Temukan Perangkat Pengintai Tersembunyi di Android Anda: Begini Caranya

Spyware atau perangkat pengintai adalah program berbahaya yang dapat mencuri data dan merusak sistem Android Anda. Perangkat pengintai dapat masuk ke smartphone Anda melalui aplikasi ataupun berkas yang Anda unduh dari internet. Lantas bagaimana cara mengetahui apakah smartphone Android Anda telah terkena perangkat pengintai, dan bagaimana cara menemukannya? Berikut pembahasannya.

Perilaku Ponsel yang Aneh atau Tidak Biasa

  • Perhatikan apakah ponsel Anda menyala dengan sendirinya walau tidak disentuh, mati dengan sendirinya, atau mengeluarkan bunyi aneh.
  • Temukan aplikasi yang Anda tidak ingat telah menginstalnya. Aplikasi berbahaya dapat diunduh secara otomatis ke ponsel Anda apabila Anda membuka tautan mencurigakan, misalnya tautan dari email spam.
  • Ponsel yang di-root umumnya lebih rentan terkena perangkat pengintai. Pastikan untuk mengubah kata sandi secara berkala.
  • Beberapa aplikasi pengintai bisa mengekor pada aplikasi lain yang terlihat aman. Pastikan bahwa aplikasi yang Anda instal adalah aplikasi yang terpercaya.

Keanehan-keanehan di atas juga mungkin disebabkan oleh masalah lain, tetapi waspadalah pada kemungkinan adanya perangkat pengintai apabila ponsel Anda mengalami keanehan.

Baterai Terkuras secara Abnormal

Jika Anda sudah menggunakan ponsel Anda selama beberapa minggu, Anda mungkin akan mengenal daya tahan baterai Anda. Jika baterai dirasa terkuras dengan cepat, Anda patut mewaspadai adanya perangkat pengintai. Namun ada juga kemungkinan penyebab lain, misalnya baterai yang bermasalah atau aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Kebisingan di Panggilan

Adanya bunyi aneh saat melakukan panggilan bisa berasal dari aplikasi perekam panggilan. Jika Anda ataupun lawan bicara tidak menggunkan aplikasi perekam, maka ada kemungkinan perangkat pengintai sedang merekam pembicaraan Anda. Suara-suara bising di panggilan yang tidak berasal dari kedua pihak pembicara juga dapat disebabkan oleh perangkat pengintai. Namun tentu saja kebisingan juga bisa disebabkan oleh sinyal yang kurang bagus.

Ponsel Mati dan Memulai Ulang secara Mendadak

Perangkat pengintai dapat menyebabkan ponsel mati atau memulai ulang secara acak. Apabila Anda yakin bahwa perangkat lunak ponsel Anda stabil dan sudah diperbarui,maka matinya ponsel secara acak dapat berarti ada perangkat pengintai di ponsel Anda. Aplikasi pihak ketiga yang tidak stabil juga dapat mengakibatkan hal ini. Untuk memastikan, cobalah uninstal aplikasi yang mungkin menyebabkan hal ini. Jika masalah tetap berlanjut, kemungkinan ada perangkat pengintai di ponsel Anda.

SMS Aneh

Beberapa aplikasi pengintai dapat mengirim pesan yang berisi simbol-simbol aneh ke perangkat. Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi Stagefright untuk memastikan bahwa ponsel Anda tidak memiliki perangkat pengintai.

Penggunaan Data Abnormal

Perangkat pengintai menggunakan banyak data untuk mengirim informasi yang diambil dari ponsel Anda. Ceklah penggunaan data Anda, dan waspadalah apabila data terkuras lebih cepat dari biasanya. Perlu diingat bahwa penggunaan data yang meningkat juga dapat disebabkan waktu online Anda yang meningkat. Oleh karena itu, ketahuilah penggunaan data Anda.

Bunyi-bunyi ketika Ponsel Tidak Digunakan

Ponsel yang sedang tidak digunakan dan tidak mengeluarkan notifikasi seharusnya tidak mengeluarkan bunyi. Jika ini terjadi pada ponsel Anda, sebaiknya coba lakukan reset pabrik. Apabila ponsel Anda di-root, lakukanlah flash stock firmware. Jangan lupa juga untuk memperbarui sistem operasi secara berkala.

Penundaan Saat Mematikan Daya

Cobalah matikan daya ponsel Anda berkali-kali. Ponsel Android umumnya cepat dalam mematikan daya, dan adanya penundaan dapat mengindikasikan pengintaian atau pengontrolan ponsel Anda oleh pihak lain. Selain itu, penundaan saat mematikan daya juga bisa disebabkan oleh aplikasi yang menguras sumber daya, masalah perangkat keras, atau instalasi yang bermasalah.

Cerdaslah dalam Menggunakan Aplikasi

Berhati-hatilah dalam menggunakan aplikasi hasil pembajakan. Aplikasi-aplikasi dengan iklan dapat melihat info Anda untuk penempatan iklan. Apabila aplikasi meminta izin akses, bacalah dengan seksama dan tentukan apakah Anda bersedia memberi akses. Waspadalah juga terhadap aplikasi yang meniru aplikasi resmi, pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya. Anda juga harus berhati-hati dalam memasukkan data penting di situs web. Saat ini sebuah teknik bernama smishing juga marak digunakan, di mana peretas membuat tampilan palsu yang meniru halaman web bank, dan mengumpulkan data log-in yang Anda masukkan. Pastikan situs yang Anda akses sudah aman (alamat IP dimulai dengan HTTPS dan bukan HTTP).

Pop-up

Pernah menerima sembulan/pop-up yang memperingatkan Anda bahwa ponsel Android Anda akan rusak, atau memberitahu Anda bahwa Anda telah memenangkan suatu hadiah? Pop-up seperti ini biasanya muncul saat Anda membuka situs mencurigakan. Jangan ketuk opsi apapun, karena semakin Anda mengetuk opsi yang muncul di pop-up, Anda akan semakin diarahkan ke halaman atau aplikasi mencurigakan. Cukup tutup halaman web yang memunculkan pop-up tersebut. Selain itu, jangan menjalankan berkas apk yang terunduh secara tiba-tiba saat Anda tidak mengunduhnya. Untuk menghindari pop-up yang membahayakan, sebaiknya Anda menginstal pemblokir iklan atau menggunakan peramban yang memblokir iklan.

Cek Berkas Mencurigakan

Buka pengelola berkas di ponsel Anda dan periksa apakah ada folder atau berkas yang tidak Anda buat (tentunya selain folder sistem dan aplikasi). Jika Anda menemukan folder mencurigakan, Anda patut waspada untuk keamanan ponsel Anda.

Ponsel Mendadak Menjadi Lambat

Apabila ponsel Anda tiba-tiba menjadi lambat tanpa alasan yang jelas (misalnya Anda tidak menginstal aplikasi apapun), ada kemungkinan bahwa ponsel Anda sedang diawasi atau dikontrol oleh pihak lain. Jangan tinggalkan ponsel Anda di sekitar orang tidak dikenal, dan sebaiknya gunakan kunci layar di ponsel (kunci sidik jari lebih aman).

Siapa yang Mungkin Mengintai Saya?

Ada beberapa kemungkinan mengapa orang tertentu mengintai Anda: Anda memiliki sesuatu yang ia inginkan, ingin mendapatkan informasi pribadi Anda, ingin memuaskan diri, dan lain-lain. Informasi yang dicuri dapat diarahkan ke beberapa tempat, karena itu sulit untuk mengidentifikasi siapa pengintai sebenarnya. Anda hanya bisa berhati-hati dan menjaga keamanan ponsel Anda.

  1. Stagefright Detector

    Stagefright Detector

    Aplikasi ini dapat mendeteksi Stagefright, yaitu bug yang mengancam keamanan smartphone dan membuat smartphone rentan terhadap peretasan. Temukan apakah perangkat Anda rentan diretas, rentan terhadap ancaman apakah perangkat Anda, serta apakah Anda perlu memperbarui sistem operasi.

  2. Malwarebytes Anti-Malware

    Malwarebytes Anti-Malware

    Lindungi keamanan dan privasi perangkat Anda dengan aplikasi ini. Malwarebytes dapat mendeteksi dan melindungi perangkat Android dari spyware (perangkat pengintai), ransomware (perangkat pemeras), adware (perangkat pengiklan), dan malware (perangkat perusak).

  3. Keamanan Anti Mata-Mata

    Keamanan Anti Mata-Mata

    Curiga bahwa perangkat Android Anda sedang diintai? Peralatan ini dapat memindai smartphone, mendeteksi perangkat pengintai, dan membersihkan smartphone dari perangkat pengintai. Melindungi dari perangkat pengintai komersial yang dapat melihat data dan aktivitas Anda di smartphone.

  4. Kaspersky Antivirus & Security

    Kaspersky Antivirus & Security

    Tidak hanya menyediakan antivirus, aplikasi ini juga menawarkan perlindungan terhadap perangkat pengintai, perangkat perusak, dan berbagai ancaman keamanan lainnya. Juga dilengkapi dengan kunci aplikasi dan perlindungan web untuk keamanan ekstra saat berselancar di internet.

Cara Melihat Cerita Lama di Instagram
Cara Melihat Cerita Lama di Instagram

Instagram Stories telah menjadi fitur yang sangat populer di antara pengguna Instagram untuk berbagi momen yang singkat dan menarik. Namun, terkadang Anda mungkin melewatkan cerita yang ingin Anda lihat kembali setelah 24 jam berlalu. Untungnya, ada beberapa cara untuk meliha…

Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air
Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air

Dalam era media sosial yang kaya akan konten video pendek, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer. Namun, jika mengunduh video dari TikTok, Anda pasti menemukan tanda air yang mengganggu. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air, ya…

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…