Gunakan Mode Liburan di Smartphone Android dan Nikmati Hari Libur Anda

Image 2 Gunakan Mode Liburan di Smartphone Android Anda dan Nikmati Hari Libur Anda

Ketika sedang berlibur, semua orang tentu ingin menjauh sejenak dari kesibukan sehari-hari. Salah satunya dengan menjauh dari email dan pesan yang berkaitan dengan pekerjaan. Liburan akan terasa lebih lengkap jika Anda benar-benar bebas dari masalah pekerjaan. Bagaimana caranya membawa ponsel saat berlibur tanpa mengganggu liburan Anda? Berikut adalah beberapa tips untuk memasukkan smartphone Anda ke mode liburan agar Anda bisa menikmati hari libur.

Sebelum Berangkat: Persiapkan Diri

Tetapkan Tujuan

Tidak hanya tujuan berupa tempat berlibur, tujuan Anda berlibur juga harus jelas sebelum Anda berangkat. Apakah Anda ingin mencari pengalaman baru? Keluar sejenak dari rutinitas? Sekadar bersantai?

Tuliskan tujuan Anda dan apa yang ingin Anda lakukan selama liburan, ambil fotonya, dan gunakan foto tersebut sebagai wallpaper ponsel. Ini akan mengingatkan Anda tentang tujuan berlibur apabila Anda mulai membuka ponsel untuk hal yang lain.

Tetapkan Fungsi Ponsel

Selama berlibur, pastikan untuk menggunakan ponsel hanya untuk hal-hal di luar kesibukan. Tuliskan apa saja yang akan Anda lakukan dengan ponsel Anda selama liburan, misalnya mengambil foto, menggunakan GPS, mencari tiket, dll. Hal ini akan membantu Anda menetapkan batas dan mengingatkan jika Anda tidak menggunakan ponsel untuk fokus terhadap liburan.

Jangan Tergoda

Otak Anda mungkin akan menggoda Anda untuk membuka ponsel dan melihat postingan di media sosial. Namun ingatlah, jika Anda menurutinya, Anda hanya membuang-buang waktu liburan yang berharga.

Jika Anda mulai gelisah ingin melihat media sosial, tanyai diri Anda: Apa hal terbaik yang mungkin Anda dapatkan? Mengecek ponsel hanya akan menarik perhatian Anda, dan jika Anda membaca kabar buruk, suasana hati akan rusak.

Fokus

Pikiran Anda hanya bisa berada di satu tempat. Maka ketika mengecek ponsel, Anda sedang menjauhkan perhatian dari liburan Anda.

Sebelum Berangkat: Siapkan Ponsel

Hapus Aplikasi Bermasalah

Hapus aplikasi bermasalah, dalam artian dapat mengganggu atau menarik perhatian Anda selama liburan, misalnya media sosial, game, berita, dll. Jika ponsel Anda tidak mengizinkan Anda menghapus aplikasi, sembunyikan aplikasi tersebut dari halaman awal.

Bersihkan Halaman Awal

Penuhi halaman awal hanya dengan aplikasi yang berguna saat berlibur.

Matikan Notifikasi

Matikan notifikasi untuk aplikasi perpesanan dan media sosial, kecuali aplikasi yang memang Anda ingin gunakan saat berlibur. Jika memungkinkan, matikan juga ikon notifikasi merah yang terletak di ikon aplikasi.

Siapkan Balasan Otomatis

Gunakan aplikasi balasan otomatis untuk membuat balasan otomatis bahwa Anda sedang berlibur. Dengan begitu, pengirim email atau pesan akan tahu bahwa Anda sedang berlibur dan tidak akan mengganggu lagi. Selain itu, unggah postingan di media sosial yang menyatakan bahwa Anda akan pergi berlibur, lengkap dengan durasinya.

Ingin Tetap Bisa Dijangkau saat Keadaan Darurat?

Definisikan “Darurat”

Apa yang menurut Anda merupakan keadaan darurat? Entah itu masalah keluarga, masalah di kantor, atau yang lainnya, tetapkan batas Anda.

Gunakan mode “Jangan Diganggu” untuk membatasi panggilan dan pesan yang masuk, tetapi beri tahu orang-orang penting bagaimana cara menghubungi Anda:

Di Android, aktifkan Notifikasi Prioritas yang memungkinkan orang-orang tertentu untuk menghubungi Anda. Selain itu, ada fitur untuk mengizinkan telepon masuk apabila nomor yang sama telah memanggil Anda sebanyak 2 kali dalam 15 menit.

Ikuti Cara Lama

Berikan nomor telepon dari tempat Anda menginap kepada orang-orang yang mungkin berkepentingan ketika Anda berlibur. Memang, Anda tidak bisa menerima panggilan apabila Anda sedang di luar, tetapi mungkin saja masalah sudah terselesaikan ketika Anda kembali.

Sulit Menjauh dari Email?

Pertimbangkan untuk Tidak Mengecek Email Sama Sekali

Jika Anda telah mengaktifkan balasan otomatis, orang-orang yang mengirimi Anda email harusnya mengerti bahwa Anda sedang berlibur dan tidak akan mengganggu lagi. Jika itu terlalu ekstrem, batasi frekuensi cek email menjadi sekali atau dua kali sehari.

Apabila Anda khawatir melewatkan email dari klien potensial, pastikan bahwa balasan otomatis Anda memuat kapan tepatnya mereka akan menerima respons dari Anda.

Takut kotak masuk Anda akan penuh ketika Anda selesai berlibur? Setel email Anda untuk menghapus otomatis semua email yang masuk, dan buat balasan otomatis yang menyatakan bahwa Anda sedang berlibur dan semua email masuk akan dihapus. Sertakan juga kontak yang dapat dihubungi apabila masalah tersebut darurat, dan instruksikan pengirim untuk mengirim email ketika Anda selesai berlibur apabila masalah tidak darurat.

Bagi Pecandu Media Sosial

Jika memungkinkan, jangan gunakan media sosial sama sekali. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi aplikasi media sosial dirancang untuk menahan Anda agar terus melihatnya. Hapus aplikasi Anda selama liburan. Awalnya Anda mungkin akan gelisah, tetapi ingatlah bahwa menikmati momen berlibur lebih penting daripada membagikannya.

Jika Anda Bepergian dengan Orang Lain

Buat Aturan

Demi menghindari konflik tentang penggunaan gadget, sebaiknya Anda membuat dan menyepakati aturan bersama. Berilah waktu tertentu di mana Anda dan teman bepergian Anda boleh atau tidak boleh menggunakan gadget. Agar menyenangkan, jadikan pembatasan penggunaan gadget sebagai tantangan atau permainan. Misalnya ketika makan, orang pertama yang mengeluarkan gadget harus membayar pajak atau tip.

Tips Agar Tetap Mendapat Manfaat Ponsel tanpa Penggunaan Berlebihan

Bawa jam alarm khusus untuk bepergian. Jika menggunakan ponsel sebagai alarm, Anda akan menyentuh ponsel sejak bangun tidur.

Beri diri Anda pilihan. Akan sulit menahan diri untuk menyentuh ponsel, jadi siapkan pengganti ponsel yang menarik untuk saat-saat seperti ini, misalnya buku, jurnal, rajutan, dsb.

Persiapkan semuanya dari awal. Unduh peta dan ambil tangkapan layar informasi atau tiket yang akan Anda perlukan. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan mode pesawat selama liburan.

Matikan internet dan gunakan aplikasi pemblokir. Gunakan cara lama jika ada informasi yang Anda butuhkan: beli peta jika Anda hilang arah, baca koran untuk mengetahui berita, dll.

Ingatlah bahwa ada banyak hal yang lebih berharga dalam hidup selain internet. Salah satunya adalah pengalaman berlibur yang tak tergantikan.

Jika Anda Ingin Beristirahat secara Total:

Pertimbangkan untuk meninggalkan ponsel Anda di rumah. Mungkin terdengar terlalu ekstrem, tetapi Anda bisa melatih diri dari jauh-jauh hari sebelum berlibur. Setiap hari, pilih waktu atau kegiatan di mana Anda tidak akan membawa ponsel. Anda akan merasa gelisah pada awalnya, tetapi semakin sering berlatih akan membuat Anda semakin terbiasa.

  1. ( OFFTIME ) - Distraction Free

    ( OFFTIME ) – Distraction Free

    Batasi akses Anda ke smartphone agar Anda bisa fokus dan produktif dengan tugas di depan mata. Offtime akan memblokir aplikasi yang tidak Anda perlukan selama waktu tertentu, sehingga Anda tidak bisa mengaksesnya sebelum waktu habis.

  2. Forest: Stay focused

    Forest: Stay focused

    Berlatih untuk fokus sambil bermain. Aplikasi ini menjadi timer yang dapat disetel sesuai keinginan. Sebelum waktu habis, Anda harus mengerjaka tugas dan tidak boleh menyentuh aplikasi lain. Jika Anda berhasil, tanaman akan tumbuh semakin besar. Semakin fokus Anda, semakin besar dan banyak tanaman yang Anda miliki.

  3. AutoResponder for WhatsApp™ #BARU

    AutoResponder for WhatsApp™ #BARU

    Kirimkan balasan otomatis saat seseorang mengirimi Anda pesan di WhatsApp maupun WhatsApp Business. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menentukan pesan spesifik yang mungkin Anda terima dan balasan otomatis yang tepat untuk masing-masing pesan. Anda dapat mengecualikan kontak atau gruptertentu. Tidak akan mengubah waktu online dan terakhir dilihat Anda.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…