Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp

Image 1 Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp

WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur baru yakni pesan sementara. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang bertahan selama 7 hari sebelum terhapus secara otomatis. Penasaran? Berikut adalah cara mengaktifkan pesan sementara di WhatsApp.

Cara Kerja Fitur Pesan Sementara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setelah fitur ini dinyalakan, pesan yang dikirim di chat individual maupun grup akan menghilang dengan sendirinya setelah 7 hari. Selain itu, beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai cara kerja pesan sementara adalah:

  • Fitur ini tidak akan mempengaruhi pesan yang telah dikirim atau diterima sebelum fitur diaktifkan.
  • Mengaktifkan pesan sementara juga akan menghapus foto dan video setelah 7 hari, dan walaupun pesan akan menghilang untuk kedua pihak, bukan tidak mungkin untuk mengambil tangkapan layar atau menyalin pesan sebelum pesan dihapus. Foto dan konten lainnya juga bisa disimpan atau diunduh secara otomatis. Untuk menyalakan unduh otomatis, buka Setelan WhatsApp> Penyimpanan dan data> Unduh otomatis media.
  • Jika pengguna yang menerima pesan tidak membuka WhatsApp dalam 7 hari, pesan tetap menghilang. Namun, pratinjau dari pesan yang belum dibuka mungkin masih tersedia di bilah pemberitahuan hingga WhatsApp dibuka. Jika pengguna menggunakan aplikasi riwayat pemberitahuan untuk memulihkan pemberitahuan, pemberitahuan tetap akan tercatat.
  • Ketika Anda membalas sebuah pesan, pesan tersebut akan dikutip di atas balasan Anda. Jika Anda membalas pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin masih tersedia di chat setelah 7 hari, walaupun pesan asli telah menghilang.
  • Jika pesan sementara diteruskan ke chat dengan pesan sementara yang dimatikan, pesan yang telah diteruskan tidak akan menghilang walaupun pesan asli telah menghilang.
  • Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan menghilang, pesan menghilang tersebut akan termasuk di cadangan. Ketika pengguna memulihkan cadangan tersebut, pesan menghilang akan dihapus. Simak juga cara mencadangkan pesan di WhatsApp.

Cara Mengaktifkan Fitur Pesan Sementara di WhatsApp

  • Buka WhatsApp.
  • Buka ruang chat di mana Anda ingin mengirim pesan sementara, dan ketuk nama kontak yang ada di sudut kiri atas.
  • Ketuk Pesan sementara.

Image 4 Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp

  • Jika Anda menggunakannya untuk pertama kali, akan muncul pesan pemberitahuan. Ketuk Lanjut.

Image 2 Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp

  • Ketuk toggle Nyala. Setelah itu, semua pesan yang Anda kirimkan di ruang chat tersebut akan menghilang setelah 7 hari.

Image 3 Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp

  • Untuk mematikannya, ikuti langkah 1-4, lalu ketuk toggle Mati. Jika Anda mematikan fitur, pesan yang Anda kirim (dan belum terhapus) di ruang chat tidak akan terhapus.

Itulah cara mengaktifkan pesan sementara di WhatsApp. Perlu diingat bahwa ketika Anda menyalakan fitur ini, belum ada cara untuk memilih berapa lama Anda ingin pesan bertahan. 7 hari adalah waktu standar yang diberikan.

  1. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi untuk berkomunikasi di Android untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional dengan gratis.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…