Cara Memblokir Orang di Instagram dan Mengetahui Apakah Anda Diblokir

Image 4 Cara Memblokir Orang di Instagram dan Mengetahui Apakah Anda Diblokir

Anda tidak ingin orang tertentu menemukan dan melihat akun Anda di Instagram? Blokir saja akun orang tersebut. Bagaimana caranya, dan bagaimana Anda tahu apabila seseorang memblokir Anda di Instagram? Berikut adalah tutorial cara memblokir orang di Instagram dan cara mengetahui apakah Anda diblokir.

Cara Memblokir Orang di Instagram

  • Buka profil orang tersebut.
  • Ketuk ikon menu berupa tiga titik di sudut kanan atas.
  • Ketuk Blokir.

Image 2 Cara Memblokir Orang di Instagram dan Mengetahui Apakah Anda Diblokir

  • Konfirmasi bahwa Anda ingin memblokir akun tersebut.

Image 1 Cara Memblokir Orang di Instagram dan Mengetahui Apakah Anda Diblokir

Cara Mengetahui Apakah Anda Diblokir

Lakukan Pencarian Terhadap Akun Tersebut

Gunakan fitur pencarian di Instagram untuk mencari akun yang Anda pikir memblokir Anda.

  • Jika Anda dapat menemukan profil dan melihat postingan akun tersebut, berarti Anda tidak diblokir.
  • Untuk akun pribadi, Anda tidak akan bisa melihat postingan jika belum mengikuti akun tersebut. Jadi jika Anda hanya melihat Akun ini bersifat Pribadi, tidak berarti Anda diblokir.
  • Jika Anda dapat menemukan profil dan jumlah postingan lebih dari nol, tetapi Anda tidak bisa melihat postingannya, berarti Anda diblokir.
  • Jika Anda tidak bisa menemukan profil di pencarian, berarti akun tersebut telah dinonaktifkan, atau Anda diblokir. Untuk mengetahui secara pasti, silakan lakukan langkah-langkah lain yang ada di bawah.

Cek Profil

Ketika seseorang memblokir Anda, Instagram tidak menghapus komentar dan tanda mereka yang pernah diposting di postingan Anda. Jika Anda tidak ingat username atau tidak menemukan profil orang tersebut di pencarian, akseslah profil mereka melalui komentar lama. Jika profil tersebut menampilkan jumlah postingan lebih dari nol tetapi tidak ada postingan, berarti Anda memang diblokir.

Gunakan Username Akun Tersebut

Tautan instagram.com/username akan mengarahkan Anda ke profil akun sesuai username yang dimasukkan. Anda bisa memanfaatkan ini untuk mengecek apakah Anda diblokir. Caranya:

  • Buka peramban dan masuk ke instagram.com/username (ganti username sesuai akun yang Anda cari).
  • Jika Anda sebelumnya ter-login di Instagram melalui peramban, dan yang muncul adalah halaman tidak ditemukan, ada dua kemungkinan: Akun sudah nonaktif, atau Anda diblokir.
  • Logout dari Instagram dan coba akses tautan tersebut kembali.
  • Jika halaman tetap tidak ditemukan, berarti akun memang nonaktif. Namun jika profil akun tersebut muncul, berarti Anda memang diblokir.

Pesan-Pesan Akan Menghilang

Jika akun tersebut pernah mengirimi Anda pesan melalui Direct Message (DM), lihatlah apakah pesan-pesan tersebut masih ada. Jika pesan sudah menghilang, ada dua kemungkinan: Anda diblokir, atau akun tersebut telah dinonaktifkan.

Jika Anda memiliki grup Instagram di mana orang tersebut juga merupakan anggota, bukalah grup dan cari profil orang itu. Apabila Anda bisa menemukan profilnya di grup tetapi tidak menemukan profil di tempat lain di Instagram, berarti Anda diblokir.

Coba Ikuti Akun

Jika entah bagaimana Anda bisa mengakses profil orang yang mungkin memblokir Anda, cobalah ketuk tombol Ikuti. Tombol ini tidak akan bekerja jika Anda memang diblokir, dan Instagram tidak akan memberitahu orang tersebut bahwa Anda mencoba mengikutinya. Namun jika Anda bisa mengikutinya, berarti Anda tidak diblokir.

Gunakan Akun Lain untuk Mengecek

Bila Anda memiliki dua akun (dan salah satunya tidak diketahui orang yang mungkin memblokir Anda), Anda bisa menggunakan akun lain untuk mencari profil orang tersebut. Kalau tidak memiliki akun lebih, pinjamlah ponsel teman atau keluarga untuk mengecek. Jika Anda bisa menemukan profil dengan akun lain tetapi tidak dengan akun Anda, berarti akun Anda diblokir.

Begitulah cara memblokir orang di Instagram dan cara mengetahui apakah Anda diblokir.

  1. Instagram

    Instagram

    Aplikasi jejaring sosial khusus untuk membagikan foto hasil karya Anda dengan pengguna Instagram lainnya. Selain foto, Anda bisa membagikan video dan momen keseharian Anda melalui Story Instagram. Temukan dan ikuti akun serta tagar favorit Anda, dan berinteraksilah dengan pengikut Anda. Tersedia alat untuk menyunting foto sebelum mengunggahnya.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…