ubah nama msgstore.db.crytp12 menjadi msgstore-latest.db.crytp12.
  • Ubah nama msgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crytp12. Dengan begini, Anda bisa memulihkan pesan yang ada pada masa di antara kedua berkas tersebut.
  • Jika pencadangan melalui Google Drive diaktifkan, buka Google Drive, ketuk Cadangan, dan hapus berkas cadangan WhatsApp.

Image 3 Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Terhapus di Android Image 4 Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Terhapus di Android Image 5 Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Terhapus di Android

  • Uninstal dan instal ulang WhatsApp.
  • Ketika ditanyai apakah ingin memulihkan pesan, ketuk Pulihkan.

Memulihkan Media

Ketika Anda menghapus pesan di WhatsApp, media dari pesan tersebut tidak langsung hilang. Untuk memulihkan media, cukup buka folder WhatsApp>Media, dan temukan media yang ingin Anda pulihkan. Anda bisa menyalin media tersebut ke folder lain.

Strategi Pencadangan WhatsApp

Karena berkas cadangan dapat diakses secara mudah, Anda bisa memanfaatkannya untuk pencadangan yang lebih lengkap.

WhatsApp hanya menyimpan beberapa berkas cadangan yang terbaru. Apabila berkas cadangan baru dibuat, berkas yang lama akan dihapus. Jika Anda ingin tetap menyimpan berkas lama, cukup ubah nama berkas, misalnya msgstore-2019-02-19.1.db.crypt12 menjadi feb19.db.crypt12. Berkas ini tidak akan terhapus walau WhatsApp membuat cadangan baru.

Begitulah cara untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus di smartphone Android.

  1. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting,melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional tanpa biaya tambahan. Anda juga bisa melakukan panggilan video maupun audio gratis.

  2. Google Drive

    Google Drive

    Aplikasi penyimpanan awan di mana Anda bisa menyimpan dan berbagi berkas apapun dengan mudah. Aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya seperti Google Docs dan Google Sheet, sehingga Anda bisa dengan mudah mengelola dokumen Anda dalam satu tempat.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…