Tips dan Trik: Kustomisasi Bilah Navigasi Anda di Android

Bilah navigasi adalah bagian yang sangat penting di ponsel Android. Bilah navigasi memungkinkan pengguna untuk menavigasi layar Android mereka. Umumnya, bilah navigasi sudah diatur oleh sistem operasi ponsel. Namun, mungkin ada saatnya Anda bosan atau kurang puas dengan bilah navigasi ponsel Anda. Untuk itu, berikut adalah tips dan trik cara mengkustomisasi bilah navigasi di Android.

Cara Mengubah Urutan Bilah Navigasi di Android

Walaupun Android tidak menyediakan banyak opsi untuk mengkustomisasi bilah navigasi, Anda tetap bisa mengubah urutannya, atau menyembunyikannya jika ingin. Caranya:

  • Buka Setelan> Layar> Navigasi Sistem. Opsi ini mungkin berada di tempat berbeda tergantung ponsel Anda. Intinya, temukan opsi Navigasi/Navigasi Sistem.
  • Dari sana, Anda bisa menampilkan/menyembunyikan bilah navigasi, serta memilih urutan dan di ponsel tertentu, gaya bilah navigasi.

Android 10 dan Navigasi Gestur

Di Android 10, Google memperkenalkan navigasi gestur, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan navigasi tanpa bilah navigasi, tetapi dengan gestur seperti geser kiri, geser ke atas, dsb. Cara mengaturnya:

  • Buka Setelan> Gestur> Navigasi Sistem.
  • Di sini, Android akan menawarkan 3 opsi navigasi: navigasi gestur, navigasi dengan 3 tombol, dan navigasi dengan 2 tombol. Pilih opsi yang Anda inginkan.

Jika Anda memiliki ponsel Android sebelum Android 10, Anda juga bisa menggunakan gestur dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, salah satunya Fluid Navigation Gestures yang bisa Anda unduh dengan tautan yang disediakan di bawah artikel ini.

Cara Mengkustomisasi Tombol Bilah Navigasi

Jika bilah navigasi ponsel menghilang, atau tombol navigasi fisik ponsel Anda rusak, Anda bisa menggunakan aplikasi Simple Control untuk menambahkan bilah navigasi kustom. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memilih gaya bilah navigasi yang Anda inginkan, serta mengubah posisi bilah navigasi, misalnya ke samping layar.

Itulah cara mengkustomisasi bilah navigasi di Android. Selain cara dan aplikasi di atas, tersedia beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda mengkustomisasi bilah navigasi.

  1. Fluid Navigation Gestures

    Fluid Navigation Gestures

    Lakukan navigasi ponsel dengan gestur yang mudah. Anda bisa melakukan aksi seperti kembali, kembali ke halaman rumah, menjalankan aplikasi, dan masih banyak lagi cukup dengan gestur. Atur gestur yang Anda inginkan untuk perintah yang Anda inginkan.

  2. Simple Control

    Simple Control

    Tombol navigasi Anda rusak atau Anda bosan dengan bilah navigasi yang biasa saja? Ganti dengan bilah navigasi dari peralatan Simple Control, yang bisa Anda kustomisasi sesuai keinginan Anda. Perintah untuk setiap tombol, warna, ikon tombol, semua dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda dengan aplikasi ini.

  3. Custom Navigation Bar

    Custom Navigation Bar

    Tambahkan bilah navigasi kustom ke bilah navigasi yang sudah ada. Aplikasi ini tidak memerlukan akses root. Kustomisasi tampilan bilah navigasi sesuai keinginan Anda dengan mudah.

  4. S8 Navigation bar (No Root)| Note 8 navigation bar

    S8 Navigation bar (No Root)| Note 8 navigation bar

    Aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi bilah navigasi ponsel Anda dengan bilah navigasi ala Samsung Galaxy Note 8. Aplikasi ini dirancang untuk perangkat yang tidak memiliki bilah navigasi secara bawaan. Tidak diperlukan root untuk menggunakan aplikasi ini. Anda bisa memilih animasi, warna latar, mengubah ukuran, dan masih banyak lagi.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…