Apa Itu Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Image 1 Apa Itu Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Menggunakannya

WhatsApp belakangan ini terus meluncurkan fitur-fitur baru yang inovatif. Salah satunya adalah fitur proxy, yang dapat membantu pengguna berkomunikasi dengan lebih aman. Anda ingin tahu tentang fitur ini? Berikut adalah penjelasan mengenai apa itu proxy WhatsApp dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu proxy, dan apa kegunaannya di WhatsApp?

Proxy merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk menjembatani suatu sumber (perangkat) dan tujuan permintaan (internet). Sederhananya, proxy adalah sebuah perangkat atau komputer yang memungkinkan pengguna terhubung ke internet secara tidak langsung.

Keuntungan dari teknologi ini adalah pengguna tetap dapat mengakses WhatsApp walaupun koneksi diblokir atau terputus. Hal ini dapat terjadi secara tak disengaja, atau karena berbagai hal seperti pemblokiran dari provider internet atau pemerintah, seperti program internet positif. Cara lain untuk melewati pemblokiran adalah melalui VPN. Simak juga daftar aplikasi VPN gratis terbaik untuk Android yang harus Anda ketahui.

Dengan adanya proxy, alamat IP perangkat yang mengakses akan disembunyikan, dan pengguna tetap dapat mengakses obrolan meskipun koneksi internet mencegah hal tersebut.

Cara membuat proxy untuk WhatsApp dari ponsel Android Anda

Syarat untuk membuat server proxy di WhatsApp adalah menggunakan port 80, 43, 5222, yang masing-masing merupakan protokol HTTP, HTTPS, dan Jabber. Selain itu, Anda juga perlu sebuah nama domain atau subdomain yang menunjuk ke alamat IP server. Untuk selengkapnya, Anda bisa melihat halaman ini.

Jika Anda sudah memiliki alamat server proxy yang bisa Anda gunakan, Anda cukup menambahkannya ke WhatsApp sebagai semacam asuransi untuk menjaga obrolan Anda tetap aman dan dapat digunakan meskipun ada pemotongan koneksi atau pemblokiran di negara Anda.

Perlu diingat bahwa untuk saat ini, proxy hanya bekerja untuk obrolan teks. Panggilan suara, panggilan video, dan berbagi berkas belum didukung fungsi ini.
Cara menyetel proxy di WhatsApp:

  • Buka WhatsApp.
  • Ketuk ikon menu berupa tiga titik.
  • Ketuk Setelan.
  • Pilih Penyimpanan dan data.

Image 6 Apa Itu Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Menggunakannya

  • Pilih Setelan Proxy.

Image 5 Apa Itu Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Menggunakannya

  • Ketuk toggle di samping Gunakan proxy.

Image 4 Apa Itu Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Menggunakannya

  • Ketuk Setel proxy.

Image 3 Apa Itu Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Menggunakannya

  • Masukkan alamat server proxy yang akan Anda gunakan, kemudian ketuk Simpan.

Image 2 Apa Itu Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Menggunakannya

  • Setelan proxy akan disimpan. Setelah itu, Anda akan mengakses WhatsApp melalui proxy tersebut. Anda dapat menonaktifkannya kapan saja dengan mengetuk toggle Gunakan proxy. Anda juga bisa mengubah alamat server proxy dengan langkah yang sama.

Itulah penjelasan mengenai apa itu proxy WhatsApp dan bagaimana cara menggunakannya. Anda mungkin juga akan tertarik dengan cara menghubungi bantuan WhatsApp di Android.

  1. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional tanpa biaya tambahan dan hanya memerlukan koneksi internet. Lihat juga cara menggunakan alat pemburam gambar WhatsApp di Android.

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …