Cara Memperbaiki Masalah Pesan Suara WhatsApp tidak Bekerja

Image 1 Cara Memperbaiki Masalah Pesan Suara WhatsApp tidak Bekerja

Tidak dapat dipungkiri bahwa WhatsApp adalah salah satu aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Fitur seperti pesan suara yang praktis menjadi daya tarik WhatsApp di kalangan masyarakat. Namun terkadang terdapat masalah pada fitur pesan suara WhatsApp, misalnya tidak dapat mengirim atau mengunduh dan mendengarkan pesan suara. Jika Anda pernah mengalaminya, berikut adalah cara memperbaiki masalah pesan suara WhatsApp tidak bekerja.

Mulai Ulang Ponsel Anda

Salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah pada WhatsApp atau aplikasi lainnya adalah dengan mematikan dan menyalakan kembali ponsel Anda.Berikan Izin yang Dibutuhkan

Terkadang, WhatsApp tidak bisa merekam suara atau mengunduh pesan suara, dikarenakan aplikasi belum memiliki izin untuk hal tersebut. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda telah memberikan izin yang diperlukan WhatsApp untuk bekerja semestinya. Caranya:

  • Buka Setelan.
  • Buka Setelan Aplikasi/Pengelola Aplikasi.
  • Pilih WhatsApp.
  • Ketuk Izin.
  • Ketuk toggle untuk memberikan izin yang belum diberikan.

Matikan Aplikasi Perekam Pihak Ketiga

Jika Anda memiliki aplikasi di ponsel Anda yang menggunakan mikrofon, Anda harus mematikannya sebelum merekam pesan suara WhatsApp. Jika tidak, aplikasi akan mengganggu perekaman dan Anda tidak akan bisa merekam pesan suara di WhatsApp. Anda mungkin akan tertarik dengan cara mengecek apakah suatu aplikasi menggunakan mikrofon secara rahasia di latar belakang.

Periksa Pelindung Layar

Terkadang, pelindung layar mungkin menutup sensor kedekatan yang digunakan oleh WhatsApp untuk memutar audio melalui speaker ponsel. Selain itu, layar akan menjadi gelap ketika sesuatu menghalangi sensor kedekatan. Jadi, pastikanlah bahwa pelindung layar Anda tidak menghalangi apapun.

Periksa Ruang Penyimpanan Ponsel

Jika Anda menemukan kesalahan dengan pesan “Maaf, tidak bisa memuat audio ini. Mohon coba lagi nanti” ketika Anda ingin mengunduh pesan suara, Anda harus memeriksa ruang penyimpanan ponsel. Terkadang, ketika penyimpanan penuh, pesan error ini muncul.

Bersihkan Cache

Jika Anda masih belum bisa menyelesaikan masalah di WhatsApp tersebut, Anda bisa mencoba membersihkan data cache WhatsApp. Caranya:

  • Buka Setelan.
  • Buka Setelan Aplikasi/Pengelola Aplikasi.
  • Pilih WhatsApp.
  • Ketuk penyimpanan, kemudian ketuk Hapus cache.

Menginstal Ulang WhatsApp

Sebagai cara terakhir, Anda bisa mencoba menghapus WhatsApp kemudian menginstalnya kembali. Pastikan bahwa Anda telah mencadangkan semua data Anda sebelum mencopot WhatsApp.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki masalah pesan suara WhatsApp tidak bekerja. Lihat juga cara menemukan berkas pesan suara di WhatsApp.

  1. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional tanpa biaya tambahan dan hanya memerlukan koneksi internet. Simak juga koleksi aplikasi terbaik untuk mengunci dan menjaga privasi korespondensi Anda di WhatsApp.

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …