WhatsApp di Android Auto: Semua yang Bisa dan Tidak Bisa Anda Lakukan

Image 1 WhatsApp di Android Auto: Semua yang Bisa dan Tidak Bisa Anda Lakukan

Android Auto adalah sistem di mana ponsel Android bisa dihubungkan ke mobil. Keunggulannya, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti WhatsApp di mobil tanpa perlu menyentuh ponsel. Ingin tahu lebih lengkap? Berikut adalah penjelasan.

WhatsApp di Android Auto: Semua yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan

Membaca Pesan Masuk di WhatsApp

Ketika Anda menerima pesan WhatsApp saat menggunakan Android Auto, baik di layar mobil atau ponsel Anda, pemberitahuan pesan baru akan muncul. Jika Anda mengetuknya, Asisten Google akan membacanya untuk Anda.

Tanpa menyentuh apapun, Anda juga bisa memerintahkan Asisten Google melalui suara untuk membaca pesan-pesan yang belum dibaca dengan perintah seperti “OK Google, bacakan pesan saya.” Notifikasi pesan juga disimpan di bagian notifikasi, yang bisa diakses dengan mengetuk ikon lonceng.

Pembacaan pesan oleh Asisten Google hanya terbatas pada teks. Jika terdapat emoji, Asisten Google akan membacakan nama emoji (senyum, menangis, dsb). Sedangkan untuk stiker, GIF, gambar atau video, Asisten Google hanya akan mengatakan, “Pesan ini mengandung gambar.”

Membalas Pesan

Setelah Asisten Google membacakan pesan Anda, Anda memiliki opsi untuk membalasnya. Tidak ada tombol untuk itu, tetapi Anda harus menjawab Ya setelah Asisten Google bertanya apakah Anda ingin membalas.

Setelah menjawab Ya, Anda harus mendiktekan pesan yang ingin Anda kirimkan, dan mendengarnya ketika Asisten Google membacakan pesan yang telah Anda diktekan. Kemudian Asisten Google akan bertanya apakah Anda ingin mengirim atau mengubahnya. Jika Anda pilih mengirim, pesan akan dikirim dalam bentuk teks.

Mengirim Pesan WhatsApp ke Kontak Anda

Selain membalas pesan WhatsApp yang Anda terima, Anda juga bisa menulis pesan dari awal. Tidak ada antarmuka untuk itu, tetapi Anda harus meminta Asisten Google dengan perintah seperti “OK Google, kirim pesan WhatsApp.”

Selanjutnya, sebutkan nama kontak yang ingin Anda kirimi pesan, dan diktekan pesan yang ingin dikirim. Asisten Google akan membacakan ulang pesan, dan jika Anda memilih mengirimnya, pesan akan dikirim sebagai teks.

Senyapkan Percakapan

Ketika berkendara, gangguan adalah hal yang tidak diinginkan, dan untungnya ada cara mudah untuk mensenyapkan percakapan sehingga Anda berhenti menerima notifikasi. Ketika Anda menerima notifikasi pesan baru, Anda akan menemukan tombol senyapkan, yang berbentuk lonceng dicoret.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengetuknya ketika notifikasi muncul, Anda juga bisa melakukannya melalui bagian notifikasi, dengan mengetuk tombol Senyapkan di percakapan tersebut. Opsi ini hanya berlaku di Android Auto dan pesan WhatsApp di ponsel tidak akan disenyapkan. Jika Anda berubah pikiran, Anda bisa menerima notifikasi lagi dengan membuka bagian notifikasi di Android Auto.

Yang Belum Bisa Dilakukan

Untuk sekarang, Anda belum bisa membuat panggilan, panggilan video, atau mendengarkan pesan suara.

Dukungan WhatsApp di Android Auto cukup terbatas. Anda bisa mengakses fungsi utama aplikasi (mengirim pesan), tetapi tindakan lebih lanjut lain tidak dimungkinkan. Anda tidak bisa melihat stiker, foto, video, atau GIF, yang cukup bisa dimengerti. Namun Anda juga tidak bisa mendengarkan pesan audio, yang merupakan masalah apabila Anda memiliki kontak yang terbiasa mengirimi Anda pesan suara.

Meskipun Anda bisa menggunakan Android Auto untuk membuat panggilan nomal, Anda tidak bisa membuat atau menerima panggilan video atau suara WhatsApp. Jika seseorang memanggil Anda di WhatsApp ketika Anda menggunakan Android Auto, Anda tidak akan menerima pemberitahuan di Android Auto.

Itulah beberapa hal yang bisa dan tidak bisa dilakukan di WhatsApp Android Auto.

  1. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional dengan gratis.

Cara Melihat Siapa yang Melihat Profil Anda di TikTok
Cara Melihat Siapa yang Melihat Profil Anda di TikTok

Jika Anda seorang pengguna setia TikTok, mungkin Anda pernah ingin tahu siapa saja yang melihat profil TikTok Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui orang-orang seperti apa yang tertarik dengan konten TikTok Anda. Berikut adalah tutorial cara melihat siapa yang melihat pro…

Cara Membuat Slideshow dengan Musik di Android
Cara Membuat Slideshow dengan Musik di Android

Ingin membuat slideshow dari foto-foto yang berharga untuk Anda? Ini adalah hal yang bisa dilakukan di Android, tetapi banyak orang yang tidak mengetahuinya. Berikut adalah cara membuat slideshow dengan musik di Android. Jika biasanya membuat slideshow dilakukan via komputer,…

Cara Terbaik untuk Mengunduh Video TikTok di Android
Cara Terbaik untuk Mengunduh Video TikTok di Android

TikTok kini menjadi salah satu media sosial yang digandrungi banyak orang Indonesia. Jika Anda juga menggunakan TikTok, Anda mungkin pernah melihat video bagus yang ingin Anda unduh. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk mengunduh video TikTok di Android. Cara Pertama: G…

Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp
Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp

WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur baru yakni pesan sementara. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang bertahan selama 7 hari sebelum terhapus secara otomatis. Penasaran? Berikut adalah cara mengaktifkan pesan sementara di WhatsApp. Cara Kerja Fitur Pe…

Cara Menggunakan Peramban Tor di Android
Cara Menggunakan Peramban Tor di Android

Anda ingin berselancar dengan keamanan dan privasi terjamin? Peramban Tor adalah peramban yang tepat untuk Anda. Tidak hanya di PC, kini peramban Tor telah hadir di Android. Berikut adalah cara menggunakan peramban Tor di Android. Apa Itu Peramban Tor? Tor adalah peramban yan…