Cara Memperbaiki WhatsApp Tidak Mengirim Pesan di Android

Imaage 1 Cara Memperbaiki WhatsApp Tidak Mengirim Pesan di Android

Pernahkah Anda mengalami masalah di mana pesan yang Anda kirimkan di WhatsApp tidak terkirim? SItuasi ini menjengkelkan karena mungkin Anda mengirimkan pesan penting, atau penerima telah menunggu pesan balasan Anda tetapi hanya melihat tanda centang biru yang berarti Anda telah membacanya tetapi tidak membalasnya. Untuk memperbaikinya, lihatlah cara memperbaiki WhatsApp tidak mengirim pesan di Android.

Cara Memperbaiki WhatsApp Tidak Mengirim Pesan di AndroidPeriksa koneksi internet Anda

Faktor terpenting untuk berhasil mengirim pesan WhatsApp adalah koneksi internet. Koneksi internet yang buruk bisa membuat pengiriman pesan gagal. Cara memeriksa koneksi internet Anda antara lain:

Jika Menggunakan Wi-Fi

Mematikan dan memulai ulang router Wi-Fi Anda, memperbarui firmware router apabila tersedia versi lebih baru, menghubungi penyedia Wi-Fi untuk menanyakan apakah ada pemblokiran untuk situs atau aplikasi tertentu, serta mematikan layanan VPN atau Proxy jika Anda menggunakannya.

Jika Menggunakan Data Seluler

Pastikan data seluler aktif, dan penggunaan data di latar belakang juga aktif. Anda dapat mengakses setelan data latar belakang di Pengaturan> Aplikasi> WhatsApp> Penggunaan Data> aktifkan Data Latar Belakang.
Selain itu, Anda bisa menghubungi operator yang Anda gunakan dan mengecek apakah setelan APN Anda sudah benar. Pastikan juga bahwa mode hemat data di ponsel Anda sudah dimatikan. Simak juga rekomendasi aplikasi terbaik untuk meningkatkan kecepatan internet.

Mulai Ulang Ponsel

Ini adalah solusi klasik untuk berbagai permasalahan elektronik, termasuk ponsel.

Perbarui atau Instal Ulang WhatsApp

Jika versi WhatsApp yang Anda gunakan sudah terlalu lama, itu juga bisa menjadi penghambat pengiriman pesan. Pastikan bahwa Anda memperbarui WhatsApp secara teratur. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk mencopot pemasangan WhatsApp kemudian menginstalnya kembali. Pastikan bahwa Anda sudah melakukan pencadangan sebelum melakukannya. Lihat juga cara mengaktifkan pencadangan terenkripsi end-to-end di WhatsApp.

Tinggalkan Program Beta WhatsApp

Jika Anda merupakan bagian dari program beta WhatsApp dan pesan yang Anda kirim selalu gagal, mungkin ada baiknya Anda meninggalkan program beta dan menggunakan versi umum yang lebih stabil dari Google Play Store. Anda mungkin juga akan tertarik dengan cara menjadi beta tester di WhatsApp.

Kunci WhatsApp di Latar Belakang

Beberapa sistem operasi bawaan ponsel Android seperti MIUI, Color OS, dll kerap menutup paksa aplikasi di latar belakang secara otomatis untuk menghemat daya. Karena itu, sebaiknya Anda mengunci aplikasi agar tetap bekerja di latar belakang. Cara melakukannya tergantung dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Periksa Kontak yang Diblokir

Periksa apakah kontak yang Anda kirimi pesan memblokir Anda atau Anda tanpa sengaja memblokir kontak tersebut. Anda bisa memeriksa daftar orang yang Anda blokir dengan membuka Setelan> Akun> Privasi> Kontak Diblokir.

Selesaikan Proses Verifikasi Awal

Jika masalah ini terjadi ketika Anda menggunakan ponsel atau nomor baru, pastikan bahwa Anda telah memverifikasi nomor Anda di WhatsApp. Anda tidak akan bisa mengirim atau menerima pesan hingga Anda selesai melakukannya. Caranya, cukup login kembali di WhatsApp dengan nomor yang Anda gunakan, dan nomor tersebut akan dikirimi kode verifikasi yang tinggal Anda masukkan di layar verifikasi.

Periksa Format Nomor Ponsel

Periksalah kembali nomor kontak yang Anda kirimi pesan, terutama apabila nomor tersebut adalah nomor luar negeri. Pastikan bahwa kode negara dan nomor sudah tepat.

Untuk nomor lokal, Anda bisa menggunakan format nomor seperti biasanya.

Untuk nomor internasional, masukkan simbol +, kode negara, kemudian nomor ponsel.

Bersihkan Cache

Jika Anda sering mengirim pesan dan media di WhatsApp, cache aplikasi yang menumpuk bisa membatasi fitur WhatsApp Anda. Anda bisa menghapus berkas WhatsApp sementara dengan membersihkan cache. Caranya: Buka Setelan> Aplikasi> WhatsApp> Penyimpanan> Bersihkan cache.

Matikan Mode Hemat Daya

Banyak ponsel yang menyediakan mode hemat daya untuk memperpanjang masa hidup baterai, tetapi mode ini bekerja dengan membatasi kinerja aplikasi di latar belakang. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin mode hemat daya menghalangi pengiriman pesan WhatsApp Anda. Untuk mematikannya, buka Setelan> Baterai> Matikan Mode Hemat Daya. Kemudian, periksa apakah WhatsApp sudah bekerja dengan baik.

Itulah beberapa tips cara memperbaiki WhatsApp tidak mengirim pesan di Android.

  1. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional tanpa biaya tambahan dan hanya memerlukan koneksi internet.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…