Aplikasi WhatsApp vs WhatsApp Business: Apa Perbedaannya?

Image 9 Aplikasi WhatsApp vs WhatsApp Business: Apa Perbedaannya?

WhatsApp Business adalah aplikasi yang diluncurkan pada Januari 2018 lalu, dan ditujukan untuk keperluan bisnis perusahaan kecil. Sebelumnya, pengguna yang memanfaatkan WhatsApp untuk bisnis memerlukan aplikasi clone atau pengganda untuk menggunakan 2 aplikasi WhatsApp dalam satu ponsel.

Dengan adanya aplikasi WhatsApp Business, pengguna dapat menggunakan akun WhatsApp berbeda (WhatsApp dan WhatsApp Business) dalam satu ponsel. Selain kemudahan itu, apa lagi yang ditawarkan WhatsApp Business dan berbeda dengan WhatsApp? Berikut adalah daftar perbedaan dan persamaan aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Business.

Perbedaan

Logo Berbeda

Logo WhatsApp Business menggunakan huruf “B” alih-alih telepon yang ada di logo WhatsApp.

Tanda Pengirim yang Berbeda

Jika Anda menerima pesan dari akun WhatsApp Business, Anda akan melihat pemberitahuan di chat yang menyatakan bahwa pesan tersebut berasal dari akun WhatsApp Business. Ke depannya, WhatsApp akan memverifikasi akun bisnis dan memberi lencana terverifikasi.

Deskripsi Bisnis

Di WhatsApp Business, Anda bisa menambahkan informasi tentang bisnis Anda, seperti alamat, deskripsi, jam buka, lokasi, alamat email, dan situs.

Image 1 Aplikasi WhatsApp vs WhatsApp Business: Apa Perbedaannya?

Balas Cepat

Karena ditujukan untuk bisnis, WhatsApp Business dilengkapi dengan peralatan layanan pelanggan seperti balasan cepat. Untuk menggunakannya, cukup ketuk tanda garis miring beserta kata kunci singkat, lalu pilih balasan yang sesuai.

Image 2 Aplikasi WhatsApp vs WhatsApp Business: Apa Perbedaannya?

Pesan Salam

Anda bisa mengirim pesan salam secara otomatis di WhatsApp Business. Jika Anda mengaktifkannya, WhatsApp Business akan mengirim pesan sambutan ketika ada pelanggan yang mengirimi Anda pesan untuk pertama kalinya dalam 14 hari. Anda juga bebas memilih siapa saja yang dikirimi pesan sambutan secara otomatis.

Image 3 Aplikasi WhatsApp vs WhatsApp Business: Apa Perbedaannya?

Pesan Di Luar Jam Kerja

Ketika Anda belum sempat membalas pesan pelanggan, Anda bisa gunakan fitur Pesan di luar jam kerja di WhatsApp Business. Dengan fitur ini, pesan dari pelanggan akan otomatis dibalas dengan pesan bahwa bisnis sedang di luar jam kerja, dan Anda bisa mengarahkan pelanggan ke FAQ atau situs bisnis Anda.

Image 4 Aplikasi WhatsApp vs WhatsApp Business: Apa Perbedaannya?

Label

Label di WhatsApp Business memudahkan Anda untuk membedakan pesan, misalnya pesan dari pelanggan baru, pesanan baru, pesanan selesai, dll.

Image 5 Aplikasi WhatsApp vs WhatsApp Business: Apa Perbedaannya?

Filter Pencarian

Untuk memudahkan Anda mencari pesan, WhatsApp Business menyediakan filter pencarian. Pesan dapat disaring dengan kategori tertentu, misalnya chat belum dibaca, pesan grup, dll.

Image 6 Aplikasi WhatsApp vs WhatsApp Business: Apa Perbedaannya?

Tautan Pendek

Tautan pendek dapat memudahkan pelanggan dalam mengirimi Anda pesan. Biasanya, nomor WhatsApp harus disimpan ke kontak terlebih dahulu sebelum mengirim pesan ke nomor tersebut. Dengan tautan pendek, pelanggan cukup mengetuk tautan, dan akan langsung diarahkan ke chat.

Image 7 Aplikasi WhatsApp vs WhatsApp Business: Apa Perbedaannya?

Membuat Akun dengan Nomor Telepon Rumah

Berbeda dengan WhatsApp, akun WhatsApp Business dapat dibuat dengan nomor telepon rumah. Tentunya Anda akan mendapat panggilan di nomor telepon rumah tersebut untuk verifikasi.

Persamaan

WhatsApp dan WhatsApp Busniess juga memiliki persamaan, diantaranya:

  • Keduanya dapat diakses melalui WhatsApp Web.
  • Antarmuka yang sama.
  • Fitur seperti panggilan, panggilan video, stiker, dll.

Itulah beberapa perbedaan dan persamaan aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Business. Jika Anda memiliki bisnis, tidak ada salahnya menggunakan WhatsApp Business untuk menjangkau pelanggan Anda dengan lebih mudah.

  1. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting,melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional tanpa biaya tambahan. Anda juga bisa melakukan panggilan video maupun audio gratis.

  2. WhatsApp Business

    WhatsApp Business

    Aplikasi WhatsApp untuk mengelola bisnis Anda dan menjangkau pelanggan dengan mudah. Terdapat fitur yang dikhususkan untuk bisnis, seperti salam otomatis, balasan otomatis, label pesan, dll. Selain itu, fitur dasar WhatsApp seperti panggilan dan panggilan video gratis juga tetap dapat digunakan.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…