Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel untuk Menerjemahkan Teks

Image 13 Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel Anda untuk Menerjemahkan Teks

Pernahkah Anda menemukan teks bahasa asing yang ingin Anda ketahui artinya, tetapi kesulitan mengetiknya? Jangan panik, teknologi sudah berkembang pesat sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengetik teks untuk menerjemahkannya.

Gunakan saja kamera smartphone Anda. Dengan aplikasi yang tepat, kamera Anda bisa menjadi alat penerjemah instan! Berikut adalah cara menggunakan kamera ponsel Anda untuk menerjemahkan teks, beserta beberapa aplikasi rekomendasi kami.

Cara Menggunakan Kamera Smartphone untuk Menerjemahkan Teks

  • Unduh dan pasang salah satu aplikasi di bawah. Dalam contoh ini, kami menggunakan Google Translate.
  • Ketuk Kamera.

Image 7 Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel Anda untuk Menerjemahkan Teks

  • Ketuk Lanjutkan.

Image 8 Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel Anda untuk Menerjemahkan Teks

  • Beri izin akses.

Image 9 Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel Anda untuk Menerjemahkan Teks

  • Google Translate memiliki 3 mode untuk menerjemahkan dari foto atau kamera. Mode pertama adalah mode instan, yang langsung menerjemahkan teks di mana Anda mengarahkan kamera.

Image 10 Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel Anda untuk Menerjemahkan Teks

Untuk mode ini, cukup arahkan kamera ke teks, dan terjemahan akan langsung muncul.

Image 11 Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel Anda untuk Menerjemahkan Teks

  • Dalam mode pindai, Anda bisa mengambil foto teks terlebih dahulu, kemudian memilih teks yang ingin diterjemahkan.

Image 1 Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel Anda untuk Menerjemahkan Teks

Cara memilih teks adalah dengan menggeser jari Anda di teks.

Image 2 Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel Anda untuk Menerjemahkan Teks Image 3 Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel Anda untuk Menerjemahkan Teks

  • Dalam mode impor, Anda bisa menerjemahkan teks di foto yang ada di galeri smartphone.

Image 6 Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel Anda untuk Menerjemahkan Teks

Jangan lupa berikan izin akses dalam mode ini.

Image 4 Aplikasi Android Penerjemah Kamera: Gunakan Kamera Ponsel Anda untuk Menerjemahkan Teks

Begitulah cara menerjemahkan teks dengan kamera smartphone. Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk hal ini.

  1. Google Translate

    Google Translate

    Terjemahkan teks antara 103 bahasa dengan mudah. Anda juga bisa menerjemahkan dokumen, percakapan dua arah, ucapan, dan menerjemahkan teks melalui kamera serta tulisan tanganPenerjemah ini dapat digunakan untuk menerjemahkan hingga 59 bahasa secara luring tanpa koneksi internet. Anda bisa memberi bintang kepada terjemahan sehingga bisa diakses dengan mudah di kemudian hari.

  2. Microsoft Translator

    Microsoft Translator

    Aplikasi ini dapat menerjemahkan teks dari berbagai bahasa, dan juga memiliki fungsi penerjemahan melalui kamera. Anda bisa mengunduh bahasa yang sering diterjemahkan agar bisa menerjemahkan walau ketika offline tanpa koneksi internet. Hasil terjemahan dapat dibagikan di aplikasi-aplikasi lain. Dapat juga digunakan dan disinkronisasikan di Android Wear.

  3. Yandex.Translate

    Yandex.Translate

    Aplikasi penerjemah ini memiliki berbagai fitur yang memudahkan Anda menerjemahkan teks dari berbagai bahasa. Dapat mengenali dan menerjemahkan teks di foto dan suara. Yandex.Translate dapat digunakan untuk menerjemahkan lebih dari 90 bahasa, dan beberapa bahasa dapat digunakan secara offline. Hasil terjemahan dapat Anda simpan dalam bentuk flashcard untuk dipelajari.

  4. Naver Papago Translate

    Naver Papago Translate

    Naver Papago Translate dilengkapi dengan kemampuan terjemahan dalam berbagai mode: teks, foto, suara, percakapan, tulisan tangan, hingga menerjemahkan situs. Dapat membaca dan menerjemahkan teks bahasa asing di foto. Terjemahan percakapan memungkinkan Anda untuk berbicara dengan orang asing dengan terjemahan instan. Ada juga Papago Mini yang muncul untuk menerjemahkan ketika Anda menyalin teks di aplikasi lain.

  5. iTranslate - Language Translator & Dictionary

    iTranslate – Language Translator & Dictionary

    iTranslate dapat menerjemahkan lebih dari 100 bahasa. Fitur terjemahan kamera memungkinkan Anda menemukan arti dari papan penunjuk atau menu berbahasa asing. Tersedia penerjemah suara-ke-suara yang menerjemahkan ucapan Anda langsung ke ucapan dalam bahasa asing. Mode offline memungkinkan Anda untuk menerjemahkan kata tanpa roaming ketika berada di luar negeri.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…