Android 11 Dirilis: Fitur, Ponsel yang Didukung, dan Lebih Banyak Lagi

Image 3 Android 11 Dirilis: Fitur, Ponsel yang Didukung, dan Lebih Banyak Lagi

Android versi terbaru 2020, yakni Android 11, telah stabil dan resmi pada 8 September 2020! Penasaran? Berikut adalah pembahasan mengenai Android 11: fitur, ponsel yang didukung, dan masih banyak lagi.

Ponsel apa saja yang akan Mendapat Android 11?

Pemilik Google Pixel 2 dan lebih baru sudah bisa menikmati Android versi terbaru ini, begitu juga dengan OnePlus 8, Xiaomi 10 dan Mi 10 Pro, Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, serta Realme X50 Pro. Poco F2 Pro juga dikabarkan akan menggunakan Android 11.

Cara Mendapatkan Android 11

Mungkin akan memakan waktu cukup lama hingga Anda mendapatkan Android 11, terutama jika ponsel Anda berusia lebih dari setahun.
Cara mengecek apakah update tersedia untuk Anda:

  • Buka Setelan.
  • Ketuk Sistem> Lanjutan> Update Sistem.
  • Lihat “Versi Android” dan “level patch keamanan”.

Cara mendapatkan update ketika sudah tersedia:

  • Ketika Anda mendapatkan notifikasi update, pilih opsi update.
  • Jika Anda terlanjur menghapus notifikasi tsb:
  • Buka Setelan.
  • Ketuk Sistem> Lanjutan> Update Sistem.
  • Anda akan melihat status update Anda. Ikuti langkah-langkah di layar.

Fitur

Android 11 terlihat mirip dengan Android 10, jadi Anda mungkin tidak merasakan perbedaan di antara keduanya ketika mulai menyalakan ponsel. Namun ada beberapa fitur baru Android 11 yang membedakan keduanya:

Notifikasi Percakapan

Di Android 10, notifikasi yang muncul di bilah notifikasi ditampilkan secara acak tanpa membedakan kategorinya. Di Android 11, sistem ini berubah menjadi 3 jenis notifikasi: Percakapan, Peringatan, dan Senyap. Notifikasi Percakapan memuat semua percakapan Anda di aplikasi perpesanan dan pesan di sosial media seperti DM Instagram. Anda bisa mengatur agar notifikasi percakapan ditampilkan di paling atas, agar Anda tidak ketinggalan pesan apapun. Notifikasi peringatan dan senyap memuat notifikasi lainnya, sama dengan Android 10.

Riwayat Notifikasi

Anda mungkin pernah menggeser notifikasi yang belum Anda lihat secara spontan, dan kemudian menyesalinya. Jika dulu diperlukan aplikasi untuk melihat riwayat notifikasi, Android 11 menyediakan fitur tersebut secara langsung. Anda bisa menyimpan semua notifikasi selama 24 jam dan melihatnya kembali jika ada yang Anda lewatkan, bahkan notifikasi yang senyap sekalipun.

Image 6 Android 11 Dirilis: Fitur, Ponsel yang Didukung, dan Lebih Banyak Lagi

Balon Percakapan

Android 11 tampaknya bertitik berat pada komunikasi, dapat dilihat dari banyaknya fitur baru yang memudahkan komunikasi. Salah satunya adalah balon percakapan. Jika Anda pernah menggunakan Facebook Messenger, Anda mungkin tahu yang dimaksud dengan balon percakapan. Dengan fitur ini di Android 11, Anda bisa menggunakan balon percakapan tidak hanya untuk Facebook Messenger, tetapi juga aplikasi perpesanan lainnya, tanpa perlu aplikasi pihak ketiga.

Perekam Layar

Ada banyak aplikasi untuk merekam layar Android, namun dengan hadirnya perekam layar bawaan di Android 11, Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi lain. Anda bisa mengakses perekam layar dengan membuka menu Setelan Cepat dan memilih ikon Perekam Layar. Sebelum merekam, Anda akan diminta memilih apakah ketukan di layar dan audio juga harus direkam.

Kontrol Media

Ketika Anda memutar musik di Android 10, kontrol media akan berada di bilah notifikasi. Di Android 11, kontrol media dipindahkan ke bagian Setelan Cepat. Hal ini lebih logis, mengingat kontrol media merupakan alat atau bahkan aplikasi mini, dan bukan notifikasi. Anda bisa mengakses panel kontrol media dengan cara yang sama, yakni menggeser ke bawah bilah notifikasi. Anda bisa menghilangkannya dengan menggeser, dan mengatur agar kontrol media hilang otomatis setelah Anda selesai mendengarkan musik.

Kontrol Perangkat Cerdas

Google menambahkan bagian baru di Android 11 yang memungkinkan Anda mengontrol berbagai perangkat tanpa membuka aplikasi. Tekan dan tahan tombol daya untuk mengakses fitur ini. Di atas Anda akan melihat fungsi daya seperti biasa, namun di bawah akan ada lebih banyak opsi. Ada opsi Google Pay yang memungkinkan Anda memilih metode pembayaran tanpa kontak secara cepat.

Di bawahnya, ada beberapa tombol yang bisa dihubungkan ke produk-produk rumah cerdas. Android 11 menyediakan 6 tombol perangkat secara bawaan, tetapi Anda bisa menambahkan atau mengurangi tombol-tombol tersebut sesuai perangkat rumah cerdas yang Anda miliki. Dengan ini, Anda hanya perlu mengetuk tombol-tombol tersebut untuk mematikan lampu, mengecek kamera cctv, mengunci pintu, dll, tanpa perlu membuka banyak aplikasi untuk masing-masing perintah.

Image 5 Android 11 Dirilis: Fitur, Ponsel yang Didukung, dan Lebih Banyak Lagi

Izin Satu-Waktu dan Reset Otomatis

Android 11 menawarkan kontrol lebih untuk privasi dan keamanan pengguna. Ketika Anda menginstal sebuah aplikasi, Android 11 akan menanyakan apakah Anda ingin memberi izin akses secara permanen atau hanya untuk saat itu. Jika Anda memilih waktu itu saja, izin akan ditarik ketika Anda menutup aplikasi, dan aplikasi tidak lagi bisa mengakses izin tersebut hingga Anda mengizinkannya lagi. Tersedia juga reset otomatis, yang menarik izin untuk aplikasi yang tidak Anda gunakan dalam waktu lama.

Penjadwalan Tema Gelap

Di Android 11, pengguna bisa menjadwalkan kapan tema gelap dinyalakan: mati atau nyala ketika matahari terbit atau terbenam, atau nyala pada jam tertentu yang bisa Anda atur sendiri.

Image 2 Android 11 Dirilis: Fitur, Ponsel yang Didukung, dan Lebih Banyak Lagi

Update Android 11 via Google Play Store

Google secara rutin mengeluarkan pembaruan dan update keamanan untuk Android. Update-update ini didistribusikan melalui carrier atau produsen ponsel. Oleh karena itu, terkadang ada perbedaan distribusi, di mana pengguna produsen tertentu sudah mendapat update sedangkan pengguna lain belum. Android 11 mengatasi hal ini dengan memberikan kuasa lebih mengenai update kepada Google Play Store.

Ini memungkinkan Google untuk melewatkan carrier dan produsen, dan mendistribusikan update untuk semua orang. Dengan begini, semua ponsel bisa tetap aman dan up-to-date, walaupun produsen telah menghentikan update untuk ponsel tersebut (sering terjadi pada ponsel yang sudah berumur).

Image 4 Android 11 Dirilis: Fitur, Ponsel yang Didukung, dan Lebih Banyak Lagi

Saran Aplikasi (hanya untuk Pixel)

Di Google Pixel, Android 11 menampilkan 5 saran aplikasi yang selalu berubah, dengan tujuan memungkinkan Anda membuka aplikasi dengan cepat bahkan sebelum Anda tahu Anda memerlukannya. Anda bisa memerintahkan Google untuk tidak menampilkan aplikasi tertentu, dan bisa juga mematikan fitur ini jika Anda tidak menginginkannya.

Menyematkan Aplikasi ke Lembar Berbagi

Di Android 11, Anda bisa menyematkan aplikasi ke lembar berbagi yang muncul ketika Anda mengetuk tombol berbagi. Dengan begitu, Anda bisa membagikan sesuatu ke aplikasi yang Anda inginkan dengan mudah, dan tidak perlu khawatir tidak menemukan opsi aplikasti tersebut ketika berbagi.

Android Auto Nirkabel

Android Auto adalah fitur yang sangat berguna, tetapi sayangnya ponsel Anda harus dicolokkan untuk mengakses fitur ini, kecuali untuk beberapa ponsel seperti Pixel. Di Android 11, bahkan smartphone biasa bisa menggunakan Android Auto secara nirkabel.

Image 1 Android 11 Dirilis: Fitur, Ponsel yang Didukung, dan Lebih Banyak Lagi

Akses Suara Menjadi lebih Sadar Konteks

Pengguna dengan gangguan mobilitas umumnya memanfaatkan fitur Akses Suara Google, yang memungkinkan pengguna menggunakan suara untuk menavigasi dan melakukan perintah-perintah di ponsel. Di Android 10, perintah diberi angka-angka, dan pengguna harus menyebutkan angka tersebut untuk menjalankan perintah.

Misalnya untuk membuat cuitan di Twitter, pengguna harus mengucapkan “Ketuk 4”. Di Android 11, Anda hanya perlu mengatakan “Buka Twitter, buat cuitan”. Dengan begini, interaksi pengguna dengan ponsel menjadi lebih natural.

Privasi untuk Pengguna Perusahaan

Jika Anda menggunakan ponsel Android yang disediakan perusahaan tempat Anda bekerja, mungkin itu adalah bagian dari program Android Enterprise/Perusahaan. Program ini memungkinkan bagian IT perusahaan Anda untuk mengawasi ponsel, membuat perubahan dan perbaruan, dsb. karena ponsel merupakan properti perusahaan.

Hal ini membuat banyak orang perlu membawa 2 ponsel, ponsel perusahaan dan ponsel pribadi. Dengan Android 11, Anda bisa membuat profil pribadi dan profil pekerjaan, yang memungkinkan Anda berganti profil dalam satu ponsel, dan menggunakan ponsel secara pribadi tanpa khawatir bagian IT mengawasi apa yang Anda lakukan.

Itulah beberapa fitur dan pembahasan mengenai Android 11.

Telegram Kini Mendukung Panggilan Video di Android
Telegram Kini Mendukung Panggilan Video di Android

Telegram merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang kaya akan fitur. Namun, ada satu kekurangan dari Telegram jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang sejenis: kurangnya fitur panggilan video. Kini, Telegram telah mendukung fitur panggilan video di Android. Berikut penj…

WhatsApp: Fitur Kontrol Baru untuk Pesan Diteruskan
WhatsApp: Fitur Kontrol Baru untuk Pesan Diteruskan

WhatsApp, sebagai salah satu aplikasi perpesanan yang memiliki banyak pengguna di dunia, menjadi media yang rawan terhadap penyebaran berita palsu atau hoaks. Untuk mencegah hal itu, WhatsApp menerapkan label pada pesan yang diteruskan. Selain itu, WhatsApp baru meluncurkan f…