Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat untuk Melawan Hacker di Android

Image 2 Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat untuk Melawan Hacker di Android

Membuat password atau kata sandi yang kuat untuk akun Anda adalah suatu keharusan. Jika Anda tidak ingin akun media sosial atau akun internet milik Anda diretas dan disalahgunakan oleh hacker, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Langsung saja simak cara membuat kata sandi yang kuat untuk melawan hacker di Android berikut ini.

Nasihat Umum untuk Membuat Kata Sandi

Anda mungkin pernah mendengar beberapa syarat untuk membuat kata sandi yang aman. Syarat-syarat ini masih relevan dan patut diingat saat Anda membuat kata sandi:

  • Minimal 12 karakter. Tidak ada kesepatan mengenai jumlah karakter kata sandi yang aman, tetapi 12 hingga 14 karakter sudah termasuk cukup aman. Kata sandi yang semakin panjang akan semakin aman juga.
  • Gunakan kombinasi angka, simbol, huruf kapital, dan huruf kecil agar kata sandi sulit ditebak.
  • Jangan gunakan kata ataupun kombinasi kata dari kamus yang sering digunakan, karena sangat mudah untuk ditebak. Dengan kata lain, gunakanlah kata-kata acak yang tidak ada di kamus dan tidak ada artinya.
  • Jangan juga menggunakan huruf pengganti yang mudah ditebak, misalnya mengganti ‘cokelat’ menjadi ‘c0k3lat’.
  • Jangan gunakan pola huruf yang mudah diingat di papan ketik, misalnya qwertyuiop atau variasinya. Pola seperti ini mudah ditebak oleh peretas.
  • Jangan gunakan informasi pribadi, seperti tanggal lahir atau nama kerabat Anda. Jika peretas mengetahui informasi tentang Anda, maka akan sangat mudah bagi mereka untuk menebak kata sandi seperti ini.
  • Gunakan kata sandi yang berbeda-beda, jangan menggunakan satu kata sandi untuk semua akun, atau kata sandi yang pernah Anda gunakan sebelumnya.
  • Pastikan juga untuk memperbarui kata sandi secara berkala.

Menggunakan Password Manager

Sebenarnya membuat kata sandi dengan syarat-syarat di atas sangat mudah, misalnya Anda hanya perlu mengetik sembarangan di papan ketik sehingga menghasilkan kombinasi huruf yang acak. Namun yang sulit adalah bagaimana mengingatnya, dan Anda memasukkan kata sandi tersebut setiap akan login akan merepotkan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan Penyimpan Kata Sandi atau Password Manager.

Password manager atau penyimpan kata sandi adalah cara yang termudah untuk menjamin keamanan kata sandi Anda. Dengan penyimpan kata sandi, Anda bisa membuat kata sandi yang kompleks dan panjang tanpa takut melupakannya atau repot mengetik kata sandi. Anda bisa menemukan rekomendasi aplikasi penyimpan kata sandi terbaik di akhir artikel ini.

Begitulah cara membuat kata sandi yang kuat untuk melawan hacker di Android.

  1. LastPass Password Manager

    LastPass Password Manager

    Lastpass menyimpan kata sandi serta nama pengguna dengan enkripsi. Kata sandi dan nama pengguna akan muncul secara otomatis saat Anda login, jadi Anda tidak perlu mengingat kata sandi. Anda bebas membuat kata sandi yang aman dan kuat dengan aplikasi ini. Terdapat fitur sinkronisasi antar perangkat.

  2. Dashlane Password Manager

    Dashlane Password Manager

    Simpan kata sandi tanpa perlu mengingatnya setiap login. Aplikasi ini menyimpan kata sandi Anda untuk berbagai akun dan mengisinya secara otomatis ketika Anda ingin login. Terdapat generator kata sandi yang dapat digunakan untuk membuat kata sandi yang aman. Aplikasi dapat dikunci dan dibuka dengan sidik jari, serta dapat disinkronisasi dengan perangkat lain.

  3. aWallet Password Manager

    aWallet Password Manager

    Amankan kata sandi, informasi bank dan kartu kredit, akun internet, dan data-data pribadi lainnya dengan aplikasi ini, agar Anda tidak perlu takut melupakan data-data tersebut. Informasi yang disimpan diamankan dengan enkripsi yang kuat. Tidak ada iklan dalam aplikasi ini. Juga tersedia generator kata sandi dan dukungan sidik jari untuk versi PRO.

  4. 1Password - Password Manager and Secure Wallet

    1Password – Password Manager and Secure Wallet

    Aplikasi penyimpan kata sandi ini dapat mengisi informasi login Anda secara otomatis. Terdapat fitur untuk membuat kata sandi yang kuat dan tidak mudah diretas. Anda bisa membagikan kata sandi kepada orang lain secara aman. Informasi yang tersimpan dapat disinkronisasi antar perangkat. Cukup satu sentuhan sidik jari untuk membuka kunci.

  5. Keeper®: Free Password Manager

    Keeper®: Free Password Manager

    Keeper adalah peralatan penyimpan kata sandi di mana Anda bisa menyimpan kata sandi dengan jumlah yang tidak terbatas. Juga menyediakan generator kata sandi untuk membuat kata sandi yang kuat. Terdapat fitur untuk mengisi informasi login dan kata sandi secara otomatis saat ingin login.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…