Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi di Perangkat Android Anda

Image 5 Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi di Perangkat Android Anda

Jika menggunakan menggunakan Wi-Fi di smartphone Anda membuat baterai habis lebih cepat dari biasanya, atau Anda terhubung ke internet tetapi koneksinya lambat, Anda mungkin mengalami koneksi Wi-Fi yang buruk. Berikut kami berikan beberapa tips untuk menguatkan sinyal Wi-Fi di perangkat Android Anda.

Ketahui Poin Akses Mana yang Terbaik

Selain pilihan pertama saat mengalami koneksi buruk, yakni mematikan dan menyalakan kembali router Wi-Fi, pilihan lainnya adalah menggunakan aplikasi Analiser Wi-Fi. Aplikasi Analiser Wi-Fi memberitahu Anda saluran terbaik untuk menggunakan jaringan, menentukan jaringan mana yang paling stabil dalam suatu area, dan memberikan akses yang mudah ke informasi seperti alamat IP, gerbang jaringan, DNS, dll.

Cek Apakah Case Ponsel Anda Menghalangi Sinyal

Case ponsel juga bisa membuat sinyal Wi-Fi menjadi lemah, terutama case yang mengandung logam. Untuk mengecek apakah case ponsel Anda menghalangi sinyal, lakukan tes kecepatan dengan aplikasi Speedtest.net dalam kondisi case digunakan dan terlepas, lalu bandingkan hasilnya.

Letakkan Router di Tempat yang Tepat

Anda sebaiknya tidak meletakkan router di sebelah telepon atau stop kontak, karena dapat mengganggu sinyal Wi-Fi. Untuk menemukan tempat yang tepat, Anda bisa mencoba aplikasi Wi-Fi Heatmap yang menunjukkan kekuatan sinyal router di tempat yang berbeda dalam suatu area.

Buat Antena Sendiri

Ini bukan solusi yang praktis, namun jika Anda benar-benar memerlukan sinyal yang kuat, Anda bisa mencoba membuat antena parabola sendiri dari benda-benda logam seperti mangkok logam, kaleng bekas, dll.

Ubah Band Frequency Wi-Fi menjadi 5 GHz

Kebanyakan router bekerja pada frekuensi 5 GHz atau 2,4 GHz. Frekuensi yang lebih tinggi menawarkan jumlah saluran yang lebih lega, di mana saluran-saluran tidak saling tumpang tindih, sehingga sinyal Wi-Fi menjadi lebih kuat.

Untuk Android 6.0 Marshmallow atau lebih lama

Jika router Anda bekerja pada frekuensi 5 GHz, maka Anda bisa mengubah frekuensi Wi-Fi di smartphone dengan menuju Setelan> Wi-Fi> Lanjutan> Pita frekuensi Wi-Fi> Ketuk Auto.

Untuk Android 7.0 Nougat atau lebih baru

Tidak tersedia opsi untuk merubah frekuensi pada Android versi ini, tetapi Anda bisa mengubahnya melalui aplikasi Wi-Fi Analyzer.

Image 4 Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi di Perangkat Android Anda Image 3 Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi di Perangkat Android Anda Image 2 Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi di Perangkat Android Anda

Perbarui Perangkat Tegar (Firmware)

Pastikan bahwa Anda menggunakan firmware terbaru untuk smartphone Anda, agar resepsi sinyal Wi-Fi berfungsi dengan optimal. Caranya: buka Setelan> Tentang ponsel> Perbaruan perangkat lunak.

Perintahkan Smartphone Anda untuk Menjauhi Koneksi Buruk

Ada opsi di Android 6.0 Marshmallow ke bawah yang memungkinkan Anda untuk menghindari jaringan Wi-Fi dengan koneksi buruk. Cukup buka Setelan> Wi-Fi> tekan tombol menu> Lanjutan> ketuk tanda centang di pilihan untuk menghindari koneksi buruk.

Itulah beberapa cara untuk memperkuat sinyal Wi-Fi di Android.

  1. Wifi Analyzer

    Wifi Analyzer

    Menunjukkan kekuatan sinyal dari berbagai jaringan Wi-Fi yang tersedia. Aplikasi ini membantu Anda menentukan jaringan yang paling kuat dan stabil saat menggunakan Wi-Fi. Juga menunjukkan informasi lainnya seperti alamat IP, gerbang jaringan, saluran Wi-Fi yang saling tumpang tindih, dan masih banyak lagi.

  2. WiFi Analyzer (open-source)

    WiFi Analyzer (open-source)

    Aplikasi gratis ini dapat membantu Anda mengoptimalkan koneksi jaringan Wi-Fi. Menampilkan poin akses terdekat, grafik kekuatan sinyal saluran, saluran yang paling kuat dan stabil, dan berbagai informasi berguna lainnya.

  3. Speedtest.net

    Speedtest.net

    Uji kecepatan koneksi internet Anda, baik koneksi Wi-Fi maupun data seluler. Aplikasi peralatan tes kecepatan ini menampilkan kecepatan unduhan, unggahan, dan ping. Anda juga bisa melihat cakupan jaringan operator Anda yang didapatkan dari hasil tes kecepatan para pengguna.

  4. Wi-Fi Heatmap

    Wi-Fi Heatmap

    Wi-Fi Heatmap menampilkan kekuatan sinyal Wi-Fi dalam bentuk peta, dengan warna berbeda untuk kekuatan sinyal yang berbeda. Aplikasi ini juga menyediakan peta kecepatan koneksi, yang menampilkan kecepatan koneksi di tempat berbeda dalam suatu lokasi. Selain itu, jika ada jaringan dengan koneksi yang lebih baik, Wi-Fi Heatmap akan menampilkannya di peta.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…