Cara Mengatur Aplikasi SMS Default di Android Anda

Image 1 Cara Mengatur Aplikasi SMS Default di Android Anda

Anda tidak puas dengan aplikasi SMS bawaan dari Android dan ingin menggunakan aplikasi SMS lain yang lebih kaya akan fitur? Aplikasi SMS dari pihak ketiga dapat Anda temukan dengan mudah di Google Play Store. Anda cukup memilih yang paling tepat dengan kebutuhan Anda. Lantas setelah mengunduhnya, bagaimana cara mengatur agar aplikasi tersebut menjadi aplikasi default untuk mengelola SMS Anda? Berikut adalah cara mengatur aplikasi SMS default di Android Anda.

Cara Mengatur Aplikasi SMS Default di Android

  • Buka Setelan.
  • Pilih Aplikasi & izin. Opsi ini mungkin berbeda tergantung dengan ponsel Anda, intinya temukanlah setelan aplikasi.

Image 4 Cara Mengatur Aplikasi SMS Default di Android Anda

  • Ketuk Pengelolaan izin. Sekali lagi, opsi ini bisa saja berbeda tergantung dengan ponsel Anda. Di beberapa ponsel, Anda harus memilih opsi Lanjutan. Jika Anda bingung, cukup ketik “aplikasi default” di kolom pencarian setelan.

Image 5 Cara Mengatur Aplikasi SMS Default di Android Anda

  • Pilih Pengaturan aplikasi default.

Image 6 Cara Mengatur Aplikasi SMS Default di Android Anda

  • Pilih Pesan.

Image 2 Cara Mengatur Aplikasi SMS Default di Android Anda

  • Akan muncul daftar aplikasi di ponsel Anda yang bisa Anda jadikan default untuk SMS. Pilih aplikasi yang Anda inginkan, kemudian ketuk Oke saat dimintai konfirmasi.

Image 3 Cara Mengatur Aplikasi SMS Default di Android Anda

Itulah cara mengatur aplikasi SMS default di Android Anda.

  1. Signal

    Signal

    Kirim dan terima pesan, buat panggilan suara dan video berkualitas tinggi dengan aman. Menyediakan enkripsi untuk semua data Anda, demi menjamin keamanan dan privasi pesan dan panggilan yang Anda buat. Pesan dapat dikirim dengan cepat walaupun dalam sinyal yang lemah. Aplikasi ini gratis, tanpa iklan maupun pelacak. Mengenai pelacak, simak juga cara menghentikan pelacakan lokasi oleh suatu aplikasi di Android.

  2. Textra SMS

    Textra SMS

    Bosan menggunakan aplikasi SMS bawaan yang minim fitur? Gunakan aplikasi Textra untuk menggantikannya, dan dapatkan lebih banyak fitur menarik, seperti tema dan desain yang berwarna-warni, penjadwalan SMS untuk dikirim nanti, popup SMS dengan balasan cepat, GIF, blokir pesan, mode gelap, dan masih banyak lagi. Anda mungkin juga akan tertarik dengan daftar aplikasi bawaan Android yang wajib Anda ganti dengan aplikasi pihak ketiga.

  3. chomp SMS

    chomp SMS

    Gunakan Chomp SMS sebagai alternatif aplikasi SMS. Menyediakan fitur-fitur seperti kunci dengan kode, pilihan privasi, penjadwalan SMS, sematkan pesan favorit, blokir SMS, popup balasan cepat bahkan saat layar terkunci, pencadangan, dan banyak fitur lainnya. Anda juga bisa mengkustomisasi nada dering, pola getar, warna LED, tema, font, dll.

  4. Pulse SMS (Phone/Tablet/Web)

    Pulse SMS (Phone/Tablet/Web)

    Aplikasi SMS dengan berbagai fitur lengkap untuk menggantikan aplikasi SMS bawaan Anda. Gratis tanpa mengumpulkan data dan tanpa iklan. Pulse SMS menawarkan desain dan tema menarik, saran balasan pintar, percakapan pribadi yang dilindungi kata sandi, pencadangan pesan, penundaan pengiriman sehingga Anda bisa membatalkan pesan, balasan otomatis, dan masih banyak lagi. Simak juga koleksi aplikasi terbaik untuk menjadwalkan pengiriman SMS.

  5. QKSMS - Open Source SMS & MMS

    QKSMS – Open Source SMS & MMS

    Bosan dengan aplikasi SMS bawaan yang biasa saja? Gunakan QKSMS untuk merasakan pengalaman berkirim pesan singkat yang lebih elegan. Dirancang bersih dan sederhana untuk meningkatkan fokus Anda. Anda bisa memilih warna tema untuk seluruh aplikasi atau percakapan tertentu. Anda juga bisa mengatur notifikasi pesan berbeda untuk kontak tertentu.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…