Ruangan Messenger: Fitur Panggilan Video Baru Facebook Memuat hingga 50 Orang

Pandemi COVID-19 membuat komunikasi melalui panggilan video menjadi pilihan utama orang-orang saat ini. Penyedia layanan kemudian berlomba-lomba menyediakan fitur panggilan video terbaik dengan kapasitas terbanyak. Tidak ingin kalah, Facebook memperkenalkan Ruangan Messenger, yakni fitur panggilan video terbaru yang bisa memuat hingga 50 orang. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Ruangan Messenger?

Setelah sebelumnya meningkatkan kapasitas panggilan video grup WhatsApp dari 4 menjadi 8 orang, kini Facebook memperkenalkan Ruangan Messenger. Ruangan Messenger berfungsi seperti ruangan berkumpul virtual, di mana teman-teman bisa masuk kapan saja untuk menyapa.

Ruangan Messenger memungkinkan Anda dan 49 orang lainnya untuk bergabung dalam panggilan video grup, yang disebut “ruangan”. Anda bisa memulai ruangan dari Messenger, Facebook, Instagram Direct, WhatsApp, atau Portal, dan Anda bisa membuat panggilan terbuka untuk semua orang atau menguncinya untuk mencegah bergabungnya orang tak dikenal. Pembuat ruangan juga bisa menghapus peserta dari ruangan.

Selama di ruangan, Anda bisa menggunakan filter realitas tertambah Facebook dan mengganti latar Anda menjadi latar virtual. Di antaranya terdapat pantauan 360 derajat dari lokasi-lokasi eksotis, dan Facebook sedang mengerjakan filter kecantikan serta filter untuk mencerahkan ruangan yang gelap.

Apakah Ruangan Messenger Aman?

Hingga saat artikel ini dipublikasikan, Facebook menyatakan bahwa ruangan tidak dilengkapi dengan enkripsi end-to-end.

Kapan Saya bisa Mulai Menggunakan Ruangan?

Ruangan Messenger sekarang sudah tersedia secara global di aplikasi Facebook Messenger. Fitur ini juga sudah tersedia di aplikasi Facebook beberapa negara. Ruangan akan diluncurkan secara global di aplikasi Facebook dalam beberapa minggu ke depan (Mei 2020). Ruangan Messenger akan tersedia di semua produk Facebook, dimulai dari Messenger dan Facebook, lalu Instagram Direct, WhatsApp, dan Portal.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Ruangan Messenger, fitur panggilan video baru Facebook yang memuat hingga 50 orang.

  1. Messenger

    Messenger

    Aplikasi untuk berkirim pesan dengan teman-teman Facebook Anda. Anda bisa berkirim pesan pribadi maupun pesan grup di aplikasi ini lengkap dengan emoji, stiker, foto, dan video. Gunakan fitur panggilan suara dan panggilan video gratis untuk menelepon teman atau grup.

  2. Facebook

    Facebook

    Memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dan mengelola Facebook langsung dari smartphone. Jelajahi lini masa, buat status, ubah foto profil, dan kirim pesan di Facebook melalui smartphone Anda. Dapatkan pemberitahuan ketika teman menyukai atau mengomentari kiriman Anda.

  3. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting,melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional tanpa biaya tambahan. Anda juga bisa melakukan panggilan video maupun audio gratis.

  4. Instagram

    Instagram

    Aplikasi jejaring sosial khusus untuk membagikan foto hasil karya Anda dengan pengguna Instagram lainnya. Selain foto, Anda bisa membagikan video dan momen keseharian Anda melalui Story. Temukan dan ikuti akun serta tagar favorit Anda, dan berinteraksilah dengan pengikut Anda. Tersedia alat untuk menyunting foto sebelum mengunggahnya.

Cara Melihat Cerita Lama di Instagram
Cara Melihat Cerita Lama di Instagram

Instagram Stories telah menjadi fitur yang sangat populer di antara pengguna Instagram untuk berbagi momen yang singkat dan menarik. Namun, terkadang Anda mungkin melewatkan cerita yang ingin Anda lihat kembali setelah 24 jam berlalu. Untungnya, ada beberapa cara untuk meliha…

Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air
Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air

Dalam era media sosial yang kaya akan konten video pendek, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer. Namun, jika mengunduh video dari TikTok, Anda pasti menemukan tanda air yang mengganggu. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air, ya…

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…