Cara Menonaktifkan atau Menghapus Akun Telegram Anda

Image 1 Cara Menonaktifkan atau Menghapus Akun Telegram Anda

Telegram adalah aplikasi perpesanan yang kaya akan fitur, tetapi jika Anda ingin menggantinya dengan aplikasi lain dan tidak ingin menggunakannya lagi, sebaiknya Anda menghapus akun Telegram Anda. Berikut adalah tutorial cara menonaktifkan atau menghapus akun Telegram Anda.

Mengapa Anda Mungkin Ingin Menghapus Akun Telegram

Telegram Bukan Lagi yang Terbaik untuk Anda

Mungkin Anda merasa Telegram bukan lagi aplikasi perpesanan terbaik untuk Anda, dan ingin menggunakan aplikasi lain yang lebih baik untuk fungsi yang sama.

Teman-Teman Anda Meninggalkan Telegram

Mungkin teman atau keluarga Anda tidak lagi menggunakan Telegram, dan Anda ingin mengikuti jejak mereka agar tetap terhubung.

Kebijakan Telegram Mengganggu Anda

Mungkin Anda merasa tidak nyaman dengan kebijakan di Telegram. Aplikasi ini dikenal marak akan kanal yang berisi pembajakan film.

Anda Tidak Mempercayai Telegram

Telegram tidak mengenkripsi chat secara default, dan model keamanannya pernah dikritisi. Mungkin Anda merasa privasi Anda terganggu, dan tidak ingin lagi mempercayakan data pribadi Anda kepada Telegram.

Cara Menonaktifkan Akun Telegram Anda

Secara default, Telegram menunggu hingga 6 bulan sebelum menghapus profil yang tidak aktif. Namun, Anda bisa mengganti waktu itu menjadi sebulan, 3 bulan, atau bahkan setahun. Dengan begitu, Anda bisa mempercepat penghapusan profil yang tidak lagi Anda gunakan. Caranya:

  • Ketuk ikon menu berupa 3 titik.
  • Ketuk Setelan.
  • Ketuk Privasi & Keamanan, geser ke bawah hingga Anda menemukan opsi Lanjutan.
  • Ketuk Hapus akun jika tidak ada, dan pilih durasi yang Anda inginkan.

Anda tidak bisa menonaktifkan akun Telegram sementara, yang bisa Anda lakukan hanya meninggalkannya agar tidak aktif, dan mencopot aplikasi dari ponsel Anda.

Image 2 Cara Menonaktifkan atau Menghapus Akun Telegram Anda

Cara Menghapus Akun Telegram

Jika Anda tidak ingin menunggu berbulan-bulan, Telegram memungkinkan Anda untuk langsung menghapus akun Anda. Fungsi ini tidak ada di aplikasi dan hanya bisa diakses melalui web. Caranya:

  • Masukkan nomor ponsel yang Anda gunakan di Telegram. Telegram akan mengirimkan kode konfirmasi ke aplikasi Telegram Anda. Masukkan kode tersebut di web.
  • Klik Delete account/ Hapus akun. Di kotak yang tersedia, tulis alasan Anda ingin menghapus akun.
  • Klik Delete my account/ hapus akun saya. Kemudian beri konfirmasi terakhir dengan mengklik Yes, Delete My Account atau Ya, Hapus akun saya.

Apa yang Terjadi ketika Anda Menghapus Akun Telegram

Ketika Anda menghapus akun Telegram, semua obrolan, kontak, dan data Anda akan dihapus dan tidak bisa dikembalikan lagi. Jika Anda memiliki channel dan grup, channel dan grup akan tetap ada dan admin yang masih ada tetap memiliki kewenangan. Jika Anda satu-satunya admin, Telegram akan memilih salah satu anggota secara acak untuk dijadikan admin. Selain itu, Telegram tidak akan mengizinkan Anda membuat akun kembali dengan nomor ponsel yang sama selama setidaknya 2 hari.

Cara Mengekspor Data Sebelum Menghapus Telegram

Menghapus Telegram akan menghilangkan data secara permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi. Oleh karena itu, pastikan Anda mengekspor data penting terlebih dahulu sebelum menghapus akun. Hal ini hanya dapat dilakukan dengan aplikasi desktop (komputer). Caranya:

  • Pasang aplikasi desktop Telegram dan masuk dengan akun Anda. Unduh dengan tautan ini: Mac, Windows, Linux
  • Klik ikon menu berupa tiga titik di sudut kanan atas untuk menampilkan menu navigasi, dan klik Settings / Setelan.
  • Geser ke bawah hingga Anda menemukan opsi Export Telegram Data / Ekspor Data Telegram. Buka dan pilih data yang ingin Anda ekspor. Anda bahkan bisa mengunduh stiker yang pernah Anda kirim di Telegram.
  • Klik Export / Ekspor, dan tunggu beberapa menit. Ketuk Show my data atau Tampilkan data saya untuk melihat berkasnya.

Itulah cara menonaktifkan atau menghapus akun Telegram Anda.

  1. Telegram

    Telegram

    Telegram adalah aplikasi obrolan yang cepat dan aman dengan enkripsi yang melindungi pesan, grup, dan media Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat grup obrolan yang aman, dan Anda bisa mengirim berkas-berkas yang besar sekalipun dalam berbagai format.  Telegram dapat digunakan walau dalam jaringan yang lemah.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…