Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pembayaran Ponsel (Mobile Payment)

Image 4 Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Pembayaran Ponsel (Mobile Payment)

Sudahkah Anda mencoba menggunakan pembayaran ponsel atau mobile payment? Sesuai namanya, pembayaran ponsel memungkinkan Anda membayar secara non-tunai melalui ponsel Anda. Hal ini akan memudahkan dan mempercepat proses transaksi yang Anda lakukan. Bagaimana cara melakukannya? Berikut adalah semua yang perlu Anda ketahui tentang pembayaran ponsel (mobile payment).

Go-pay

Go-pay adalah dompet digital yang dikeluarkan oleh Go-jek, dan selain digunakan untuk menggunakan layanan Go-jek, Go-pay juga dapat digunakan untuk membayar di berbagai merchant melalui ponsel. Saldo Go-pay dapat diisi melalui driver Go-jek, ATM, mobile banking atau internet banking. Cara menggunakan Go-pay untuk membayar:

  • Buka aplikasi Go-jek.
  • Ketuk Bayar.

Image 1 Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Pembayaran Ponsel (Mobile Payment)

  • Arahkan pemindai ke kode QR yang disediakan merchant. Selain itu, ada juga opsi untuk membayar dengan memasukkan nomor telepon atau kode Go-pay.

Image 2 Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Pembayaran Ponsel (Mobile Payment)

  • Pastikan nominal pembayaran sudah benar, lalu ketuk Bayar.
  • Masukkan PIN Go-pay Anda.

LinkAja

LinkAja adalah aplikasi dompet digital dari BUMN, yang sebelumnya dikenal dengan nama TCASH. Saldo LinkAja dapat diisi melalui rekening bank (ATM, mobile banking atau internet banking), toko ritel, GraPARI, hingga Kantor Pos. LinkAja menyediakan cara tap (NFC) dan memindai kode QR untuk melakukan pembayaran di merchant.

DANA

DANA selain bisa digunakan dengan Samsung Pay, juga bisa digunakan sebagai dompet digital tersendiri. DANA dapat digunakan untuk bertransaksi di berbagai merchant online seperti Lazada, Bukalapak, TIX ID, serta toko fisik seperti KFC, Ramayana, HokBen, dan masih banyak lagi. Cara membayar dengan DANA:

  • Buka aplikasi DANA.
  • Ketuk Bayar.

Image 6 Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Pembayaran Ponsel (Mobile Payment)

  • Arahkan kode QR ke mesin pemindai yang disediakan oleh merchant.

Image 3 Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Pembayaran Ponsel (Mobile Payment)

  • Saldo akan dipotong dan nota pembayaran akan keluar, menandakan transaksi yang sukses.

Samsung Pay

Saat ini salah satu sistem pembayaran ponsel yang bisa digunakan di Indonesia adalah Samsung Pay. Pengguna Samsung Galaxy A30 dan A50 sudah dapat menikmati fitur ini di smartphone mereka. Samsung Pay memang hanya tersedia untuk perangkat Samsung dengan OS Android 9.0 (Pie) untuk saat ini.
Ketika masuk ke Indonesia pada awal tahun 2019, Samsung menggandeng aplikasi dompet digital DANA sebagai mitra. Karena itu, untuk menggunakan Samsung Pay Anda harus memiliki akun dan saldo DANA. Namun Samsung tetap membuka kemungkinan kerja sama untuk dompet digital lainnya di Indonesia.

Jika Anda ingin mulai menggunakan Samsung Pay di smartphone Samsung Galaxy Anda, ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan:

  • Geser layar ke atas dari layar awal. Ini akan mengarahkan Anda ke Samsung Pay untuk memilih sumber dana dan mulai bertransaksi.
  • Buka kamera dan arahkan kamera ke kode QR yang disediakan merchant untuk membayar melalui kode QR.

Itulah informasi yang perlu Anda ketahui tentang pembayaran ponsel (mobile payment) di Indonesia.

  1. GO-JEK - Transportasi Ojek, Delivery, Pembayaran

    GO-JEK – Transportasi Ojek, Delivery, Pembayaran

    Menyediakan layanan transportasi yang dapat dibooking secara online. Tersedia layanan ojek motor, mobil, pengantaran makanan dan paket, hingga donasi. Selain itu Go-jek juga menyediakan  fitur Go-pay, dompet digital yang dapat digunakan untuk bertransaksi hanya dengan smartphone.

  2. TCASH Wallet

    TCASH Wallet

    Lakukan pembayaran tanpa tunai dengan dompet digital yang dapat Anda gunakan di smartphone Anda. Pembayaran dapat dilakukan dengan mudah di berbagai merchant. Dapat juga digunakan untuk membayar tagihan, membeli pulsa dan voucher, bahkan berdonasi.

  3. DANA - Dompet Digital Indonesia

    DANA – Dompet Digital Indonesia

    Aplikasi dompet digital ini memungkinkan Anda untuk bertransaksi dengan mudah dari smartphone. Dapat digunakan untuk berbelanja baik online maupun offline, membeli pulsa, tiket, voucher, dan membayar tagihan. Terdapat opsi untuk menggunakan kartu debit sebagai sumber dana.

  4. Samsung Pay

    Samsung Pay

    Aplikasi pembayaran ponsel untuk Samsung Galaxy. Memungkinkan pengguna membayar tanpa tunai dan hanya dengan smartphone Samsung. Pengguna cukup memindai kode QR untuk membayar di merchant yang menerima Samsung Pay. Untuk saat ini Samsung Pay bermitra dengan DANA untuk sumber dana pembayaran.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…