Cara Melihat Siapa yang Menangkap Layar Cerita atau Postingan Instagram Anda

Image 1 Cara Melihat Siapa yang Menangkap Layar Cerita atau Postingan Instagram Anda

Meskipun cerita Instagram hanya bertahan 24 jam, Anda mungkin pernah merasa waspada ketika memposting cerita di Instagram, terutama apabila cerita tersebut menyangkut privasi Anda atau orang di sekitar Anda, misalnya anak-anak Anda. Sebab, bukan tidak mungkin ada orang yang mengambil tangkapan layar cerita tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang mengambil tangkapan layar cerita atau postingan Instagram Anda.

Apakah Boleh Mengambil Tangkapan Layar Cerita Orang Lain?

Secara teknis, tidak ada yang ilegal dari mengambil tangkapan layar konten Instagram. Tetapi, Anda harus ingat bahwa semua konten Instagram merupakan properti intelektual dari orang yang membuatnya. Mengambil dan menggunakannya tanpa izin bisa dianggap pelanggaran hak cipta. Hal ini berlaku untuk semua konten, baik milik akun kecil atau besar, baik konten yang terlihat profesional maupun tidak. Jika Anda benar-benar ingin mengambil tangkapan layar, sebaiknya bertanya dan minta izin terlebih dahulu, dan jika diizinkan, pastikan Anda mengambil bukti izin tersebut untuk mencegah masalah di kemudian hari.

Apakah Pengguna Mendapatkan Notifikasi ketika Orang Lain Mengambil Tangkapan Layar Ceritanya?

Beberapa tahun lalu, Instagram memberi indikasi ketika ada akun yang mengambil tangkapan layar cerita. Namun setelah menerima banyak kritik, fitur ini dihilangkan pada tahun 2018.

Apakah Aplikasi Pihak Ketiga Bisa Memberikan Notifikasi Tangkapan Layar?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa ada aplikasi pihak ketiga yang bisa memberitahu Anda ketika ada yang mengambil tangkapan layar cerita, dan siapa yang melakukannya. Namun hal ini sebenarnya tidak mungkin, karena aplikasi pihak ketiga tidak bisa mengetahui informasi tersebut.

Cara Melihat Siapa yang Menangkap Layar Cerita atau Postingan Instagram Anda

Saat ini, tidak ada cara untuk melihat siapa yang menangkap layar cerita atau postingan. Namun untuk cerita, Anda bisa melihat siapa saja yang telah melihat cerita Anda, dan apabila foto cerita Anda tersebar, Anda tahu bahwa orang yang mengambil tangkapan layar dan menyebarkannya ada di antara orang-orang yang melihat cerita Anda.

Untuk mengetahui siapa saja yang telah melihat cerita Anda, Anda bisa mengakses cerita tersebut, baik dari arsip maupun highlight, dan menggeser layar ke atas. Daftar akun yang telah melihat cerita tersebut akan ditampilkan hingga 48 jam setelah memposting cerita. Lebih dari itu, daftar akun tidak akan ditampilkan.

Perlu diingat bahwa apabila akun Anda bersifat publik dan bukan privat, orang lain bisa melihat cerita Anda secara anonim dengan berbagai aplikasi dan situs pihak ketiga. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa orang yang mengambil tangkapan layar tidak muncul dalam daftar akun yang melihat cerita Anda. Untuk selengkapnya, simak cara melihat cerita Instagram secara anonim.

Cara Menyembunyikan Cerita Anda dari Orang Lain

Jika Anda tidak ingin seseorang mengambil tangkapan layar atau melihat cerita Instagram Anda, Anda bisa menyembunyikan cerita dari orang tersebut, tanpa memblokirnya. Caranya, buka profil mereka, ketuk ikon menu berupa tiga titik di sudut kanan atas, kemudian ketuk Sembunyikan cerita Anda.

Image 1 Cara Melihat Siapa yang Menangkap Layar Cerita atau Postingan Instagram Anda

Dengan begitu, semua cerita Anda, termasuk highlight cerita, akan disembunyikan dari akun tersebut. Untuk menampilkan kembali, ikuti langkah yang sama, kemudian ketuk Tampilkan cerita Anda.

Image 2 Cara Melihat Siapa yang Menangkap Layar Cerita atau Postingan Instagram Anda

Itulah cara melihat siapa yang menangkap layar cerita atau postingan Instagram Anda. Anda mungkin juga akan tertarik dengan cara membagikan foto dan reel Instagram dengan kode QR.

  1. Instagram

    Instagram

    Aplikasi jejaring sosial khusus untuk membagikan foto hasil karya Anda dengan pengguna Instagram lainnya. Selain foto, Anda bisa membagikan video dan momen keseharian Anda melalui Story Instagram. Temukan dan ikuti akun serta tagar favorit Anda, dan berinteraksilah dengan pengikut Anda. Tersedia alat untuk menyunting foto sebelum mengunggahnya. Lihat juga cara melihat siapa yang menyimpan postingan Instagram Anda.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…