Cara Memulihkan Notifikasi yang Terhapus di Android

Image 1 Cara Memulihkan Notifikasi yang Terhapus di Android

Terlanjur menghapus notifikasi yang muncul tanpa membacanya? Tenang saja, masih ada beberapa cara yang memungkinkan Anda untuk memulihkan notifikasi yang terhapus. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak tutorial cara memulihkan notifikasi yang terhapus di Android berikut ini.

1. Akses Riwayat Notifikasi

Log Pemberitahuan merupakan fitur Android yang telah disediakan sejak Android 4.3 (Jelly Bean), dan masih dapat diakses di versi Android yang lebih tinggi. Log Pemberitahuan menampilkan semua riwayat notifikasi Anda. Untuk mengaksesnya, Anda perlu mengaktifkan Opsi Developer terlebih dahulu. Caranya: buka Setelan> Tentang Ponsel> Ketuk Nomor model sebanyak 7 kali.
Cara mengakses Log Pemberitahuan:

  • Ketuk dan tahan di bagian kosong layar awal smartphone Anda.
  • Di pilihan yang muncul, ketuk Widget.
  • Temukan widget Pengaturan Pintasan.
  • Ketuk dan tahan widget tersebut, lalu tarik widget ke layar awal.
  • Buka Pengaturan Pintasan. Di menu yang muncul, ketuk Log Pemberitahuan.
  • Sebuah pintasan Log Pemberitahuan akan muncul di layar awal Anda. Anda cukup mengetuknya untuk melihat riwayat notifikasi yang terhapus sekalipun.

2. Gunakan Aplikasi Log Pemberitahuan

Tidak semua smartphone menyediakan fitur Log Pemberitahuan. Jika smartphone Anda tidak menyediakannya, alternatif yang bisa Anda coba adalah menggunakan aplikasi yang menyediakan Log Pemberitahuan. Anda bisa menemukan aplikasi-aplikasi tersebut lengkap dengan tautan unduhannya di bawah ini. Untuk contoh ini, kami menggunakan Nova Launcher.

  • Ketuk dan tahan area kosong di layar awal.
  • Ketuk Widget.

Image 5 Cara Memulihkan Notifikasi yang Terhapus di Android

  • Ketuk dan tahan Aktifitas, lalu tarik ke layar awal dan lepaskan.

Image 2 Cara Memulihkan Notifikasi yang Terhapus di Android

  • Di menu Aktifitas yang muncul, temukan dan ketuk Setelan.

Image 3 Cara Memulihkan Notifikasi yang Terhapus di Android

  • Geser ke bawah hingga Anda menemukan Log Pemberitahuan. Riwayat pemberitahuan dapat dilihat di sana.

Image 4 Cara Memulihkan Notifikasi yang Terhapus di Android

Dengan kedua cara ini, Anda dapat memulihkan pemberitahuan yang terlanjur terhapus dari pusat pemberitahuan.

  1. Nova Launcher

    Nova Launcher

    Aplikasi peluncur yang memungkinkan Anda untuk mengkostumisasi tampilan smartphone sesuka hati, mulai dari mengubah ikon, warna, hingga susunan tampilan. Nova Launcher juga menyediakan fitur pencadangan dan pemulihan untuk menyimpan setelan tampilan yang telah Anda buat.

  2. Notification History Log

    Notification History Log

    Aplikasi yang  menampilkan riwayat pemberitahuan yang masuk ke smartphone Anda. Jika Anda terlanjur menghapus pemberitahuan yang ingin Anda lihat, Anda bisa melihatnya dengan aplikasi ini. Kelola pemberitahuan Anda kapan saja. Bekerja pada smartphone dengan Android KitKat dan lebih baru.

Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air
Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air

Dalam era media sosial yang kaya akan konten video pendek, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer. Namun, jika mengunduh video dari TikTok, Anda pasti menemukan tanda air yang mengganggu. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air, ya…

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…