Cara Pindah dari WhatsApp ke Telegram dan Perbedaan yang Anda Dapatkan dengan Beralih

Image 2 Cara Pindah dari WhatsApp ke Telegram dan Perbedaan yang Anda Dapatkan dengan Beralih

WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi dengan fungsi yang sama, yakni berkomunikasi dengan berkirim pesan, melakukan panggilan suara dan video, dan masih banyak lagi. Tentunya masing-masing aplikasi memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Mungkin Anda sudah menggunakan WhatsApp, dan penasaran ingin mencoba Telegram? Berikut adalah penjelasan cara pindah dari WhatsApp ke Telegram dan perbedaan yang Anda dapatkan dengan beralih.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda ingin beralih dari WhatsApp ke Telegram:Kontak

Yang paling penting adalah kontak. Untungnya, Anda tidak perlu khawatir tentang kontak karena baik WhatsApp maupun Telegram mensinkronisasi kontak di ponsel Anda. Jadi, Anda tidak perlu memindahkan kontak, cukup memberi izin akses yang diperlukan. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua kontak Anda di WhatsApp memiliki akun Telegram. Jika begitu, Anda bisa mengajak mereka untuk menggunakan Telegram atau tetap menggunakan WhatsApp untuk menghubungi mereka.

Stiker

Bukan tidak mungkin untuk memindahkan stiker favorit Anda dari WhatsApp ke Telegram, tetapi tidak ada cara cepat untuk itu. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan stiker yang sudah disediakan oleh Telegram. Telegram mengeluarkan fitur stiker lebih awal daripada WhatsApp, jadi Anda bisa menemukan banyak variasi stiker di Telegram.

Obrolan

Memindahkan obrolan dari WhatsApp ke Telegram secara teknis tidak mungkin, tetapi jika hal ini sangat penting untuk Anda, Anda bisa mencoba menggunakan TLImporter, sebuah alat yang memungkinkan Anda mengimpor dokumen teks (seperti chat WhatsApp yang diekspor) ke obrolan Telegram. Menggunakan alat ini tidak semudah menekan sebuah tombol, dan hasilnya tidak seperti obrolan normal, tetapi jika Anda benar-benar perlu memindahkan obrolan dari WhatsApp ke Telegram, Anda bisa menggunakannya.

Apa yang Berbeda di Telegram

Image 1 Cara Pindah dari WhatsApp ke Telegram dan Perbedaan yang Anda Dapatkan dengan Beralih

Inilah beberapa perbedaan yang mungkin Anda temukan ketika beralih dari WhatsApp ke Telegram:

Dukungan Beberapa Perangkat

Tidak seperti WhatsApp yang hanya bisa digunakan di sebuah perangkat dalam satu waktu, Telegram bisa digunakan di beberapa ponsel dan tablet, dan langsung disinkronisasi di antara perangkat-perangkat tersebut. Telegram juga bisa langsung dihubungkan ke perangkat lain. Dengan kata lain, Anda bisa menggunakan Telegram di komputer tanpa prosedur seperti WhatsApp Web.

Tidak Perlu Mencadangkan

Perbedaan lain dari WhatsApp dan Telegram adalah Telegram berbasis awan, jadi semua obrolan langsung disimpan di penyimpanan awan Telegram. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mencadangkan obrolan seperti di WhatsApp.

Bisa Menyembunyikan Nomor Anda

Sejak awal berdirinya, akun pengguna WhatsApp berhubungan erat dengan nomor ponsel mereka. Jadi ketika Anda mengirim pesan baik secara pribadi maupun di grup, penerima bisa mengetahui nomor ponsel Anda. Telegram juga menghubungkan nomor ponsel dengan akun Anda, tetapi Anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihatnya di setelan privasi.

Tidak ada Panggilan Video

Salah satu kelemahan Telegram adalah tidak dimungkinkannya untuk melakukan panggilan video, baik pribadi maupun grup. Anda hanya bisa melakukan panggilan suara dan mengirim klip video. Hal ini berbeda dengan WhatsApp yang memungkinkan panggilan video dengan partisipan hingga 8 orang.

Banyak Stiker, tanpa Perlu Pergi ke Google Play

Di Telegram, Anda tidak perlu melalui Google Play ketika ingin mengunduh stiker. Anda bisa mengunduh stiker langsung di Telegram. Sedangkan di WhatsApp, Anda bisa mengunduh stiker dengan aplikasi yang tersedia di Google Play, atau membuat paket stiker Anda sendiri.

Meneruskan Pesan tanpa Batas

Demi mencegah penyebaran hoaks, WhatsApp membatasi penerusan pesan hingga 5 kali saja. Namun, pesan yang diteruskan tidak menampilkan nama pengirim asli dan hanya menampilkan teks “Diteruskan”. Sedangkan di Telegram, tidak ada batasan untuk meneruskan pesan, dan nama pengirim asli ditampilkan di manapun pesan tersebut diteruskan.

Kustomisasi

Image 3 Cara Pindah dari WhatsApp ke Telegram dan Perbedaan yang Anda Dapatkan dengan Beralih

WhatsApp telah mengeluarkan mode gelap, tetapi masih kurang dalam segi pilihan kustomisasi. Sedangkan Telegram memiliki banyak opsi yang memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan sesuka hati Anda. Anda juga bisa membuat tema sendiri, memilih warna pesan, dan masih banyak lagi.

Tidak ada Pesan Berbintang

Tidak seperti WhatsApp, Telegram tidak memiliki fitur untuk membintangi pesan. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan fitur pesan tersimpan, di mana Anda bisa menyimpan pesan, foto, video, dan lain-lain di koleksi Anda sendiri dan bisa mengaksesnya dari manapun.

Itulah cara pindah dari WhatsApp ke Telegram dan perbedaan yang Anda dapatkan dengan beralih.

  1. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional dengan gratis.

  2. Telegram

    Telegram

    Telegram adalah aplikasi obrolan yang cepat dan aman dengan enkripsi yang melindungi pesan, grup, dan media Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur swahancur di aplikasi ini. Anda juga bisa mengirim berkas-berkas yang besar sekalipun dalam berbagai format. Telegram dapat digunakan walau dalam jaringan yang lemah.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…