Pulihkan Data dari Ponsel Android Anda yang Rusak: Begini Caranya

Image 1 Pulihkan Data dari Ponsel Android Anda yang Rusak: Begini Caranya

Smartphone Anda rusak, dan Anda ingin menyelamatkan data di dalamnya? Kami akan membagikan beberapa tips untuk memulihkan data dari ponsel Android yang rusak.

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Ponsel Anda dapat rusak kapan saja, entah karena terjatuh, terkena air, atau karena masalah tak terduga lainnya. Oleh karena itu, sebelum ponsel Anda rusak dan Anda kesulitan memulihkan data, sebaiknya lakukan pencadangan secara berkala untuk melindungi data-data Anda.

Cara Memulihkan Data dari Android dengan PC

Memulihkan data dapat dilakukan dengan bantuan PC. Pertama-tama, pastikan bahwa Debugging USB diaktifkan agar ponsel bisa terdeteksi oleh PC. Caranya: Buka SetelanTentang PonselKetuk nomor model sebanyak 7 kali. Akan muncul Opsi Pengembang di Setelan. Buka SetelanPengaturan sistem lainnyaOpsi Pengembang> Ketuk toggle Debugging USB.

Memulihkan foto dan musik dapat dilakukan dengan menghubungkan ponsel ke PC, mengaktifkan Debugging USB, lalu menyalin berkas di ponsel melalui PC.

Mode Debugging USB Tidak Aktif atau PC Tidak Mengenali Ponsel Anda

Masalah yang sering dialami adalah layar ponsel tidak bisa digunakan, mode USB tidak aktif, atau komputer tidak mengenali ponsel.

Bagi pengguna Samsung, Anda bisa menggunakan fitur Find My Mobile yang juga dapat digunakan untuk membuka kunci layar. Dengan membuka kunci layar, komputer akan mengenali ponsel Anda.
Jika cara tersebut tidak bekerja atau Anda menggunakan merk smartphone lain, Anda bisa masuk ke mode Recovery dan menggunakan Fastboot.

Cara Memulihkan Data jika Layar Rusak tetapi Tampilan Masih Terlihat

Jika layar sentuh ponsel Anda rusak tetapi tampilan masih terlihat, Anda bisa menggunakan kabel OTG dan mouse untuk membuka kunci layar. Kabel OTG adalah kabel yang bisa langsung menghubungkan ponsel ke perangkat USB seperti mouseflashdisk, dll. Anda bisa menggunakan mouse untuk membuka kunci layar, kemudian gunakan kabel data dan salin data ke komputer.

Cara Memulihkan Data jika Tampilan Layar Rusak

Salah satu solusi sementara yang bisa dicoba:
Buka situs Android Device Manager melalui PC, dan masuk menggunakan akun Google Anda.
Pilih Lock, kemudian Unlock. Dengan begini, Anda bisa membuka kunci layar dan mengakses data di ponsel melalui PC walau tampilan rusak.

Cara Memulihkan Data jika Layar Mati

Untuk layar yang benar-benar mati, Anda bisa menggunakan program VNC, yakni program yang memungkinkan Anda untuk mengontrol perangkat Android melalui PC. Namun perlu diingat bahwa program seperti ini hanya bisa digunakan jika Anda menginstalnya di PC dan smartphone. Oleh karena itu, menggunakan program VNC termasuk langkah pencegahan sebelum layar smartphone benar-benar rusak. Anda bisa menemukan beberapa program VNC yang kami rekomendasikan di bawah artikel ini.

Jika Anda tetap Tidak Bisa Mengakses Data

Gagal mengakses data Anda setelah melakukan cara-cara di atas? Solusi lainnya adalah membawa smartphone ke tempat service yang terpercaya dan sampaikan bahwa Anda ingin memulihkan data dari smartphone yang rusak.

Begitulah cara untuk memulihkan data dari smartphone Android yang rusak.

  1. AirDroid: Remote access & File

    AirDroid: Remote access & File

    Akses dan kontrol smartphone Anda dari komputer. Anda bisa mengakses data dan berkas, pesan, panggilan, serta notifikasi yang muncul di smartphone dari PC. Terdapat fitur pencadangan dan sinkronisasi untuk mengamankan data di smartphone ke PC.

  2. Vysor - Android control on PC

    Vysor – Android control on PC

    Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses smartphone dari komputer. Anda dapat menggunakan aplikasi dan game yang terdapat di smartphone melalui komputer. Navigasi dapat dilakukan dengan mouse dan papan ketik. Terdapat fitur untuk menangkap layar smartphone dan membagikan tampilan layar smartphone ke pengguna lain.

  3. Wondershare MobileGo

    Wondershare MobileGo

    Berbagi data dan berkas antar perangkat menjadi lebih mudah dengan aplikasi ini. Dengan aplikasi peralatan ini Anda bisa melakukan pencadangan dan pemulihan di ponsel Android, melakukan root,  menghapus data, dan masih banyak lagi.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…