Cara Mendeteksi dan Menghapus Spyware di Android

Image 1 Cara Mendeteksi dan Menghapus Spyware di Android

Spyware atau perangkat pengintai adalah perangkat lunak yang dipasang secara diam-diam oleh peretas untuk memantau perilaku online korban. Kedengaran mengerikan bukan? Parahnya, spyware dapat masuk ke ponsel Anda dengan mudah jika Anda tidak hati-hati. Berikut adalah cara mendeteksi dan menghapus spyware di Android.

Cara Mendeteksi Spyware di Android

Berikut adalah beberapa tanda yang mungkin terjadi apabila ponsel Anda terinfeksi spyware:

Ponsel mati dan mulai ulang secara tiba-tiba.

Apakah ponsel Anda sering mati ketika membuka suatu aplikasi? Ponsel Anda seharusnya tidak mati atau memulai ulang tanpa perintah Anda. Namun ketika hal ini terjadi, ada kemungkinan bahwa ponsel Anda dikendalikan orang lain dari jauh. Periksa juga apakah ponsel Anda menunjukkan tanda-tanda aktivitas ketika berada di mode standby, seperti layar yang tiba-tiba menyala atau berbunyi tanpa sebab.

Masa hidup baterai yang tiba-tiba berubah.

Spyware dapat menguras baterai ponsel secara drastis. Jika baterai ponsel Anda tiba-tiba cepat habis, hal itu dapat berarti bahwa baterai ponsel sudah tua dan kehilangan kapasitas optimal setelah digunakan secara berlebihan, ada aplikasi tertentu yang menguras baterai, atau ada spyware yang menguras baterai. Periksalah apakah ponsel Anda tiba-tiba menjadi panas ketika Anda tidak menggunakannya. Hal ini juga bisa disebabkan oleh spyware yang berjalan di latar belakang.

Suara latar di panggilan

Beberapa spyware memiliki fitur yang bisa mendengarkan dan merekam panggilan Anda. Akibatnya, Anda mungkin mendengar suara aneh, suara orang berbicara di kejauhan, atau suara yang tidak semestinya terdengar ketika Anda berada dalam panggilan dengan orang lain. Jika bisa, gunakan ponsel lain untuk menelepon orang yang sama untuk mengetahui apakah suara tetap terdengar, karena selalu ada kemungkinan sinyal buruk atau suara dari lingkungan sekitar. Namun jika Anda hanya mendengar suara aneh ketika memanggil melalui ponsel Anda, atau jika suara-suara itu terdengar di panggilan dengan orang berbeda sekalipun, mungkin ada spyware di ponsel Anda.

Penggunaan data yang tinggi

Beberapa spyware mengirimkan riwayat dari dan ke ponsel Anda, yang dapat menguras data Anda. Spyware berkualitas rendah juga menggunakan banyak data untuk mengirim informasi yang didapat dari perangkat Anda. Anda mungkin sulit mendeteksi gejala yang satu ini karena berbagai aplikasi, tidak hanya spyware, dapat menguras data Anda. Namun Anda bisa melakukannya jika Anda berniat.

Pesan dan Notifikasi Aneh

Apakah Anda menerima pesan aneh atau tidak biasa di media sosial, SMS, atau email? Atau menerima pesan dengan tautan/berkas lampiran? Beberapa spyware menggunakan pesan untuk mengirimkan fitur perintah yang bisa mengontrol ponsel Anda. Pesan ini biasanya mengandung simbol dan nomor aneh. Jangan pernah membuka tautan atau lampiran dari pesan yang tidak Anda kenal atau tidak terpercaya. Ini disebut phishing dan merupakan salah satu cara umum spyware memasuki ponsel. Jika Anda mendapatkan pesan mencurigakan, hapuslah pesan tersebut.

Cara Menghilangkan Spyware dari Ponsel Anda

Copot Pemasangan

Periksa dasbor dan daftar aplikasi ponsel Anda, dan jika Anda menemukan aplikasi yang tidak dikenal dan tidak Anda pasang, atau aplikasi dengan nama aneh seperti spy, Trojan, dll, aplikasi tersebut mungkin mencurigakan. Ingat juga aplikasi yang terakhir Anda unduh sebelum ponsel Anda bertindak aneh. Banyak spyware yang bersembunyi di balik aplikasi lain, jadi Anda harus menghapus aplikasi yang mungkin membawa spyware. Beberapa aplikasi mungkin tersembunyi, tanpa ikon, atau sulit ditemukan, jadi jika Anda ragu sebaiknya dapatkan bantuan dari profesional. Lihat juga cara menemukan perangkat pengintai tersembunyi di ponsel Android Anda.

Perbarui Sistem Operasi Ponsel Anda

Memperbarui ponsel Anda ke sistem operasi terbaru dapat membantu Anda menghilangkan spyware di ponsel. Namun, ingat untuk selalu mencadangkan data penting Anda sebelum melakukannya.

Atur Ulang ke Setelan Pabrik

Ini adalah langkah yang drastis, namun sangat berguna. Hal ini dilakukan dengan mengatur ulang ponsel Anda ke setelan pabrik. Namun, selain menghapus spyware, cara ini juga menghapus semuanya dari ponsel Anda. Jika Anda ingin melakukan ini, catatlah aplikasi penting Anda dan cadangkan data Anda. Anda harus mengimpor dan menginstal aplikasi dari awal setelah melakukan ini, jadi cara ini sebaiknya dijadikan langkah terakhir.

Meghapus Semua Berkas Terinfeksi secara Manual

Jika Anda tahu berkas mana yang membawa spyware, Anda bisa menghapusnya secara manual. Namun Anda harus teliti agar tidak menghapus berkas yang salah. Spyware biasanya tersembunyi dan sulit ditemukan hanya dengan melihat daftar aplikasi Anda, dan kemungkinan besar tidak akan memiliki nama seperti “spyware”. Jika Anda ingin melakukan cara ini, pastikan bahwa Anda benar-benar yakin bahwa berkas tersebut adalah spyware sebelum menghapusnya. Anda juga mungkin bisa menggunakan aplikasi antivirus untuk mendeteksi berkas mencurigakan.

Itulah beberapa cara mendeteksi dan menghilangkan spyware di ponsel Android. Mencegah lebih baik daripada mengobati, dan sebaiknya Anda berhati-hati dalam menggunakan ponsel agar tidak terinfeksi spyware.

  1. Avira Antivirus Security

    Avira Antivirus Security

    Aplikasi pemindai dan penghapus virus untuk Android. Dapat memindai dan menghapus virus, spyware dan malware di ponsel Android Anda. Juga menyediakan VPN, pelacak lokasi ponsel untuk mencegah kehilangan, proteksi identitas yang mengecek apakah alamat email atau akun Anda telah bocor, dan masih banyak lagi.

  2. Kaspersky Antivirus & Security

    Kaspersky Antivirus & Security

    Tidak hanya menyediakan antivirus, aplikasi ini juga menawarkan perlindungan terhadap perangkat pengintai, perangkat perusak, dan berbagai ancaman keamanan lainnya. Juga dilengkapi dengan kunci aplikasi dan perlindungan web untuk keamanan ekstra saat berselancar di internet.

  3. Lookout Security & Antivirus

    Lookout Security & Antivirus

    Dapatkan proteksi lengkap demi keamanan ponsel dan identitas Anda. Tersedia pemindaian berkelanjutan agar dapat mendeteksi virus, malware, adware dan phishing secepat mungkin. Identifikasi dan hapus berkas berisi virus dengan mudah. Juga dilengkapi dengan pelacak dan peringatan lokasi ponsel demi mencegah kehilangan. Lihat juga tips dan trik untuk mengatasi ponsel yang terserang virus atau malware.

  4. Avast Antivirus Gratis – Photo vault, App Lock

    Avast Antivirus Gratis – Photo vault, App Lock

    Lindungi privasi Anda, dapatkan peringatan ketika aplikasi berisi spyware atau adware diunduh ke ponsel anda. Amankan ponsel Anda dari phishing melalui email maupun situs phishing. Tersedia juga VPN untuk menjaga privasi Anda ketika berselancar di internet. Simak juga daftar aplikasi anti spyware untuk Android.

Cara Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android
Cara Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android

Anda mungkin pernah mengalami kejadian di mana Anda tanpa sengaja menghapus suatu foto atau video dari ponsel Anda. Jika foto atau video tersebut merupakan sesuatu yang penting, Anda mungkin akan sangat menyesal dan ingin memulihkannya. Untuk itu, berikut adalah cara memulihk…

Cara  Membuat Kolase Foto di Instagram dan Facebook
Cara Membuat Kolase Foto di Instagram dan Facebook

Kolase adalah salah satu cara terbaik untuk memperlihatkan beberapa foto sekaligus tanpa perlu memposting banyak foto. Kolase banyak digunakan untuk postingan Facebook maupun Instagram. Anda penasaran bagaimana cara membuat kolase foto di Instagram dan Facebook? Berikut tutor…

Cara Menonton Euro dan Conmebol di Ponsel Android Anda
Cara Menonton Euro dan Conmebol di Ponsel Android Anda

Liga sepak bola Eropa yang dikenal dengan UEFA EURO, dan kejuaraan sepak bola Amerika Selatan atau yang diselenggarakan oleh Conmebol pasti sudah tidak asing lagi jika Anda adalah pecinta bola. Jika Anda ingin menonton kejuaraan-kejuaraan sepak bola ini di ponsel Android, ber…

Cara Menyembunyikan Jumlah Like di Instagram dan Facebook
Cara Menyembunyikan Jumlah Like di Instagram dan Facebook

Jumlah like di postingan Facebook atau Instagram bisa sangat mempengaruhi kondisi mental dan kepercayaan diri seseorang. Belakangan ini, Facebook dan Instagram menerapkan fitur baru di mana pengguna bisa memilih untuk tidak menampilkan jumlah like di postingan mereka. Penasar…

Cara Meninggalkan Grup WhatsApp tanpa Diketahui Siapapun
Cara Meninggalkan Grup WhatsApp tanpa Diketahui Siapapun

Grup WhatsApp bisa menjadi tempat yang menyenangkan ataupun mengganggu. Di satu sisi, grup WhatsApp menghubungkan banyak orang dan memungkinkan pertukaran informasi penting. Di sisi lain, tidak sedikit juga grup yang menjadi menyebalkan karena spam dll. Mungkin Anda ingin kel…