Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

Image 1 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer di seluruh dunia. Selain dapat mengirim teks, pengguna WhatsApp juga bisa mengirim berkas seperti foto, audio, atau video. Namun pernahkah Anda tidak bisa mengirim berkas di WhatsApp karena ukurannya terlalu besar? Untuk mengatasi hal itu, berikut adalah beberapa cara mengirim berkas besar di WhatsApp.

Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

1. Mengirim berkas melalui Google Drive

Cara terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengirim berkas besar di WhatsApp adalah melalui Google Drive, yang merupakan salah satu aplikasi Android terbaik sepanjang masa versi kami. Penyimpanan awan ini memungkinkan Anda untuk mengunggah dan membagikan berkas besar sekalipun. Kemudian, Anda cukup membagikan tautan berkas Google Drive tersebut di WhatsApp. Caranya:

  • Buka Google Drive. Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, silakan unduh dan pasang aplikasi, dan masuk dengan akun Google Anda.
  • Ketuk ikon +, kemudian ketuk Upload.

Image 12 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp Image 11 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

  • Pengelola berkas akan terbuka. Buka lokasi berkas yang ingin Anda kirim, dan pilih berkas tersebut. Jangan lupa memberi izin akses ke media apabila diminta.
  • Berkas akan diunggah. Tunggu hingga pengunggahan selesai.
  • Jika berkas sudah selesai diunggah, ketuk ikon tiga titik di berkas.

Image 10 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

  • Ketuk Salin link. Tautan akan disalin, dan Anda cukup membuka WhatsApp dan mengirimkan tautan yang telah disalin tersebut ke orang yang ingin Anda kirimi berkas.

Image 9 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

2. Menggunakan WeTransfer

WeTransfer adalah alat yang dapat membantu Anda membagikan berkas besar dengan tautan yang dapat dibagikan ke siapapun. Versi gratis memungkinkan Anda mengunggah hingga 2 GB berkas, dan versi berbayar hingga 20GB. Cara menggunakannya:

  • Ketuk Send a file.

Image 8 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

  • Setujui syarat penggunaan dan kebijakan privasi dengan mengetuk I agree.

Image 7 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

  • Ketuk ikon +.

Image 6 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

  • Buka lokasi berkas yang ingin Anda kirim, dan pilih berkas.
  • Ketuk Next.

Image 5 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

  • Ketuk get a link, kemudian ketuk Transfer.

Image 4 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

  • Tunggu hingga berkas selesai diunggah.

Image 3 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp

  • Jika sudah, tautan akan muncul. Ketuk copy link.

Image 2 Cara Mengirim Berkas Besar di WhatsApp Tautan akan disalin, dan Anda cukup membuka WhatsApp dan mengirimkan tautan yang telah disalin tersebut ke orang yang ingin Anda kirimi berkas.

3. Mengompres Berkas

Cara lainnya untuk mengirim berkas besar di WhatsApp adalah mengompres berkas tersebut hingga ukurannya menjadi lebih kecil dan bisa dikirimkan melalui WhatsApp. Tergantung jenis berkas, ada banyak situs dan aplikasi yang menyediakan fitur mengompres berkas menjadi lebih kecil secara gratis. Umumnya, kualitas berkas yang dihasilkan tidak akan berubah, atau bahkan dapat diatur sendiri. Untuk menggunakannya, cukup ketikkan compress (format berkas) di bilah pencarian Google atau Google Play Store.

Jika sudah menemukan situs atau aplikasinya, Anda cukup mengunggah berkas, mengikuti langkah-langkah yang diperintahkan, menunggu hingga berkas selesai dikompres, kemudian mengunduh berkas hasil kompres. Namun, perlu diingat bahwa bisa saja berkas Anda tetap terlalu besar untuk dikirim melalui WhatsApp walaupun sudah dikompres. Jika hal itu terjadi, Anda bisa mencoba 2 alternatif di atas.

Itulah cara mengirim berkas besar di WhatsApp. Simak juga cara mentransfer berkas besar antara dua ponsel Android.

  1. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional tanpa biaya tambahan dan hanya memerlukan koneksi internet. Lihat juga cara membuat tautan langsung untuk grup WhatsApp Anda.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…