5 Tips Terbaik untuk Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi Facebook

Aplikasi Facebook masih menjadi media sosial yang banyak digunakan masyarakat Indonesia dalam keseharian mereka. Memungkinkan Anda tetap terhubung dengan teman dan kerabat yang jauh sekalipun adalah salah satu fungsi aplikasi ini. Namun, aplikasi Facebook dapat menggunakan banyak data seluler apabila tidak digunakan dengan bijaksana. Kali ini AndroidOut akan membagikan 5 tips terbaik untuk membatasi penggunaan data di aplikasi Facebook.

Sesuaikan Setelan Aplikasi

Facebook biasanya memutar video yang ada di umpan Anda secara otomatis, walaupun Anda belum tentu ingin melihatnya. Hal ini adalah salah satu sebab pemborosan data saat menggunakan aplikasi Facebook. Untuk mengatasinya:

  • Ketuk ikon menu berupa tiga garis.

Image 10 5 Tips Terbaik untuk Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi Facebook

  • Geser ke bawah dan ketuk Pengaturan & Privasi.

Image 11 5 Tips Terbaik untuk Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi Facebook

  • Ketuk Pengaturan.

Image 6 5 Tips Terbaik untuk Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi Facebook

  • Geser ke bawah dan ketuk Media & Kontak.

Image 7 5 Tips Terbaik untuk Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi Facebook

  • Pastikan bahwa toggle Unggah Semua Foto dalam HD dan Unggah Semua Video dalam HD tidak diaktifkan (berwarna abu-abu). Tidak mengaktifkan fitur ini berarti foto dan video yang Anda unggah akan diunggah dalam kualitas standar, sehingga data seluler lebih sedikit digunakan.

Image 8 5 Tips Terbaik untuk Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi Facebook

  • Ketuk Putar Otomatis untuk mengatur pemutaran otomatis video.

Image 9 5 Tips Terbaik untuk Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi Facebook

  • Untuk menghemat data seluler, ketuk Di Koneksi Wi-Fi Saja atau Jangan Pernah Putar Video Otomatis.

Ubah Setelan Penggunaan Data

Facebook menyediakan fitur Penghemat Data yang menurunkan ukuran gambar dan tidak memutar video secara otomatis.

  • Ketuk ikon menu berupa tiga garis.
  • Geser ke bawah dan ketuk Pengaturan & Privasi.
  • Ketuk Penghemat Data.
  • Ketuk toggle di samping Penghemat Data. Anda juga bisa memilih untuk mematikan Penghemat Data apabila sedang menggunakan Wi-Fi.

Image 3 5 Tips Terbaik untuk Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi Facebook

  • Ketuk toggle di samping Penghemat Data. Anda juga bisa memilih untuk mematikan Penghemat Data apabila sedang menggunakan Wi-Fi.

Image 5 5 Tips Terbaik untuk Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi FacebookImage 4 5 Tips Terbaik untuk Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi Facebook

Menyalakan Penghemat Data tidak akan mempengaruhi kualitas foto dan video yang Anda unggah.

Gunakan Facebook Lite

Menggunakan aplikasi Facebook Lite adalah cara lain untuk menghemat data seluler. Facebook Lite adalah aplikasi yang tepat apabila Anda berada di tempat dengan sinyal atau jaringan yang buruk. Facebook Lite dirancang untuk bekerja lebih cepat di jaringan yang lambat, sehingga aplikasi ini menggunakan lebih sedikit data daripada aplikasi Facebook.

Gunakan Wi-Fi Sesering Mungkin

Jika Anda sedang berada di ruang publik yang menyediakan Wi-Fi publik, manfaatkanlah Wi-Fi tersebut untuk menggunakan aplikasi Facebook. Sudah banyak tempat-tempat umum yang menyediakan Wi-Fi gratis, dan ini dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi penggunaan data seluler.

Kurangi Waktu Menggunakan Facebook

Jika Anda menggunakan Facebook secara berlebihan, tentu data seluler yang digunakan akan meningkat, walaupun Anda telah melakukan tips-tips di atas. Untuk itu, sebaiknya gunakanlah Facebook seperlunya saja, dan gunakan waktu Anda untuk hal-hal yang lebih produktif. Facebook juga menyediakan pembatas yang dapat memberi Anda peringatan apabila waktu bermain Facebook Anda sudah mencapai batas.

Itulah 5 tips terbaik untuk membatasi penggunaan data di aplikasi Facebook.

  1. Facebook Lite

    Facebook Lite

    Versi ringan dari Facebook yang bekerja dengan konsumsi memori dan data yang sedikit. Aplikasi ini dapat bekerja dalam koneksi 2G, dengan tetap menawarkan fitur-fitur utama Facebook seperti berkirim pesan dan gambar, membuat status dan cerita, dan melihat linimasa.

  2. Facebook

    Facebook

    Memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dan mengelola Facebook langsung dari smartphone. Jelajahi lini masa, buat status, ubah foto profil, dan kirim pesan di Facebook melalui smartphone Anda. Dapatkan pemberitahuan ketika teman menyukai atau mengomentari kiriman Anda.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…